11. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

 

Kompetensi Dasar

:

:

:

:

:

:

 

:

SMK N 1 Wanayasa

KIMIA

XII/5 (lima)

11, 12, 13 dan 14

8 jp

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Menentukan laju reaksi dan orde reaksi

Indikator :  
1.    Definisi laju reaksi sebagai perubahan konsentrasi reaktan atau produk terhadap perubahan waktu dideskripsikan dengan benar.

2.    Pengertian tetapan laju reaksi sebagai perbandingan laju reaksi terhadap perubahan konsentrasi reaktan dideskripsikan dengan benar.

3.    Hukum laju reaksi sebagai hubungan antara laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan konsentrasi yang dipangkatkan dengan bilangan eskponensial yang disebut orde reaksi ( v= k [X]­a[Y]b) dideskripsikan dengan benar.

4.    Penentuan orde dan tetapan laju reaksi berdasarkan data konsentrasi reaktan dan laju reaksi dijelaskan dengan benar.

5.    Orde reaksi ditunjukkan dengan melihat bentuk grafik laju reaksi terhadap konsentrasi.

 

I. Tujuan Pembelajaran :  
1.    Siswa dapat mendeskripsikan dengan benar Definisi laju reaksi sebagai perubahan konsentrasi reaktan atau produk terhadap perubahan waktu.

2.    Siswa dapat mendeskripsikan dengan benar pengertian tetapan laju reaksi sebagai perbandingan laju reaksi terhadap perubahan konsentrasi reaktan.

3.    Siswa dapat mendeskripsikan dengan benar Hukum laju reaksi sebagai hubungan antara laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan konsentrasi yang dipangkatkan dengan bilangan eskponensial yang disebut orde reaksi ( v= k [X]­a[Y]b).

4.    Siswa dapat menentukan orde dan tetapan laju reaksi berdasarkan data konsentrasi reaktan dan laju reaksi.

5.    Siswa dapat menunjukkan Orde reaksi dengan melihat bentuk grafik laju reaksi terhadap konsentrasi.

 

II. Materi Pembelajaran : Laju Reaksi

 

III. Metode Pembelajaran : 1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Presentasi

4.    Penugasan

 

IV. Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 11

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan laju reaksi

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1. Diskusi dan informasi tentang pengertian laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan hukum laju reaksi

2. Siswa dibentuk kelompok kemudian diberi soal untuk mendiskusikan materi yang meliputi Laju reaksi, tetapan laju reaksi,hokum laju reaksi,orde reaksi

3. masing-masing kelompok hasilnya dipresentasikan.

 

15 Menit

 

25 Menit

 

 

25 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1. Menyimpulkan materi tentang lajureaksi

2. Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

    

     Pertemuan 12

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

15 Menit

 

1. Diskusi

2. Presentasi

B. Kegiatan Inti

1.  Menganalisis data konsentrasi dan laju untuk menentukan orde dan tetapan laju reaksi.

2.  Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan cara menentukan orde dan tetapan laju reaksi

3.  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya, guru melakukan penilaian

 

20 Menit

 

20 Menit

 

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1. Menyimpulkan materi tentang lajureaksi

2. Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

 

     Pertemuan 13

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Diskusi

2. Presentasi

B. Kegiatan Inti

1.  Membuat grafik dari data konsentrasi dan laju reaksi.

2.  Siswa diberi tugas latihan membuat grafik dari data konsentrasi dan laju reaksi.

3.  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya

 

20 Menit

20 Menit

 

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1. Menyimpulkan materi tentang cara membuat grafik dari data konsentrasi dan laju reaksi

2. Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

 

     Pertemuan 14

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

15 Menit

 

1. Diskusi

2. Presentasi

B. Kegiatan Inti

1.  Siswa diberi tugas mengerjakan soal atihan menghitung laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan orde reaksi berdasarkan data-data yang diberikan.

2.  Pembahasan hasil pekerjaan

 

45 Menit

 

 

20 Menit

 

1. Penugasan

2. Diskusi

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi pelajaran laju reaksi secara keseluruhan

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 menit

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

 

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.                    Buku kimia untuk smk

2.                    Buku kimia untuk sma

3.                    Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian :

1.                                Pengamatan

2.                                Tanya Jawab

3.                                Tes tertulis (terlampir)

 

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian

Soal tes tertulis

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

  1. Ungkapkan laju reaksi dari reaksi – reaksi di bawah ini, dinyatakan dengan berkurangnya pereaksi dan terbentuknya produk

 

Jawab:

 

2. Pada reaksi : , diperoleh hasil percobaan sebagai          berikut:

Percobaan

[A] (M)

[B] (M)

[C] (M)

Laju  (M.s-1)

1

0,1

0,1

0,2

3

2

0,1

0,1

0,6

9

3

0,2

0,1

0,2

12

4

0,2

0,6

0,2

12

Tentukan:

a)     Orde reaksi

b)    Persamaan laju reaksi

c)     Tetapan laju reaksi (k)

d)    Laju reaksi jika [A] = 0,5 M , [B] = 0,5 M dan [C] = 0,5 M.

 

Jawab:

Persamaan laju sementara:

a)     Orde reaksi

Orde reaksi terhadap [A] = x , untuk mencari harga x kita ambil data dimana harga [B] dan [C], tidak berubah, yaitu percobaan 1 dan 3,

 

 

Orde reaksi terhadap [B] = y, ambil data dimana harga [A] dan [C] tetap, yaitu data percobaan 3 dan 4

 

 

Orde reaksi terhadap [C] = z, ambil data dimana harga [A] dan [B] tetap, yaitu data percobaan 1 dan 2

 

0rde reaksi total = x + y + z = 2 + 0 + 1 = 3

b)    Persamaan laju reaksi

 

c)     Tetapan laju reaksi (k)

Untuk mencari k, masukan data salah satu percobaan di atas, missal data 1.

 

d)    Laju reaksi jika [A] = 0,5 M , [B] = 0,5 M dan [C] = 0,5 M.

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

 

Kompetensi Dasar

:

:

:

:

:

:

 

:

SMK N 1 Wanayasa

KIMIA

XII/5 (lima)

15, 16 dan 17

6 jp

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Indikator :  
1.    Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi ditunjukkan melalui percobaan.

2.    Pengaruh berbagai faktor, di antaranya perubahan konsentrasi, katalis, luas permukaan, dan temperatur terhadap laju reaksi dijelaskan dengan benar.

 

I. Tujuan Pembelajaran :  
1.    Siswa dapat menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan.

2.    Siswa dapat menjelaskan dengan benar pengaruh berbagai faktor, di antaranya perubahan konsentrasi, katalis, luas permukaan, dan temperatur terhadap laju reaksi.

 

II. Materi Pembelajaran : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

 

III. Metode Pembelajaran : 1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Praktikum

4.    Presentasi

5.    Penugasan

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 15

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mmberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan faktor- faktor yang mempengaruhi laju reaksi

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

2.    Membuat laporan hasil percobaan.

 

45 menit

 

20 menit

 

1. Praktikum

2. Pelaporan

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang faktor- faktor yang mempengaruhi lajureaksi

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

      Pertemuan 16

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang pengaruh berbagai faktor terhadap laju reaksi.

2.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan

3.    Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan

 

20 menit

 

20 menit

20 menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang faktor- faktor yang mempengaruhi laju reaksi

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

      Pertemuan 17

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Persiapan ulangan harian (uji kompetensi)

 

5 Menit

5 Menit

 
B. Kegiatan Inti

1. siswa mengerjakan soal – soal Ujian kompetensi (Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi)

 

75 Menit

 

Tes tertulis

C. Kegiatan Akhir

1. siswa mengumpulkan hasil pekerjaan

 

5 Menit

 

 

V.    Alat/ Bahan/ Sumber  Belajar

1.                    Buku kimia untuk smk

2.                    Buku kimia untuk sma

3.                    Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian :

1.                    Pengamatan

2.                    Tanya Jawab

3.                    Tes tertulis (soal test terlampir)

 

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

Lembar Kerja Siswa

A.   Praktikum

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi laju Reaksi

 

Alat dan Bahan yang diperlukan:

 

  1. Labu ukur 250 mL
  2. Stopwatch
  3. Gelas kimia 100 mL
  4. Gelas ukur 50 mL
  5. Pengaduk
  6. Mortar dan alu
  7. Pipet tetes
  8. Tabung reaksi + rak
  9. Penjepit
  10. HCl 4M, 3M, 2M, dan 1 M
  11. Butiran Zn
  12. Na2S2O3 1 M dan 0,15 M
  13. KI padat
  14. HgCl2 padat
  15. CaCO3 (marmer)
  16. H2C2O4 0,05M
  17. KMnO4 0,01M
  18. H2SO4 0,5M
  19. Balon


 

Cara Kerja:

Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi

  1. Tuangkan ke dalam masing-masing gelas kimia yang ditandai A,B,C, dan D mL natrium tiosulfat 1 M
  2. Ke dalam B, C, dan D tambahkan berturut-turut 10 mL, 15 mL dan 25 mL air suling dan guncangkan gelas kimia itu agar terjadi pencampuran yang sempurna.
  3. Untuk gelas kimia A tambahkan 5 mL asam klorida 5 M dan kocok.
  4. Jalankan stopwatch tepat pada saat larutan asam klorida dituangkan  dan hentikan stopwatch itu tepat pada saat kekeruhan timbul.
  5. Lakukan hal yang sama dengan gelas kimia B, C dan D.
  6. Bandingkan kecepatan pembentukan endapan belerang dan jelaskan hasil-hasil yang dicapai. Catat semua hasil percobaan.

 

Pengaruh Luas permukaan Sentuhan Terhadap Laju Reaksi

  1. isi balon dengan 2 gram marmer butiran dan pasang balon pada labu yang sebelumnya telah diisi dengan 10 mL asam klorida 1 M. Reaksi akan terjadi saat marmer jatuh ke dalam asam klorida.
  2. Ukur waktu yang diperlukan saat balon tersebut terisi dengan gas karbon dioksida
  3. Lakukan hal yang sama dengan marmer yang telah digerus halus.
  4. Bandingkan hasil-hasil pengukuran waktu yang diperoleh dan jelaskan hasil pengamatan Anda serta tuliskan reaksi yang terjadi.

 

Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi

Reaksi antara Kalium Permanganat dan Asam Oksalat

  1. Encerkan 10 tetes larutan asam oksalat dengan air hingga menjadi 5  mL (larutan A). Lakukan hal yang sama dengan larutan kalium permanganat (larutan B).
  2. dalam suatu tabung reaksi, tuangkan 2 tetes larutan A, 2 tetes larutan asam sulfat 0,5 M dan 1 tetes larutan B. Jalankan stopwatch ketika tetes akhir ini ditambahkan. Ukur waktu yang diperlukan sampai warna larutan hilang.
  3. panaskan tabung reaksi yang berisi 2 tetes larutan A dan 2 tetes larutan asam sulfat 0,5 M dalam air mendidih selama 10 detik. Kemudian tambahkan 1 tetes larutan B dan catat waktu yang diperlukan sampai warna larutan hilang.
  4. Tuliskan reaksi yang terjadi dan jelaskan hasil pengamatan yang Anda peroleh.

Reaksi antara Natrium Tiosulfat dan Asam Klorida

  1. Buat tanda hitam pada sehelai kertas putih dan tempatkan tabung reaksi di atas tanda tersebut.
  2. Ke dalam tabung reaksi tersebut masukkan 2 tetes larutan natrium tiosulfat 0,15 M dan 2 tetes larutan asam klorida 3 M. Ukur waktu yang diperlukan untuk mengaburkan tanda hitam tersebut.
  3. Pada tabung reaksi masukkan 2 tetes larutan natrium tiosulfat dan panaskan tabung dalam air mendidih selama 10 detik. Kemudian letakkan di atas tanda hitam tadi dan tambahkan 2 tetes asam klorida, catat waktu yang diperlukan untuk mengaburkan tanda hitam tersebut.
  4. Catat semua hasil yang diperoleh dan jelaskan.

 

Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi

  1. Ambil 10 tetes larutan KMnO4 dan encerkan dengan air sampai volume 10 mL.
  2. Siapkan tabung reaksi dan masukkan larutan berikut: 2 tetes asam oksalat + 2 tetes asam sulfat + 1 tetes larutan encer kalium permanganat.
  3. Jalankan stopwatch tepat saat penambahan kalium permanganat dan hentikan pada saat warna kalium permanganat hilang. Catat waktu yang diperlukan!
  4. Lanjutkan penambahan tetesan larutan encer kalium permanganat sampai warna permanganat menghilang segera.
  5. Ke dalam tabung reaksi yang lain, masukkan berturut-turut: 2 tetes asam oksalat + 2 tetes asam sulfat + 1 teets mangan (II) sulfat + 1 tetes larutan encer kalium permanganat sampai warna permanganat hilang.

 

Analisis dan Simpulan:

  1. Buatlah reaksi-reaksi yang terjadi pada masing-masing percobaan.
  2. Identifikasi variabel-variabel percobaan (variabel manipulasi, variable respon dan variabel kontrol) pada masing-masing percobaan.
  3. Buatlah simpulan pada masing-masing percobaan yang telah Anda lakukan.

 

B. Soal Test Tertulis

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.     Pernyataan berikut yang tidak benar adalah…

a.     reaksi endoterm memiliki energi aktivasi yang lebih tinggi dari reaksi eksoterm

b.    tetapan laju reaksi tidak tergantung pada konsentrasi

c.     orde reaksi bertambah apabila suhu dinaikan

d.    katalis menurunkan energi aktivasi

e.     tetapan laju reaksi hanya dipengaruhi oleh suhu

2.     Laju reaksi dapat ditingkatkan dengan cara sebagai berikut, kecuali…

a.     memperbesar partikel pereaksi yang berupa zat padat

b.    memperbesar konsentrasi

c.     memperbesar tekanan

d.    menambah katalis

e.     manaikan suhu

3.     Perhatikan reaksi antara logam seng dengan larutan HCl berikut!,. Reaksi yang paling cepat berlangsung adalah…

a.     Reaksi 1; Serbuk Zn + 0,2 M HCl pada suhu 300C

b.     Reaksi 2; Keping Zn + 0,2 M HCl pada suhu 300C

c.     Reaksi 3; Serbuk Zn + 0,5 M HCl pada suhu 500C

d.     Reaksi 4 ;Keping Zn + 0,5 M HCl pada suhu 500C

e.     Reaksi 5 ;Serbuk Zn + 0,5 M HCl pada suhu 300C

 

Jawab: 1e, 2a, 3c

 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1. Sebutkan serta jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi!

   

     Jawab

     Faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah:

1.  Luas permukaan,makin luas luas permukaan suatu zat,laju reaksi makin cepat

2.  Suhu,makin tinggi suhu suatu reaksi , laju reaksi berlangsung lebih cepat

3.  Katalis,katalis tidak ikut bereaksi,hanya mempengaruhi laju reaksi

Tinggalkan komentar

Search