Tentang Saya

Mochamad Ngabdul Jalil, S.Si., MPd
Nama Lengkap : Mochamad Ngabdul Jalil, S.Si., M.Pd

TTL : Purbalingga, 21 Januari 1979

Istri : Lina Nurmayanti, SE (Purbalingga, 31 Mei 1982)

Anak :
1. Achmad Nararya Ramdhani(Purbalingga, 26 Agustus 2011)
2. Almira Batrisyia Halwa (Banjarnegara, 12 Oktober 2014)

3. Atasya Ainur Jamilah (20 Maret 2021)

Pendidikan Terakhir :
S1-Kimia (FMIPA) Unibraw Malang (masuk 1997-lulus 2002)

+ Akta IV STAIN Purwokerto (lulus 2004)

Magister Pendidikan Islam UNSIQ Wonosobo (lulus tahun 2020)

Pengalaman Kerja :

1.Tutor Les Privat Kimia di LPKM Malang (1998-2000)

2.Guru Kimia MA As-Shiddiqy Lawang Malang (2003)

3.Guru IPA MTs Al-Hikmah Kalikabong Purbalingga (2004-2007)

4.Guru Kimia SMA Karya Bhakti 2 Purbalingga (2006-2007)

5.Guru Kimia SMK Ma’arif NU Bobotsari Purbalingga (2004-2010)

6.Tutor Kimia dan Matematika Kejar Paket C Ganesha Bobotsari (2005-2010)

7.Ketua Penyelenggara KPC Ganesha Bobotsari (2007-2010)

6.Guru Kimia SMKN 1 Wanayasa Banjarnegara (2010 –sekarang)

Pengalaman Organisasi
1. Ketua Komisariat PMII Brawijaya (1999-2000)
2. Pengurus GP ANSOR ANCAB Bobotsari (2004-2010)
3. Wakil Kepala Sekolah urusan Hubungan Masyarakat, Dunia Usaha, Dunia Industri (2012-2016)

4. Ketua Prodi ATR SMKN 1 WANAYASA (2016-2018)

5. WKS Sarpras SMKN 1 WANAYASA (2018-Sekarang)

8 tanggapan untuk “Tentang Saya”

  1. semoga Allah membalas amal dan kebaikan anda, terima kasih tulisan anda sangat membantu. Minta KKM kelas berikutnya dong

    Suka

    1. Assalam….., perkenalkan saya seorang guru SMK di Aceh pak, sebelumnya terima kasih banyak pak atas apa yang udah bapak berbagi ilmunya, saya pun udah dowload bbrp materi dan RPP. oh..ya pak, apakah ada silabus dan RPP untuk program keahlian Perikanan pak….

      Suka

  2. Hesti Madi Ani Avatar
    Hesti Madi Ani

    Ass, Maaf pak tolong kirim silabus kimia berkarakter SMK & RPP kimia smk X, XI, XII, Sebelumx Terima kasih pak

    Suka

    1. SILABUS

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : X/1
      STANDAR KOMPETENSI : Memahami konsep materi dan perubahannya
      KODE KOMPETENSI : 1
      ALOKASI WAKTU : 7 x 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR
      INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      1. 1 Mengelompokkan sifat materi
      – Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa, memiliki ruang, dan dapat diraba didefinisikan dengan jelas.
      – Pengelompokan materi berdasarkan sifatnya dilakukan dengan benar. Materi dan Wujudnya – Mengamati contoh-contoh materi yang ada di lingkungan, lalu membuat kesimpulan mengenai definisi materi.
      – Membedakan materi berdasarkan wujud dan sifatnya.
      – Mengelompokkan materi yang ada di lingkungan berdasarkan wujud dan sifatnya. – Tes tertulis 2 – – – Buku yang relevan
      – Berbagai jenis materi
      1. 2 Mengelompokkan perubahan materi – Pengertian perubahan materi dan pengelompokannya dideskripsikan dengan jelas.
      – Perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat dan dapat diukur diamati dengan teliti dan benar.
      – Perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi (perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas) diamati dengan teliti dan benar. Perubahan Materi – Melakukan percobaan untuk mengamati perubahan materi.
      – Membuat laporan hasil percobaan. – Tes tertulis
      – Pengamatan atau penilaian proses
      – Tugas (laporan) – 2 (4) – – Alat dan Bahan Praktik
      – Buku yang relevan (modul)
      1. 3 Mengklasifikasi materi – Pengelompokan materi menjadi unsur, senyawa, dan campuran dideskripsikan dengan teliti dan benar.
      – Pengertian campuran sebagai gabungan beberapa unsur atau senyawa dideskripsikan dengan cermat dan benar.
      – Pengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen dilakukan dengan cermat dan benar. Klasifikasi Materi – Diskusi dan informasi tentang klasifikasi materi.
      – Melakukan percobaan pengelompokan campuran.
      – Membuat laporan hasil percobaan. – Tes tertulis 2 1 (2) – – Buku yang relevan
      – Alat dan Bahan Praktik

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : X/1
      STANDAR KOMPETENSI : Memahami konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi
      KODE KOMPETENSI : 2
      ALOKASI WAKTU : 10 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      2.1 Memahami lambang unsur – Penulisan lambang unsur dijelaskan dengan tepat dan benar.
      – Pengertian atom sebagai bagian terkecil dari suatu unsur dideskripsikan dengan jelas dan benar. Unsur – Diskusi dan bekerja sama tentang cara-cara penulisan lambang unsur.
      – Latihan menuliskan lambang unsur dengan tepat.
      – Diskusi dan informasi tentang pengertian atom. Tes tertulis atau lisan 2 – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      2.2 Memahami rumus kimia – pengertian rumus kimia/senyawa sebagai gabungan dari dua unsur atau lebih yang sama atau berbeda dengan komposisi tertentu dideskripsikan dengan jelas, logis dan benar.
      – Rumus kimia berdasarkan lambang unsur dan jumlahnya ditulsikan dengan cermat dan benar.
      – Pengertian molekul/ion sebagai bagian terkecil dari suatu senyawa dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Pengelompokan senyawa berdasarkan jumlah atom unsur yang membentuk senyawa dideskripsikan dengan cermat dan benar.
      – Senyawa molekul, senyawa ion, dan senyawa unsur dikelompokkan dengantepat dan benar.
      – Pengertian rumus molekul dan rumus empiris dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar. Rumus Kimia/Senyawa – Diskusi dan informasi tentang cara-cara penulisan senyawa dengan menggunakan lambang unsur.
      – Bermain kartu (yang sudah bertuliskan lambang unsur/molekul/ion) untuk membentuk rumus kima/senyawa.
      – Menuliskan rumus kima/senyawa berdasarkan lambang unsur dan jumlahnya.
      – Diskusi dan informasi tentang pengertian molekul/ion.
      – Diskusi dan informasi tentang pengelompokan senyawa berdasarkan jumlah unsurnya.
      – Diskusi dan informasi tentang perbedaan senyawa molekul, senyawa ion, dan senyawa unsur.
      – Mengelompokkan senyawa molekul, senyawa ion, dan senyawa unsur.
      – Membedakan rumus molekul dengan rumus empiris. Tes tertulis dan penilaian proses 4 – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Kartu per-mainan ber-tuliskan lambang unsur/
      molekul/
      ion
      2.3 Menyetarakan persamaan reaksi – Pengertian Persamaan reaksi kimia sebagai proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat yang berbeda dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Penggunaan simbol-simbol dalam reaksi kimia untuk menunjukkan perubahan yang terjadi selama reaksi berlangsung dideskripsikan dengan tepat dan benar
      – Penyetaraan persamaan reaksi berdasarkan prinsip jumlah unsur di ruas kiri dan kanan harus sama (sesuai Hukum Lavoisier) dilakukan dengan cermat dan benar. Persamaan Reaksi Kimia – Mengamati demonstrasi reaksi kimia yang menunjukkan terjadinya perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas.
      – Menuliskan rumus kimia senyawa zat yang direaksikan (reaktan) berdasarkan demonstrasi tersebut dan hasil reaksi (produk) yang terjadi.
      – Diskusi dan informasi tentang cara penulisan persamaan reaksi.
      – Diskusi dan informasi tentang cara-cara penyetaraan persamaan reaksi.
      – Latihan menuliskan dan menyetarakan persamaan reaksi. Tes tertulis dan tugas 4 – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik

      NAMA SEKOLAH :
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : X/1 dan 2
      STANDAR KOMPETENSI : Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur
      KODE KOMPETENSI : 3
      ALOKASI WAKTU : 20 x 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR
      INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      3.1 Mendeskripsikan perkembangan teori atom – Perkembangan teori atom dari teori atom Dalton sampai ke teori atom Modern dideskripsikan dengan tepat, jelas dan benar.
      – Pengertian partikel penyusun atom berdasarkan hasil eksperimen sinar katoda dan sinar katoda berongga, serta keradioaktifan dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Simbol atom sebagai lambang unsur yang dilengkapi dengan nomor atom dan nomor massa dituliskan dengan tepat dan benar.
      – Pengertian nomor atom (jumlah proton) sebagai identitas atom suatu unsur dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Pengertian nomor massa atom sebagai jumlah proton dan neutron dalam suatu inti atom dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Pengertian isotop berdasarkan perbedaan nomor massa dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Konfigurasi elektron unsur berdasarkan tingkat energi atau kulit dan orbital dituliskan dengan tepat dan benar. Struktur Atom – Diskusi dan informasi tentang perkembangan teori atom dengan menggunakan gambar-gambar perkembangan model atom.
      – Diskusi dan informasi hasil eksperimen sinar katoda, sinar katoda berongga, serta keradioaktifan untuk memahami partikel penyusun atom.
      – Memberi contoh dan menjelaskan cara menuliskan simbol atom, isotop, dan konfigurasi elektron.
      – Latihan menuliskan konfigurasi elektron. Tes tertulis 10 – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Gambar Model Atom

      3.2 Menginterpretasikan data dalam tabel sistem periodik
      – Perkembangan pengelompokan unsur mulai dari triad sampai sistem IUPAC terbaru dideskripsikan dengan tepat, jelas dan benar.
      – Letak unsur dalam sistem periodik yang didasarkan pada konfigurasi elektron dideskripsikan dengan tepat dan benar.
      – Pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar terhadap sifat keperiodikan dan sifat kemiripan unsur dideskripsikan dengan logis, tepat dan benar.
      – Pengertian energi ionisasi dan afinitas elektron dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar. Sistem Periodik – Diskusi dan informasi tentang perkembangan pengelompokan unsur.
      – Menganalisis sistem periodik untuk menentukan letak unsur dalam sistem periodik melalui konfigurasi elektron.
      – Diskusi dan informasi tentang pengertian ionisasi dan afinitas elektron.
      – Diskusi dan informasi tentang kecenderungan kemiripan sifat keperiodikan unsur (energi ionisasi, afinitas elektron, dan jari-jari atom) dalam tabel periodik. Tes tertulis 10 – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Tabel Sistem Periodik

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : X/2
      STANDAR KOMPETENSI : Memahami konsep mol
      KODE KOMPETENSI : 4
      ALOKASI WAKTU : 10 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      4.1 Menjelaskan konsep mol – Pengertian Ar dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom isotop 12C dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Perhitungan Mr berdasarkan jumlah Ar dari unsur-unsur penyusunnya dilakukan dengan cermat dan benar.
      – Pengertian konsep mol sebagai satuan zat dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Pengertian konsep mol sebagai kumpulan partikel (atom atau molekul atau ion) yang dibandingkan dengan 1/12 massa isotop 12C atau yang mengandung partikel sebanyak bilangan Avogadro dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar. Konsep Mol – Diskusi dan informasi tentang pengertian Ar dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa.
      – Latihan menghitung Mr dari senyawa yang diberikan.
      – Menganalogikan jumlah zat berdasarkan satuannya, misalnya: 1 lusin= 12;
      1 kodi=20;
      1 mol zat=6,02×1023 partikel
      (bilangan avogadro).
      – Mendeskripsikan pengertian mol sebagai satuan jumlah zat.
      Tes Tertulis
      Tugas 4 Buku kimia untuk SMA atau SMK
      4.2 Menerapkan hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro

      – Definisi Hukum Gay Lussac dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Definisi Hukum Avogadro dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Penggabungan Hukum Boyle, Hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro menjadi persamaan gas ideal dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar. Hukum Gay Lussac dan Hukum Avogadro – Menghitung volume gas yang bereaksi atau volume gas hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.
      – Mengkorelasikan hubungan antara volume gas dengan jumlah partikelnya pada keadaan yang sama.
      – Menurunkan persamaan gas ideal dari Hukum Boyle, Hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro.
      – Latihan menentukan tekanan, volume, dan temperatur suatu gas berdasarkan persamaan gas ideal.
      – Latihan menentukan volume atau jumlah reaktan dan produk dari suatu reaksi dengan menerapkan persamaan reaksi, konsep mol, Hukum Boyle, Hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro. Tes tertulis
      Tugas 6 Buku kimia untuk SMA atau SMK

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : X/2
      STANDAR KOMPETENSI : Memahami terjadinya ikatan kimia
      KODE KOMPETENSI : 5
      ALOKASI WAKTU : 12 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      5.1 Mendeskripsikan terjadinya ikatan ion – Peranan elektron valensi untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil dalam pembentukan ikatan kimia dideskripsikan dengan jelas.
      – Pencapaian konfigurasi elektron yang stabil berdasarkan teori oktet atau duplet dijelaskan dengan logis dan benar.
      – Pembentukan ikatan ion berdasarkan serah terima elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa ion dijelaskan dengan logis,jelas dan benar.
      – Pengaruh gaya elektrostatik terhadap kekuatan ikatan ion dijelaskan dengan logis, jelas dan benar. Ikatan Ion – Diskusi dan informasi tentang teori oktet dan duplet.
      – Diskusi dan informasi tentang peranan elektron valensi untuk membentuk ikatan kimia.
      – Diskusi dan informasi tentang terbentuknya ikatan ion.
      – Menganalisis tabel sistem periodik untuk menentukan unsur-unsur yang dapat membentuk senyawa ion dan menuliskan rumusnya.
      – Diskusi dan informasi tentang kekuatan pengionan suatu senyawa. Tes tertulis 2 – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Tabel Sistem Periodik
      5.2 Mendeskripsikan terjadinya ikatan kovalen

      – Pembentukan ikatan kovalen berdasarkan penggunaan pasangan elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa kovalen dijelaskan dengan logis, jelas dan benar.
      – Penulisan simbol Lewis ditunjukkan dengan jelas dan benar.
      – Penulisan ikatan kovalen dengan menggunakan struktur Lewis dideskripsikan dengan jelas dan benar.
      – Pengaruh banyaknya pasangan elektron yang berikatan terhadap jenis ikatan kovalen (tunggal, rangkap) dideskripsikan dengan jelas dan benar. Ikatan Kovalen – Diskusi dan informasi tentang terbentuknya ikatan kovalen.
      – Menganalisis tabel sistem periodik untuk memperkirakan unsur yang membentuk ikatan kovalen.
      – Membedakan senyawa ion dan senyawa kovalen.
      – Meramalkan jenis ikatan kimia yang terjadi jika diketahui nomor atom unsur-unsur yang berikatan.
      – Diskusi dan informasi tentang cara penulisan simbol Lewis dan struktur Lewis.
      – Diskusi dan informasi tentang ikatan kovalen tunggal dan rangkap berdasarkan Struktur Lewis. Tes tertulis 4 – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Tabel Sistem Periodik
      5.3 Menjelaskan ikatan logam – Pembentukan ikatan logam sebagai akibat adanya elektron bebas pada logam dijelaskan dengan logis dan benar.
      – Pembentukan sifat logam sebagai akibat pembentukan orbital baru karena adanya elektron bebas pada logam dijelaskan dengan logis dan benar. Ikatan Logam – Diskusi dan informasi tentang terbentuknya ikatan logam pada unsur logam.
      – Mengamati demonstrasi sifat-sifat logam diikuti dengan diskusi dan informasi. Tes tertulis 3 – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat Bahan Praktik
      5.4 Menuliskan nama senyawa kimia – Penentuan nama senyawa berdasarkan jenis senyawa dan ikatan yang terjadi dideskripsikan dengan tepat dan benar.
      – Cara-cara penamaan senyawa ion dan senyawa kovalen dideskripsikan dengan tepat dan benar. Tata Nama Senyawa – Diskusi dan informasi tentang tata cara penamaan senyawa.
      – Latihan menyebutkan dan menuliskan nama-nama senyawa dan/atau rumus senyawanya. – Tes tertulis
      – Tugas 3 Buku kimia untuk SMA atau SMK

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : XI/1
      STANDAR KOMPETENSI : Memahami perkembangan konsep reaksi kimia
      KODE KOMPETENSI : 6
      ALOKASI WAKTU : 6 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      6.1 Mendeskripsikan pengertian umum reaksi kimia – Pengertian persamaan reaksi kimia sebagai proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat yang berbeda ditinjau kembali dengan benar.
      – Pengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi asam-basa dan reaksi reduksi-oksidasi dideskripsikan dengan benar.
      – Ciri-ciri reaksi asam basa dicirikan sebagai proses perpindahan proton dideskripsikan dengan benar.
      – Ciri-ciri reaksi reduksi-oksidasi sebagai perpindahan elektron dideskripsikan dengan benar. Reaksi Kimia – Diskusi dan informasi tentang reaksi kimia.
      – Diskusi dan informasi tentang jenis-jenis reaksi.
      – Mengelompokkan jenis reaksi asam-basa dan reaksi reduksi-oksidasi. Tes tertulis 2 Buku kimia untuk SMA atau SMK
      6.2 Membedakan konsep oksidasi, reduksi dan reaksi lainnya

      – Pengertian bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
      – Pengertian konsep oksidasi dan reduksi sebagai penggabungan dan pelepasan oksigen, atau pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
      – Pengertian oksidator sebagai senyawa yang mengalami penurunan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi dideskripsikan dengan benar.
      – Pengertian reduktor sebagai senyawa yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi atau mengalami oksidasi dideskripsikan dengan benar.
      – Penyetaraan reaksi reduksi-oksidasi dengan pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dilakukan dengan benar. Reduksi-Oksidasi – Diskusi dan informasi tentang pengertian bilangan oksidasi.
      – Menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau senyawa ion.
      – Diskusi dan informasi tentang reaksi reduksi oksidasi ditinjau dari terjadinya penggabungan dan pelepasan oksigen, atau pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
      – Diskusi dan informasi tentang cara-cara menyetarakan persamaan reaksi reduksi-oksidasi dengan prinsip pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
      – Latihan menyetarakan persamaan reaksi reduksi-oksidasi dengan prinsip pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi. Tes tertulis dan tugas 4 Buku kimia untuk SMA atau SMK

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : XI/1
      STANDAR KOMPETENSI : Memahami konsep larutan elektrolit dan elektrokimia
      KODE KOMPETENSI : 7
      ALOKASI WAKTU : 17 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      7.1 Membedakan larutan elektrolit dan nonelektrolit – Pengertian larutan sebagai campuran dari dua atau lebih zat yang homogen dideskripsikan dengan benar.
      – Pengertian Larutan biner sebagai larutan yang hanya terdiri atas zat terlarut dan pelarut dideskripsikan dengan benar.
      – Perbedaan larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya diamati dengan benar.
      – Ciri-ciri hantaran listrik dalam berbagai larutan disimpulkan berdasarkan hasil percobaan. Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit – Diskusi dan informasi tentang pengertian larutan melalui demonstrasi campuran.
      – Diskusi dan informasi tentang larutan biner.
      – Mengamati daya hantar listrik larutan.
      – Mengelompokkan beberapa larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit.
      – Mengelompokkan beberapa larutan elektrolit menjadi elektrolit kuat dan lemah.
      – Membuat laporan hasil percobaan.
      – Review tentang larutan elektrolit dan non elektrolit. Tes tertulis, penilaian proses dan tugas
      2 2 (4) – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik
      7.2 Mengidentifikasi dan mengklasifikasi berbagai larutan – Kemampuan larutan menghantarkan arus listrik berdasarkan banyaknya ion yang terbentuk dalam larutan dideskripsikan dengan benar.
      – Penyebab adanya ion-ion dalam larutan akibat ikatan ion atau kovalen polar dideskripsikan dengan benar. – Diskusi dan informasi tentang hubungan daya hantar dan jumlah ion yang ada dalam larutan.
      – Diskusi dan informasi tentang penyebab adanya ion-ion dalam larutan. Penilaian proses
      2 Buku kimia untuk SMA atau SMK
      7.3 Menggunakan satuan konsentrasi dalam membuat larutan – Pengertian konsentrasi sebagai daya larut atau kemampuan melarut suatu zat dalam suatu pelarut dideskripsikan dengan benar.
      – Pengertian larutan jenuh/tidak jenuh dideskripsikan dengan benar.
      – Satuan konsentrasi larutan sebagai perbandingan jumlah mol, massa atau volume zat terlarut terhadap jumlah massa atau volume larutan yang dinyatakan dalam prosen (%m/m, %m/v, %v/v), ppm (miligram atau mililiter zat terlarut terhadap 1 kg atau iL larutan), M (mol/L larutan), m (∑mol/1kg pelarut), X(∑mol komponen/∑mol kompoten total) dideskripsikan dengan benar.
      – Pembuatan larutan sesuai satuan konsentrasi yang diinginkan dilakukan dengan baik. Konsentrasi dan Satuan Konsentrasi – Mengamati demonstrasi tentang kemampuan suatu zat melarut.
      – Diskusi dan informasi tentang konsentrasi, larutan jenuh, dan tak jenuh.
      – Diskusi dan informasi satuan konsentrasi dengan.
      – Latihan menghitung dan mengubah satuan konsentrasi.
      – Membuat larutan sesuai satuan konsentrasi yang diinginkan.
      – Membuat laporan. Tes tertulis, penilaian proses, dan tugas. 6 2 (4) – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik
      7.4 Menerapkan konsep reaksi redoks dalam elektrokimia – Terjadinya proses elektrokimia karena adanya energi yang dihasilkan pada reaksi spontan dijelaskan dengan benar.
      – Pengertian sel elektrokimia sebagai perangkat alat percobaan untuk membangkitkan listrik melalui reaksi redoks yang spontan dideskripsikan dengan benar.
      – Komposisi sel elektrokimia sebagai dua sel setengah reaksi yang disebut sel oksidasi dan sel reduksi yang masing-masing terdiri atas larutan elektrolit dan elektrodanya, dan dihubungkan oleh jembatan garam dideskripsikan dengan benar. Reaksi Redoks dan
      Elektro kimia – Diskusi dan informasi tentang pengertian elektrokimia.
      – Mengamati demonstrasi tentang pengertian sel elektrokimia.
      – Tanya jawab tentang elektrokimia dan sel elektrokimia. Tes tertulis, lisan. 3 – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : XI/2
      STANDAR KOMPETENSI : Memahami konsep kesetimbangan reaksi
      KODE KOMPETENSI : 8
      ALOKASI WAKTU : 14 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      8.1 Menguasai reaksi kesetimbangan – Pengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan dijelaskan dengan cermat dan benar.
      – Kesetimbangan kimia sebagai kondisi yang dicapai suatu reaksi jika laju reaksi dalam dua arah yang berlawanan adalah sama, dan konsentrasi reaktan serta produk tetap dideskripsikan dengan jelas, logis dan benar. Kesetimbangan Reaksi – Mengamati dan menyimpulkan reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan.
      – Mengelompokkan rekasi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan.
      – Membuat laporan hasil percobaan.
      – Review. – Tes tertulis
      – Penilaian proses
      – Tugas 2
      (4) – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik
      8.2 Menguasai faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan

      – Terjadinya perubahan atau pergeseran kesetimbangan sebagai akibat adanya aksi pada reaksi kesetimbangan (asas Le Chatelier) yang cenderung akan mengurangi aksi tersebut dideskripsikan dengan cermat dan benar.
      – Pengaruh berbagai faktor, di antaranya perubahan konsentrasi, volume, dan tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Pengaruh perubahan temperatur terhadap nilai tetapan kesetimbangan dijelaskan dengan logis, jelas dan benar. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Reaksi – Mengamati reaksi kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
      – Membuat laporan hasil percobaan.
      – Menjelaskan prinsip asas Le Chatelier melalui contoh-contoh
      – Berlatih menentukan pergeseran kesetimbangan setelah terjadinya reaksi.
      – Menghubungkan perubahan tetapan klesetimbangan dengan temperatur berdasarkan analisis datanya. – Penilaian proses
      – Tugas 2 2 (4) – Buku kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik
      8.3 Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan – Pengetian tetapan kesetimbangan (Kc) sebagai perbandingan konsentrasi reaktan dan produk suatu reaksi kesetimbangan yang memiliki harga tetap pada kondisi kesetimbangan dan temperatur tertentu (Hukum Aksi Massa) dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Konversi Kc menjadi Kp berdasarkan persamaan gas ideal dideskripsikan dengan jelas dan benar.
      – Pengertian kesetimbangan homogen dan heterogen berdasarkan fasa seluruh spesi yang bereaksi (produk dan reaktan) dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Perhitungan konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangannya dilakukan dengan cermat dan benar. Tetapan Kesetimbangan (Kc dan Kp) – Diskusi dan informasi tentang pengertian Kc dan Kp serta hubungannya.
      – Diskusi dan informasi tentang kesetimbangan homogen dan heterogen.
      – Menghubungkan konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi dengan tetapan kesetimbangan berdasarkan analisis data percobaan konsentrasi kesetimbangan
      – Diskusi dan informasi tentang korelasi Kc dan Kp berdasarkan persamaan gas ideal.
      – Latihan menentukan nilai Kc dan Kp suatu kesetimbangan. – Tes tertulis Tugas 8 Buku kimia untuk SMA atau SMK

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : XI/2
      STANDAR KOMPETENSI : Menentukan perubahan entalpi berdasarkan konsep termokimia
      KODE KOMPETENSI : 9
      ALOKASI WAKTU : 8 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      9.1 Menjelaskan entalpi dan perubahan entalpi – Pengetian sistem dan lngkungan didefinisikan dengan logis, benar dan jelas.
      – Pengelompokan sistem ke dalam sistem tertutup, sistem terbuka dan sistem terisolasi dideskripsikan dengan cermat dan benar.
      – Pengelompokan reaksi kimia dikelompokkan menjadi reaksi eksoterm dan endoterm berdasarkan panas yang dihasilkannya dideskripsikan dengan cermat dan benar.
      – Pengertian entalpi (H) sebagai jumlah kalor yang masuk atau keluar dari sistem pada tekanan tetap dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Pengertian perubahan entalpi (H) dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar Termokimia (Entalpi dan Perubahannya) – Diskusi dan informasi tentang pengertian termokimia, sistem dan lingkungan melalui demonstrasi.
      – Membedakan sistem tertutup, sistem terbuka, dan sistem terisolasi.
      – Melakukan demonstrasi reaksi eksoterm dan endoterm.
      – Diskusi dan informasi tentang entalpi dan perubahan entalpi. – Tes tertulis 2 – Buku kimia SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik
      9.2 Menentukan perubahan entalpi reaksi – Perubahan entalpi reaksi yang dihitung sebagai selisih entalpi produk dan reaktan dideskripsikan dengan jelas dan benar.
      – Besarnya perubahan entalpi reaksi melalui percobaan dilakukan dengan teliti, hati-hati dan benar. – Melakukan percobaan untuk menentukan entalpi reaksi netralisasi.
      – Membuat laporan.
      – Review. – Penilaian proses
      – Tugas 2 2
      (4) – Buku kimia SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik
      9.3 Menentukan kalor pembakaran berbagai bahan baker – Pengetian kalor pembakaran sebagai kalor yang dilepaskan jika 1 mol bahan bakar dibakar dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Kalor pembakaran berbagai bahan bakar melalui percobaan dilakukan dengan teliti, hati-hati dan benar. – Melakukan percobaan untuk menentukan kalor pembakaran bahan bakar.
      – Membuat laporan.
      – Review. – Penilaian proses
      – Tugas 2 (4) – Buku kimia SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : XII/1
      STANDAR KOMPETENSI : Mengkomunikasikan senyawa hidrokarbon dan kegunaannya
      KODE KOMPETENSI : 10
      ALOKASI WAKTU : 22 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      10.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon yang membentuk senyawa hidrokarbon – Kekhasan atom karbon yang ditunjukkan oleh kemampuan atom karbon untuk membentuk ikatan karbon-karbon dengan berbagai jenis ikatan (tunggal, rangkap) dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Pengertian senyawa organik dan senyawa karbon dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar.
      – Pengertian senyawa hidrokarbon sebagai senyawa yang terdiri atas unsur C dan H dideskripsikan dengan logis, jelas dan benar. Kekhasan Atom Karbon dan Senyawa Hidrokarbon. – Diskusi dan informasi tentang kekhasan atom karbon.
      – Diskusi dan informasi tentang definisi senyawa karbon dan hidrokarbon. – Tes tertulis 4 Buku Kimia untuk SMA atau SMK
      10.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon dan turunannya
      – Pengelompokan senyawa hidrokarbon ke dalam kelas, alifatik (siklik, asiklik) dan aromatik dideskripsikan dengan benar dan jelas.
      – Pengertian senyawa hidrokarbon alifatik sebagai senyawa hidrokarbon yang tidak mengandung cincin benzena dideskripsikan dengan benar dan logis.
      – Pengelompokan senyawa hidrokarbon alifatik menjadi alkana, alkena, dan alkuna dideskripsikan dengan benar dan cermat.
      – Ciri-ciri dan rumus umum alkana, alkena, dan alkuna dideskripsikan dengan benar dan cermat.
      – Pengertian senyawa hidrokarbon aromatik sebagai senyawa hidrokarbon yang mengandung cincin benzena dideskripsikan dengan benar dan logis. Senyawa Hidrokarbon dan Turunannya. – Diskusi dan informasi tentang penggolongan senyawa hidrokarbon dan turunannya.
      – Diskusi dan informasi tentang rumus umum senyawa turunan hidrokarbon.
      – Latihan mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan turunannya. – Tes tertulis
      – Tugas 8 Buku Kimia untuk SMA atau SMK
      10.3 Mendeskripsikan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan manusia – Minyakbumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon yang berguna dalam kehidupan manusia dideskripsikan dengan jelas dan tepat.
      – Proses pembentukan minyakbumi sebagai hasil pembusukan berbagai mahluk hidup yang terjadi selama jutaan tahun dijelaskan dengan benar dan logis.
      – Kandungan utama minyakbumi sebagai campuran hidrokarbon yang terdiri atas campuran parafin (alkana), olefin (alkena),nafta (siklo parafin), dan hidrokarbon aromatik dideskripsikan dengan jelas dan tepat.
      – Demonstrasi pemisahan minyakbumi menjadi fraksi-fraksinya dengan cara destilasi diamati dengan teliti, hati-hati dan benar.
      – Sifat-sifat fraksi minyakbumi diamati secara langsung melalui percobaan dengan teliti, hati-hati dan benar.
      – Kegunaan minyakbumi ditelusuri melalui pengkajian pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan. Minyakbumi dan Kegunaannya – Diskusi dan informasi tentang minyakbumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon dan proses pembentukannya.
      – Diskusi dan informasi tentang kandungan utama minyakbumi.
      – Diskusi dan informasi tentang mengenai jenis-jenis fraksi minyakbumi yang berguna dalam kehidupan manusia.
      – Mengamati demonstrasi pemisahkan campuran minyak bumi menjadi fraksi-fraksinya.
      – Melakukan percobaan untuk mengamati sifat-sifat fraksi minyakbumi (bensin,solar, minyaktanah).
      – Membuat karya ilmiah dengan mencari pustaka tentang penggunaan minyakbumi. – Tes tertulis 6 4
      (8) – Buku atau Media Lain yang Relevan
      – Alat dan Bahan Praktik

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : XII/1
      STANDAR KOMPETENSI : Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
      KODE KOMPETENSI : 11
      ALOKASI WAKTU : 12 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      11.1 Menentukan laju reaksi dan orde reaksi – Definisi laju reaksi sebagai perubahan konsentrasi reaktan atau produk terhadap perubahan waktu dideskripsikan dengan logis, benar dan jelas.
      – Pengertian tetapan laju reaksi sebagai perbandingan laju reaksi terhadap perubahan konsentrasi reaktan dideskripsikan dengan logis, benar dan jelas.
      – Hukum laju reaksi sebagai hubungan antara laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan konsentrasi yang dipangkatkan dengan bilangan eskponensial yang disebut orde reaksi ( v= k [X]¬a[Y]b ) dideskripsikan dengan jelas, logis dan benar.
      – Penentuan orde dan tetapan laju reaksi berdasarkan data konsentrasi reaktan dan laju reaksi dijelaskan dengan benar dan jelas.
      – Orde reaksi ditunjukkan dengan melihat bentuk grafik laju reaksi terhadap konsentrasi secara tepat . Laju Reaksi – Diskusi dan informasi tentang pengertian laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan hukum laju reaksi melalui informasi dan diskusi.
      – Menganalisis data konsentrasi dan laju untuk menentukan orde dan tetapan laju reaksi.
      – Membuat grafik dari data konsentrasi dan laju reaksi.
      – Latihan menghitung laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan orde reaksi berdasarkan data-data yang diberikan. – Tes tertulis
      – Tugas 8  Buku Kimia untuk SMA atau SMK
       Kertas grafik
      11.2 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi – Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi ditunjukkan melalui percobaan secara jelas dan benar.
      – Pengaruh berbagai faktor, di antaranya perubahan konsentrasi, katalis, luas permukaan, dan temperatur terhadap laju reaksi dijelaskan dengan benar.
      – Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi – Melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
      – Diskusi dan informasi tentang pengaruh berbagai faktor terhadap laju reaksi.
      – Membuat laporan hasil percobaan. – Penilaian proses
      – Lisan
      – Tugas 2 2 (4) – Buku Kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : XII/2
      STANDAR KOMPETENSI : Memahami koloid, suspensi, dan larutan sejati
      KODE KOMPETENSI : 12
      ALOKASI WAKTU : 20 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      12.1 Mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan
      – Pengelompokan campuran menjadi larutan, Koloid, dan suspensi dijelaskan dengan tepat dan benar.
      – Perbedaan larutan, Koloid, dan suspensi berdasarkan sifat campurannya, fasanya dan ukuran partikelnya dideskripsikan dengan jelas dan cermat.
      – Pembuatan koloid dapat dengan cara kondensasi, desintegrasi, dan atau gabungan dari keduanya, dideskripsikan dengan jelas dan cermat. Koloid – Melakukan percobaan untuk mengamati perbedaan campuran homogen dan heterogen
      – Mengelompokkan campuran di atas menjadi larutan, koloid, suspensi
      – Membuat laporan hasil pengamatan
      – Menjelaskan cara pembuatan partikel koloid dengan cara informasi dan tanya jawab Tes tertulis, Penilaian proses dan tugas 4 2 (4) – Buku Kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat dan bahan untuk
      12.2 Membedakan macam dan sifat koloid
      – Pengelompokan sifat khas koloid menjadi sifat optik dan elektrik dideskripsikan dengan jelas dan cermat.
      – Akibat hamburan cahaya terhadap sifat optik dari koloid dideskripsikan dengan jelas dan tepat.
      – Adanya efek Tyndal dan gerak Brown diamati melalui percobaan dengan hati-hati, cermat dan benar.
      – Sifat kinetik dari koloid ditunjukkan oleh sifat kinetik dari partikel yang selalu bergerak berliku-liku akibat tumbukan partikel dengan jelas dan diamati dengan cermat.
      – Sifat elektrik dari koloid terjadi dijelaskan sebagai akibat adanya muatan (ion-ion) yang bergerak dalam medan listrik secara jelas dan benar.
      – Elektroforesis dideskripsikan dengan jelas.
      – Elekroforesis, koagulasi, gerak Brown, dan kesetabilan koloid diamati dari hasil percobaan sifat-sifat koloid secara cermat dan benar
      – Definisi zat terdispersi dan dan zat/ medium pendispersi dideskripsikan dengan jelas dan tepat..
      – Pengelompokan koloid berdasarkan wujud zat terdispersi dan pendispersinya dideskripsikan dengan jelas dan tepat.
      – Pengelompokan koloid menjadi koloid liofil dan koloid liofob berdasarkan kekuatan ikatan antara zat terdispersi dan medium pendispersinya dideskripsikan dengan jelas dan tepat. Macam dan Sifat-sifat Koloid – Melakukan percobaan untuk mengamati sifat-sifat koloid
      – Membuat laporan
      – Diskusi dan informasi tentang macam-macam koloid berdasarkan zat terdispersi dan medium pendispersi melalui informasi i dan tanya jawab.
      – Melakukan percobaan untuk mengamati sifat emulsi dan gel Menjelaskan macam-macam koloid berdasarkankekuatan ikatan zat terdispersi dan medium pendispersi melalui informasi dan diskusi
      – Diskusi dan informasi tentang sifat-sifat koloid Liofil dan liofob melalui demonstrasi.
      – Mengelompokkan bahan-bahan di alam berdasarkan macam-macam koloid
      Tes tertulis
      Penilaian proses dan tugas 5 3 (6) – Buku Kimia untuk SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik
      12.3 Menerapkan sistem koloid dalam kehidupan – Penggunaan koloid dijelaskan berdasarkan proses pembentukannya secara tepat.
      – Penggunaan Koloid ditelusuri melalui pengkajian pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan.
      Penggunaan Koloid – Membuat karya ilmiah dengan mencari pustaka tentang penggunaan koloid
      – Melakukan presentasi karya ilmiah
      Penilaian tugas 6
      (12) – Buku atau Media Lain yang Relevan
      – Transparansi

      NAMA SEKOLAH : SMKN 1 Wanayasa
      MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
      KELAS/SEMESTER : XII/2
      STANDAR KOMPETENSI : Melakukan pemisahan dan analisis
      KODE KOMPETENSI : 13
      ALOKASI WAKTU : 34 X 45 Menit

      KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
      TM PS PI
      13.1 Memisahkan zat dari campuran
      – Pengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen dijelaskan dengan tepat dan benar.
      – Cara-cara pemisahan campuran dideskripsikan dengan jelas.
      – Teknik pemisahan campuran dipraktikkan di laboratorium dengan teliti,benar dan hati-hati. Pemisahan Campuran – Melakukan percobaan untuk memisahkan berbagai jenis campuran dengan cara penyaringan, sublimasi, destilasi, kristalisasi, kromatografi.
      – Membuat laporan.
      – Review – Penilaian proses
      – Tugas 6 (12) – Buku kimia SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik
      13.2 Menentukan kadar suatu unsur/senyawa senyawa gravimetri, volumetri, dan teknik lainnya
      – Penentuan kadar suatu unsur/senyawa dengan cara gravimetri dan volumetri dideskripsikan dengan jelas.
      – Penentukan kadar senyawa dengan cara gravimetri dilakukan dengan teliti, benar dan hati-hati.
      – Penentuan kadar senyawa dengan cara volumetri dilakukan dengan teliti, benar dan hati-hati. Penetuan kadar suatu unsur/senyawa – Diskusi dan informasi tentang pengertian gravimetri dan titrasi melalui diskusi dan informasi.
      – Melakukan percobaan gravimetri dan titrasi dengan teliti, hati-hati dan benar
      – Membuat laporan hasil percobaan.
      – Review – Penilaian proses
      – Tugas 6 22 (44) – Buku kimia SMA atau SMK
      – Alat dan Bahan Praktik

      Keterangan:
      TM : Tatap muka
      PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
      PI : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)

      Suka

  3. Pak, inyonge njaluk silabus dan RPP berkarakter yak… Tolong di kirim via e-mail.
    Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih.

    Suka

    1. maaf bro, belum dibikin, he

      Suka

      1. yuyun wulandari Avatar

        pak minta numb hp-a dunk..
        yuyun

        Suka

Tinggalkan komentar

Search