//
05. Memahami terjadinya ikatan kimia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : X / Genap

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 11

Alokasi                              : 2 jam x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami terjadinya ikatan kimia

Kompetensi Dasar            : Mendeskripsikan terjadinya ikatan ion

Indikator                            :

  1. Peranan elektron valensi untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil dalam pembentukan ikatan kimia dideskripsikan dengan jelas.
  2. Pencapaian konfigurasi elektron yang stabil berdasarkan teori oktet atau duplet dijelaskan dengan benar.
  3. Pembentukan ikatan ion berdasarkan serah terima elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa ion dijelaskan dengan benar.
  4. Pengaruh gaya elektrostatik terhadap  kekuatan ikatan ion dijelaskan dengan benar.

I.   Tujuan Pembelajaran   :

  1. Siswa dapat menjelaskan peranan elektron valensi untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil dalam pembentukan ikatan kimia dengan jelas.
  2. Siswa dapat menjelaskan pencapaian konfigurasi elektron yang stabil berdasarkan teori oktet atau duplet dengan benar.
  3. Siswa dapat menjelaskan pembentukan ikatan ion berdasarkan serah terima elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa ion dengan benar.
  4. Siswa dapat menjelaskan pengaruh gaya elektrostatik terhadap  kekuatan ikatan ion dengan benar.

II.   Materi Ajar                  : Ikatan Ion

III.   Metode Pembelajaran :

1.    Ceramah

2.    Wawancara

3.    Penugasan

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

URAIAN KEGIATAN WAKTU METODE
A. Kegiatan awal

  1. Mengabsen siswa
  2. Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkaitan dengan terjadinya ikatan kimia
5 Menit

5 Menit

  1.  Ceramah
  2. Tanya jawab
B. Kegiatan Inti

  1. Diskusi dan informasi tentang teori oktet dan duplet, peranan elektron valensi untuk membentuk ikatan kimia, terbentuknya ikatan ion,
  2. Menganalisis tabel periodik untuk menentukan unsur –untur yang dapat membentuk senyawa ion
  3. Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal
  4. Pembahasan hasil pekerjaan siswa
65 menit
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Penugasan
  4. Presentasi
C. Kegiatan Akhir

  1. Menyimpulkan materi tentang ikatan ion
  2. Pemberian tugas latihan di rumah
10 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Penugasan

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

  1. Lembar Kerja Siswa
  2. Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
  3. Buku referensi yang relevan

VI.  Penilaian       :

  1. Pengamatan
  2. Tanya Jawab
  3. Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat KimiaM. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

……………………………………………………………………………………………………………………           Lembar Kerja Siswa (LKS)

A.    Isilah Tabel Berikut

No

Lambang Unsur

Struktur Molekul

Unsur 1

Unsur 2

1

Mg

Cl

MgCl2

2

Al

O2

……………….

3

Na

O2

……………….

4

Be

F

……………….

5

K

Br

……………….

6

Fr

O2

……………….

 

                                                          Instrumen Penilaian

 

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.    Jumlah elektron valensi dari Unsur D20 adalah…

a. 1 d.  4
b.  2 e.  5
c.  3

2.    Suatu unsur memiliki nomor atom 9 akan mencapai kestabilan dengan cara…

a. menerima 1 elektron d. melepas 1 elektron
b.  menerima 2 elektron e. melepas 2 elektron
c.  menerima 3 elektron

3.    Suatu unsur A bernomor atom 11 berikatan dengan unsur B bernomor atom 16 melalui proses…

a.  A melepas 1 elektron, B menerima 1 elektron
b.  A melepas 1 elektron, B menerima 2 elektron
c.  A melepas 2 elektron, B menerima 1 elektron
d.  A melepas 2 elektron, B menerima 3 elektron
e.  A melepas 3 elektron, B menerima 2 elektron

 

Jawaban : 1b, 2a, 3b

 

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Sebutkan cara-cara yang ditempuh untuk memperoleh susunan elektron yang stabil !

2.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan teori oktet dan teori duplet !

3.    Jelaskan cara pembentukan ikatan ion !

4.   Jelaskan pengaruh gaya elektrostatik terhadap  kekuatan ikatan ion !

Kunci jawaban

1.    Dengan cara melepaskan elektron, menangkap elektron, dan pemakaian elektron secra bersama-sama

2.    Teori oktet adalah kecenderungan atom-atom untuk memiliki delapan elektron di kulit terluarnya

Teori duplet adalah kecenderungan atom-atom untuk memiliki dua elektron di kulit terluarnya

3.    Ikatan ion terjadi karena adanya gaya tarik menarik elektrostatik antara ion positif dan ion negatif. Ikatan ion terbentuk antara atom yang melepaskan elektron (menjadi ion positif) dengan atom yang menerima elektron (menjadi ion negatif).

4.    Pengaruh gaya elektrostatik terhadap  kekuatan ikatan ion adalah antara ion positif dan ion negatif akan memiliki perbedaan keelektronegatifan yang besar

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : X / Genap

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 12, 13

Alokasi                              : 4 jam x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami terjadinya ikatan kimia

Kompetensi Dasar            : Mendeskripsikan terjadinya ikatan kovalen

Indikator                            :

  1. Pembentukan ikatan kovalen berdasarkan penggunaan pasangan elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa kovalen dijelaskan dengan benar.
  2. Penulisan simbol Lewis ditunjukkan dengan benar.
  3. Penulisan ikatan kovalen dengan menggunakan struktur Lewis dideskripsikan dengan benar.

4.    Pengaruh banyaknya pasangan elektron yang berikatan terhadap jenis ikatan kovalen (tunggal, rangkap) dideskripsikan dengan benar.

I.   Tujuan Pembelajaran   :

  1. Siswa dapat menjelaskan pembentukan ikatan kovalen berdasarkan penggunaan pasangan elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa kovalen  dengan benar.
  2. Siswa dapat menuliskan simbol Lewis  dengan benar.
  3. Siswa dapat menuliskan ikatan kovalen dengan menggunakan struktur Lewis  dengan benar.

4.    Siswa dapat menjelaskan pengaruh banyaknya pasangan elektron yang berikatan terhadap jenis ikatan kovalen (tunggal, rangkap)  dengan benar.

II.   Materi Ajar                  : Ikatan Kovalen

IV.  Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah
  2. Wawancara
  3. Penugasan

V.    Langkah- langkah Pembelajaran

Pertemuan 12

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Tanya jawab
B. Kegiatan Inti1.    Diskusi dan informasi tentang terbentuknya ikatan kovalen.

2.    Menganalisis tabel sistem periodik untuk memperkirakan unsur yang membentuk ikatan kovalen.

3.    Membedakan senyawa ion dan senyawa kovalen.

25 Menit20 Menit

20 Menit

1. Ceramah2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir1.    Menyimpulkan materi tentang terbentuknya ikatan kovalen

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

10 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Penugasan

 Pertemuan 13

URAIAN KEGIATAN WAKTU METODE
A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Tanya jawab
B. Kegiatan Inti1.    Meramalkan jenis ikatan kimia yang terjadi jika diketahui nomor atom unsur-unsur yang berikatan.

2.    Diskusi dan informasi tentang cara penulisan simbol Lewis dan struktur Lewis.

3.    Diskusi dan informasi tentang ikatan kovalen tunggal dan rangkap berdasarkan Struktur Lewis.

25 Menit20 Menit

20 Menit

1. Ceramah2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir1.    Menyimpulkan materi tentang terbentuknya ikatan kovalen

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

10 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Penugasan

VI.  Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Lembar Kerja Siswa

2.    Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi

3.    Buku referensi yang relevan

VII. Penilaian   :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat KimiaM. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Lembar Kerja Siswa (LKS)

B.   Isilah Tabel Berikut

No

Lambang Unsur

Struktur Molekul

Unsur 1

Unsur 2

1

O

F

OF2

2

Cl

Cl

………………..

3

C

Cl

………………..

4

B

F

………………..

5

N

O

………………..

6

P

O

………………..

 

Instrumen Penilaian

 

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.    Apabila unsur A6 danX35 saling berikatan kovalen maka rumus molekul yang mungkin terbentuk adalah…

a. AX2 d.  AX4
b.  A2X e.  A2X3
c.  A4X

2.    Penggambaran Struktur lewis dari molekul C2H4 yang benar adalah…

a. d.
b. e.
c.

3.    Senyawa – senyawa berikut berikatan kovalen rangkap 3 yaitu…

a. CO2 d. N2
b.  H2O e.  O3
c.  O2

Jawaban: 1d, 2c, 3d

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Jelaskan apa yang dimaksud ikatan kovalen !

2.    Tuliskan struktur lewis dari HNO3 !

3.    Tuliskan struktur lewis pada ikatan kovalen HCl !

4.    Jelasakan apa yang dimaksud dengan ikatan kovalen tunggal dan rangkap ! beri contohnya !

Kunci jawaban

1.   Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi akibat pemakaian pasangan elektron secara bersama-sama oleh dua atom

2.

3.   HCl            H  : 1             menerima 1 elektron         terjadi pemakaian pasangan

Cl : 2 8 7      melepas 1 elektron           elektron bersama

Rumus lewis :

H     +      Cl              H    Cl

4.   Ikatan kovalen tunggal adalah iakatan kovalen yang hanya memiliki sepasang elektron yang dipakai bersama, contoh : pada H2 (H – H)

Ikatan kovalen rangkap (rangkap dua dan rangkap tiga) adalah iakatan kovalen yang memliki dua atau tiga pasang elektron yang dipakai bersama, contoh : ikatan kovalen rangkap dua pada O2 (O = O) atau iakatan kovalen rangkap tiga           pada N2 (N º N)

 +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                 : Kimia

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Kelas / Semester              : X / Genap

Pertemuan Ke                   : 14, 15

Alokasi                              : 3 jam x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami terjadinya ikatan kimia

Kompetensi Dasar            : Menjelaskan ikatan logam

Indikator                            :

1.    Pembentukan ikatan logam sebagai akibat adanya elektron bebas pada logam dijelaskan dengan benar.

2.    Pembentukan sifat logam sebagai akibat pembentukan orbital baru karena adanya elektron bebas pada logam dijelaskan dengan benar.

I.   Tujuan Pembelajaran   :

1.    Siswa dapat menjelaskan pembentukan ikatan logam sebagai akibat adanya elektron bebas pada logam  dengan benar.

2.    Siswa dapat menjelaskan pembentukan sifat logam sebagai akibat pembentukan orbital baru karena adanya elektron bebas pada logam dengan benar.

II.   Materi Ajar                  : Ikatan Logam

III.   Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah
  2. Wawancara
  3. Penugasan

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

Pertemuan 14

URAIAN KEGIATAN WAKTU METODE
A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Tanya jawab
B. Kegiatan Inti1.    Diskusi dan informasi tentang terbentuknya ikatan logam pada unsur logam.

2.    Mengamati demonstrasi sifat-sifat logam diikuti dengan diskusi dan informasi.

3.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan

4.    Pembahasan jawaban soal latihan

25 Menit20 Menit

20 Menit

1. Ceramah2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir1.    Menyimpulkan materi tentang terbentuknya ikatan logam

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

10 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Penugasan

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

  1. Lembar Kerja Siswa
  2. Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
  3. Buku referensi yang relevan

VI.  Penilaian   :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat KimiaM. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

Instrumen Penilaian

 

A.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Bagaimana terjadinya ikatan logam ?

2.    Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kekuatan ikatan logam pada unsur-unsur logam ?

Kunci jawaban

1.    Ikatan logam terjadi karena gaya tarik menarik antara ion-ion positif dengan elektron-elektron pada kulit valensi dari suatu atom unsur logam

2.    Kekuatan ikatan logam pada unsur-unsur logam dipengaruhi oleh jumlah elektron valensi, jari-jari atom, dan sifat orbital-orbital

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                 : Kimia

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Kelas / Semester              : X / Genap

Pertemuan Ke                   : 15, 16

Alokasi                              : 3 jam x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami terjadinya ikatan kimia

Kompetensi Dasar            : Menuliskan nama senyawa kimia

Indikator                            :

  1. Penentuan nama senyawa berdasarkan jenis senyawa dan ikatan yang terjadi dideskripsikan dengan benar.
  2. Cara-cara penamaan senyawa ion dan senyawa kovalen dideskripsikan dengan benar.

I.   Tujuan Pembelajaran   :

  1. Siswa dapat menentukan  nama senyawa berdasarkan jenis senyawa dan ikatan yang terjadi  dengan benar.
  2. Siswa dapat menjelaskan cara-cara penamaan senyawa ion dan senyawa kovalen dengan benar.

II.   Materi Ajar                  : Tata Nama Senyawa

III.   Metode Pembelajaran :

1.    Ceramah

2.    Wawancara

3.    Penugasan

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Tanya jawab
B. Kegiatan Inti1.    Diskusi dan informasi tentang tata cara penamaan senyawa kimia.

2.    Latihan menyebutkan dan menuliskan nama-nama senyawa dan/atau rumus senyawanya.

3.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan

4.    Pembahasan jawaban soal latihan

25 Menit20 Menit

20 Menit

1. Ceramah2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir1.    Menyimpulkan materi tentang tata cara penamaan senyawa kimia.

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

10 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Penugasan

 

Pertemuan 2

URAIAN KEGIATAN WAKTU METODE
A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa

2.    Persiapan Ulangan Harian (Uji Kompetensi )

5 Menit5 Menit
B. Kegiatan Inti1.    Uji Kompertensi (Memahami terjadinya ikatan kimia) 75 Menit 1. Tes tertulis
C. Kegiatan Akhir1.    Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya    5 Menit

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

  1. Lembar Kerja Siswa
  2. Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
  3. Buku referensi yang relevan

VI.  Penilaian   :

  1. Pengamatan
  2. Tanya Jawab
  3. Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat KimiaM. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

Lembar Kerja Siswa (LKS)

A.   Isilah Tabel Berikut

No

Kation

Anion

Rumus Kimia

Nama Senyawa

1

Ca2+

Cl

CaCl2

Kalsium Klorida

2

……..

……..

MgF

……..

3

……..

……..

……..

Aluminium Sulfat

4

Fe3+

O2-

……..

……..

5

……..

……..

FeO

……..

6

……..

……..

……..

Perak (II) Bromida

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Apa nama senyawa-senyawa berikut :

a. As2S3                                        b. HClO4

2.   Jelasakan tatacara penulisan senyawa pada senyawa ion !

Kunci jawaban

1.   a. Arsen (II) sulfida                        b. Asam klorat

2.   Dengan cara menyebutkan nama ion-ion penyusunnya, bila ion logam mempunyai bilangan oksidasi lebih dari satu macam maka biloksnya disertakan. Ion yang biloksnya rendah diberi akhiran o dan biloks tinggi diakhiri nama ilmiahnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ingat!!!

Author

Mari Berilmu Amaliah & Beramal Ilmiah!

%d blogger menyukai ini: