//
04. Memahami konsep mol

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : X / Genap

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 6, 7

Alokasi                              : 4 jam x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami konsep mol

Kompetensi Dasar            : Menjelaskan konsep mol

Indikator                            :

  1. Pengertian Ar dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom isotop 12C dideskripsikan dengan benar.
  2. Perhitungan Mr berdasarkan jumlah Ar dari unsur-unsur penyusunnya dilakukan dengan benar.
  3. Pengertian konsep mol sebagai satuan zat dideskripsikan dengan benar.
  4. Pengertian konsep mol sebagai kumpulan partikel (atom atau molekul atau ion) yang dibandingkan dengan 1/12 massa isotop 12C atau yang mengandung partikel sebanyak bilangan Avogadro dideskripsikan dengan benar.

    I.   Tujuan Pembelajaran   :

  1. Siswa dapat menjellaskan Ar dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom isotop 12C dengan benar.
  2. Siswa dapat menhitung Mr berdasarkan jumlah Ar dari unsur-unsur penyusunnya dengan benar.
  3. Siswa dapat mendefinisikan konsep mol sebagai satuan zat dengan benar.
  4. Siswa dapat mendefinisikan konsep mol sebagai kumpulan partikel (atom atau molekul atau ion) yang dibandingkan dengan 1/12 massa isotop 12C atau yang mengandung partikel sebanyak bilangan Avogadro dengan benar.

II.   Materi Ajar                  : Konsep Mol

 III.   Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah
  2. Wawancara
  3. Penugasan

 IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

    Pertemuan 6

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

  1. Mengabsen siswa
  2. Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkaitan dengan konsep mol
5 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Tanya jawab
B. Kegiatan Inti

  1. Diskusi dan informasi tentang pengertian Ar dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa.
  2. Siswa diberi tugas latihan menghitung Mr dari senyawa yang diberikan.
  3. Pembahasan hasil pekerjaan siswa
25 Menit20 Menit20 Menit 1. Ceramah2. Diskusi3. Penugasan4. Presentasi
C. Kegiatan Akhir

  1. Menyimpulkan materi tentang Ar dan Mr
  2. Pemberian tugas latihan di rumah
10 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Penugasan

     Pertemuan 7

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

  1. Mengabsen siswa
  2. Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah
5 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Tanya jawab
B. Kegiatan Inti

  1. Diskusi dan informasi tentangPengertian konsep mol sebagai satuan zat.
  2. Diskusi dan informasi tentang Pengertian konsep mol sebagai kumpulan partikel (atom atau molekul atau ion) yang dibandingkan dengan 1/12 massa isotop 12C atau yang mengandung partikel sebanyak bilangan Avogadro.
  3. Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal
  4. Pembahasan hasil pekerjaan siswa
20 Menit20 Menit10 Menit10 Menit 1. Ceramah2. Diskusi3. Penugasan4. Presentasi
C. Kegiatan Akhir

  1. Menyimpulkan materi tentang konsep mol
  2. Pemberian tugas latihan di rumah
10 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Penugasan

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

  1. Lembar Kerja Siswa
  2. Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
  3. Buku referensi yang relevan

VI.  Penilaian   :

  1. Pengamatan
  2. Tanya Jawab
  3. Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 WanayasaDrs, KeriyantoNIP. 19580909 198403 1 008 Guru Mata Diklat KimiaM. Ngabdul Jalil, S.SiNIP 19790121 201001 1 014

 ………………………………………………………………………………………………………………….

Instrumen Penilaian

 A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.    Massa Atom relatif (Ar) unsur z merupakan…

a. massa unsur Z x massa atom d. massa unsur Z :  massa atom
b.  massa unsur Z : massa atom e.  massa unsur Z +  massa atom
c.  massa unsur Z x  massa atom

2.    Jika diketahui Ar H = 1, O = 16, S = 32, maka senyawa berikut yang memiliki Mr tertinggi adalah…

a. H2O             b. H2O2                       c. H3O             d. H2SO4            e. H2S

3.    Sebanyak 49 gram H2SO4 setara dengan…

a. 0,5 mol H2SO4 d. 2,5 mol H2SO4
b.  1 mol H2SO4 e.  5 mol H2SO4
c.  2 mol H2SO4

4.    Dalam 36 gram H2O terdapat…partikel

a. 3,01 x 1023 d. 6,02 x 1024
b.  6,02 x 1023 e.  12,04 x 1024
c.  12,04 x 1023

Jawaban : 1d, 2d, 3a, 4c

 

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Apa yang dimaksud dengan Ar dan Mr ?

2.    Tentukan harga Mr masing-masng senyawa berikut :

a. H2O                                     b. CaCO3

( Ar H = 1, O = 16, Ca = 40, C = 12 )

3.    Apa yang dimaksud dengan konsep mol ?

4.    Jelaskan konsep mol yang brkaitan dengan bilangan avogadro !

Kunci jawaban

1.    Ar adalah perbandingan massa rata-rata satu atom unsur terhadap 1/12 massa atom C-12. Mr adalah perbandingan massa rata-rata satu molekul unsur terhadap 1/12 massa atom C-12.

2.    a. H2O = (2 x Ar H) + (1 x Ar O) = (2 x 1) + (1 X 16) = 2 + 16 = 18 sma

b. CaCO3 = (1 x Ar Ca) + (1 x Ar C) + (3 x Ar O) = (1 x 40) + (1 x 12) + (3 x 16)    = 40 + 12 + 48 = 100 sma

3.   Konsep mol adalah suatu konsep dimana dalam ilmu kimia satuan jumlah zat disebut mol

4.   Konsep mol adalah kumpulan partikel (atom atau molekul atau ion) yang dibandingkan dengan 1/12 massa isotop 12C atau yang mengandung partikel sebanyak 6,02 x 1023 partikel atau biasa disebut bilangan Avogadro

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : X / Genap

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 8, 9, 10

Alokasi                              : 6 jam x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami konsep mol

Kompetensi Dasar            : Menerapkan hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro

Indikator                            :

  1. Definisi Hukum Gay Lussac dideskripsikan dengan benar.
  2. Definisi Hukum Avogadro dideskripsikan dengan benar.
  3. Penggabungan Hukum Boyle, Hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro menjadi persamaan gas ideal dideskripsikan dengan benar.

 I.   Tujuan Pembelajaran   :

  1. Siswa dapat menndefinisikan Hukum Gay Lussac dengan benar.
  2. Siswa dapat mendefinisikan Hukum Avogadro dengan benar.
  3. Siswa dapat menjelaskan penggabungan Hukum Boyle, Hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro menjadi persamaan gas ideal dengan benar.

 II.   Materi Ajar                  : Hukum Gay Lussac dan Hukum Avogadro

III.   Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah
  2. Wawancara
  3. Penugasan

 IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 8

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

  1. Mengabsen siswa
  2. Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah
5 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Tanya jawab
B. Kegiatan Inti

  1. Diskusi dan informasi tentang cara menghitung volume gas yang bereaksi  atau volume gas hasil reaksi  berdasarkan hukum Gay Lussac
  2. Mengkorelasikan hubungan  antara volume gas  dengan jumlah partikelnya pada keadaan yang sama.
  3. Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal
  4. Pembahasan hasil pekerjaan siswa
65 Menit 1. Ceramah2. Diskusi3. Penugasan4. Presentasi
C. Kegiatan Akhir

  1. Menyimpulkan materi tentang penerapan hukum Gay Lussac
  2. Pemberian tugas latihan di rumah
10 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Penugasan

     Pertemuan 9

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

  1. Mengabsen siswa
  2. Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah
5 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Tanya jawab
B. Kegiatan Inti

  1. Menurunkan persamaan gas ideal dari Hukum Boyle, Hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro.
  2. Latihan menentukan tekanan, volume, dan temperatur suatu gas berdasarkan persamaan gas ideal.
  3. Latihan menentukan volume atau jumlah reaktan dan produk dari suatu reaksi dengan menerapkan persamaan reaksi, konsep mol, Hukum Boyle, Hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro.
25 Menit20 Menit20 Menit  1. Ceramah2. Diskusi3. Penugasan4. Presentasi
C. Kegiatan Akhir

  1. Menyimpulkan materi tentang Hukum Gay Lussac dan Hukum Avogadro.
  2. Pemberian tugas latihan di rumah
10 Menit5 Menit 1. Ceramah2. Penugasan

  Pertemuan 10

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa2.    Persiapan Ulangan Harian (Uji Kompetensi ) 5 Menit5 Menit
B. Kegiatan Inti1.    Uji Kompertensi (Memahami Konsep Mol) 75Menit 1. Tes tertulis
C. Kegiatan Akhir1.    Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya 5 Menit

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

  1. Lembar Kerja Siswa
  2. Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
  3.  Buku referensi yang relevan

 VI. Penilaian    :      

  1. Pengamatan
  2. Tanya Jawab
  3. Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 WanayasaDrs, KeriyantoNIP. 19580909 198403 1 008 Guru Mata Diklat KimiaM. Ngabdul Jalil, S.SiNIP 19790121 201001 1 014

………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Instrumen Penilaian

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.    Perhatikan reaksi berikut;

Berapakah volume gas Hidrogen yang diperlukan untuk menghasilkan 2 L uap air (H2O(g))?

a. 0,5 L               b. 1 L               c. 2 L               d. 2,5 L                        e. 5 L

2.    Jika pada suhu dan tekanan tertentu 2 mol gas CO2 volumenya 6 liter, maka volume 1 mol gas O2 pada suhu dan tekanan yang sama adalah…

a. 2 L                  b. 3 L               c. 4 L               d. 1 L                           e. 6 L

3.    Volume 2 mol gas CO2  jika diukur pada suhu 2270C dan tekanan 0,5 atm adalah…(R = 0,082 L. atm/mol0K )

a. 41 L                b. 82 L             c. 164 L           d. 16,4 L                      e. 8,2 L

 

Jawaban : 1c, 2b, 3e

 

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Bagaimana bunyi hukum gay lussac ?

2.    Bagaiana bunyi hukum avogadro ?

3.    Tuliskan persamaan gas ideal menurut penggabungan hukum gay lussac, hukum avogadro dan hukum boyle !

Kunci jawaban

  1. Hukum gay lussac : Pada suhu dan tekanan yang sama volume gas-gas yang bereaksi dan volume gas hasil reaksi akan berbanding sebagai blangan bulat dan sederhana
  2. Hukum avogadro : pada suhu dan tekanan yang sama gas-gas yang volumenya sama mengandung jumlah molekul yang sama
  3. Persamaan gas ideal  :   p V  = n R T   ;        p = tekanan (atm)

V = volume (liter)

n = mol gas

R = tetapan gas=0,082 L.atm/molK

T = suhu (K)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ingat!!!

Author

Mari Berilmu Amaliah & Beramal Ilmiah!

%d blogger menyukai ini: