RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan Ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar |
:
: : : : : : |
SMK N 1 Wanayasa
KIMIA XII/ 6 (Enam) 12 dan 13 4 jp Melakukan pemisahan dan analisis Memisahkan zat dari campuran |
Indikator | : | 1. Menjelaskan Pengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen
2. Mendiskripsikan cara-cara pemisahan campuran 3. Mempraktikkan teknik pemisahan campuran |
I. Tujuan Pembelajaran | : | 1. Siswa dapat mengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen
2. Siswa dapat Mendiskripsikan cara-cara pemisahan campuran 3. Siswa dapat Mempraktikkan teknik pemisahan campuran |
II. Materi Pembelajaran | : | Pemisahan Campuran |
III. Metode Pembelajaran | : | 1. Ceramah
2. Diskusi 3. Praktikum 4. Presentasi 5. Penugasan |
III. Langkah- langkah Pembelajaran
Pertemuan 12
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU |
METODE |
A. Kegiatan awal
1. Mengabsen siswa 2. Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran pemisahan dan analisis 3. Persiapan percobaan (praktikum) |
5 Menit 10 Menit
5 menit |
1. Ceramah 2. Tanya jawab |
B. Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan untuk memisahkan berbagai jenis campuran dengan cara penyaringan, sublimasi, destilasi, kristalisasi, kromatografi. 2. Membuat laporan |
40 menit
20 menit |
1. Praktikum |
C. Kegiatan Akhir
1. Mereview hasil praktikum 2. Pemberian tugas latihan di rumah |
10 Menit 5 menit |
1. Ceramah 2.Penugasan |
Pertemuan 13
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU |
METODE |
A. Kegiatan awal
1. Mengabsen siswa 2. Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah |
5 Menit 10 Menit |
1. Ceramah 2. Tanya jawab |
B. Kegiatan Inti
1. Diskusi dan informasi tentang Pemisahan campuran 2. Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan 3. Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan |
20 menit
20 menit
20 menit |
1. Ceramah 2. Diskusi 3.Penugasan 4. Presentasi |
C. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi tentang mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan 2. Pemberian tugas latihan di rumah |
10 Menit
5 menit |
1. Ceramah 2.Penugasan |
V.Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1. Buku kimia untuk smk
2. Buku kimia untuk sma
3. Buku referensi yang relevan
VI. Penilaian :
1. Pengamatan
2. Tanya Jawab
3. Tes tertulis (soal test terlampir)
Wanayasa, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa
Drs, Keriyanto NIP. 19580909 198403 1 008 |
Guru Mata Diklat Kimia
M. Ngabdul Jalil, S.Si NIP. 19790121 201001 1 014 |
Instrumen Penilaian
Soal Test Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut dengar benar!
1. Kelompokkan ke dalam campuran homogen ataukah heterogen
a. udara
b. tanah
2. Sebutkan dan jelaskan cara-cara pemisahan berdasar pada apa?
Jawab
1. a. Udara : campuran homogen
b. tanah : campuran heterogen
2. a. Distilasi : berdasarkan perbedaan titik didih
b. Filtrasi : berdasarkan ukuran partikel
c. Kristalisasi : berdasarkan zat yang dapat mengkristal
d. Ekstraksi : berdasarkan perbedaan kelarutan zat dalam pelarut
e. Sublimasi : untuk zat yang dapat menyublim
f. Kromatografi : perbedaan kecepatan merambat
……………………………………………………………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan Ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar |
:
: : : : : : |
SMK N 1 Wanayasa
KIMIA XII/ 6 (Enam) 14, 15 dan 16 6 jp Melakukan pemisahan dan analisis Menentukan kadar suatu unsur/senyawa senyawa gravimetri, volumetri, dan teknik lainnya |
Indikator | : | 1. Mendiskripsikan penentukan kadar suatu unsur/senyawa dengan cara gravimetri dan volumetri
2. Menentukan kadar senyawa dengan cara gravimetri 3. Menentuan kadar senyawa dengan cara volumetri |
I. Tujuan Pembelajaran | : | 1. Siswa dapat menentukan kadar suatu unsur/senyawa dengan cara gravimetri dan volumetri
2. Siswa dapat Menentukan kadar senyawa dengan cara gravimetri 3. Siswa dapat Menentuan kadar senyawa dengan cara volumetri |
II. Materi Pembelajaran | : | Penentuan kadar suatu unsur / senyawa |
III. Metode Pembelajaran | : | 1. Ceramah
2. Diskusi 3. Praktikum 4. Presentasi 5. Penugasan |
IV. Langkah- langkah Pembelajaran
Pertemuan 14
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU |
METODE |
A. Kegiatan awal
1. Mengabsen siswa 2. Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah |
5 Menit 10 Menit |
1. Ceramah 2. Tanya jawab |
B. Kegiatan Inti
1. Diskusi dan informasi tentang pengertian gravimetri dan titrasi untuk menentukan kadar unsur / senyawa 2. Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan 3. Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan |
20 menit 20 menit 20 menit |
1. Ceramah 2. Diskusi 3.Penugasan 4. Presentasi |
C. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi tentang mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan 2. Pemberian tugas latihan di rumah |
10 Menit
5 menit |
1. Ceramah 2.Penugasan |
Pertemuan 15
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU |
METODE |
A. Kegiatan awal
1. Mengabsen siswa 2. Persiapan percobaan (praktikum) |
5 Menit 5 menit |
|
B. Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan gravimetri dan titrasi. 2. Membuat laporan |
40 menit 20 menit |
1. Praktikum |
C. Kegiatan Akhir
1. Mereview hasil praktikum 2. Pemberian tugas latihan di rumah |
10 Menit 5 menit |
1. Ceramah 2.Penugasan |
Pertemuan 16
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU |
METODE |
A. Kegiatan awal
1. Mengabsen siswa 2. Persiapan ulangan harian (uji kompetensi) |
5 Menit 5 Menit |
|
B. Kegiatan Inti
1. siswa mengerjakan soal – soal Ujian kompetensi (Melakukan pemisahan dan analisis) |
75 Menit |
Tes tertulis |
C. Kegiatan Akhir
1. siswa mengumpulkan hasil pekerjaan |
5 Menit |
V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
Buku kimia untuk smk
Buku kimia untuk sma
Buku referensi yang relevan
VI. Penilaian :
Pengamatan
Tanya Jawab
Tes tertulis (soal tes terlampir)
Wanayasa, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa
Drs, Keriyanto NIP. 19580909 198403 1 008 |
Guru Mata Diklat Kimia
M. Ngabdul Jalil, S.Si NIP. 19790121 201001 1 014 |
Instrumen Penilaian
Soal Test Tertulis
Jawablah pertanyanyan berikut dengan benar!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gravimetri!
2. Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan volumetri!
Jawab
1. Gravimetri merupakan cara analisis kuantitatif yang didasarkan pada pengukuran
masa atau penimbangan
2. Volumetri merupakan cara analisis kuantitatif dengan cara membuat larutan
Tinggalkan komentar