//
13. Melakukan pemisahan dan analisis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

:

:

:

:

:

:

:

SMK N 1 Wanayasa

KIMIA

XII/ 6 (Enam)

12 dan 13

4 jp

Melakukan pemisahan dan analisis

Memisahkan zat dari campuran

Indikator : 1.    Menjelaskan Pengelompokan campuran menjadi campuran  homogen dan heterogen

2.    Mendiskripsikan cara-cara pemisahan campuran

3.    Mempraktikkan teknik pemisahan campuran

I. Tujuan Pembelajaran : 1.    Siswa dapat mengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen

2.    Siswa dapat Mendiskripsikan cara-cara pemisahan campuran

3.    Siswa dapat Mempraktikkan teknik pemisahan campuran

II. Materi Pembelajaran : Pemisahan Campuran
III. Metode Pembelajaran : 1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Praktikum

4.    Presentasi

5.    Penugasan

 

III.   Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 12

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran pemisahan dan analisis

3.    Persiapan percobaan (praktikum)

 

5 Menit

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Melakukan percobaan untuk memisahkan berbagai jenis campuran dengan cara penyaringan, sublimasi, destilasi, kristalisasi, kromatografi.

2.    Membuat laporan

 

40 menit

 

20 menit

 

1. Praktikum

C. Kegiatan Akhir

1.    Mereview hasil praktikum

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

      Pertemuan 13

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

10 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang Pemisahan campuran

2.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan

3.    Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan

 

20 menit

 

20 menit

 

20 menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

V.Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku kimia untuk sma

3.    Buku referensi yang relevan

 

VI. Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

Instrumen Penilaian

 

Soal Test Tertulis

Jawablah pertanyaan berikut dengar benar!

1. Kelompokkan ke dalam campuran homogen ataukah heterogen

a. udara

b. tanah

2. Sebutkan dan jelaskan cara-cara pemisahan berdasar pada apa?

 

Jawab

1.  a. Udara : campuran homogen

b. tanah : campuran heterogen

2.  a. Distilasi : berdasarkan perbedaan titik didih

b. Filtrasi : berdasarkan ukuran partikel

c. Kristalisasi : berdasarkan zat yang dapat mengkristal

d. Ekstraksi : berdasarkan perbedaan kelarutan zat dalam pelarut

e. Sublimasi : untuk zat yang dapat menyublim

f. Kromatografi : perbedaan kecepatan merambat

……………………………………………………………….

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

:

:

:

:

:

:

:

SMK N 1 Wanayasa

KIMIA

XII/ 6 (Enam)

14, 15 dan 16

6 jp

Melakukan pemisahan dan analisis

Menentukan kadar suatu unsur/senyawa senyawa gravimetri, volumetri, dan teknik lainnya

Indikator : 1.    Mendiskripsikan penentukan kadar suatu unsur/senyawa dengan cara gravimetri dan  volumetri

2.    Menentukan kadar senyawa dengan cara gravimetri

3.    Menentuan kadar senyawa dengan cara volumetri

I. Tujuan Pembelajaran : 1.    Siswa dapat menentukan kadar suatu unsur/senyawa dengan cara gravimetri dan  volumetri

2.    Siswa dapat Menentukan kadar senyawa dengan cara gravimetri

3.    Siswa dapat Menentuan kadar senyawa dengan cara volumetri

II. Materi Pembelajaran : Penentuan kadar suatu unsur / senyawa
III. Metode Pembelajaran : 1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Praktikum

4.    Presentasi

5.    Penugasan

 

 

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 14

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

10 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang pengertian gravimetri dan titrasi untuk menentukan kadar unsur / senyawa

2.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan

3.    Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan

 

20 menit

20 menit

20 menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

     Pertemuan 15

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Persiapan percobaan (praktikum)

 

5 Menit

5 menit

 

 

B. Kegiatan Inti

1.    Melakukan percobaan gravimetri dan titrasi.

2.    Membuat laporan

 

40 menit

20 menit

 

1. Praktikum

C. Kegiatan Akhir

1.    Mereview hasil praktikum

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

      Pertemuan 16

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Persiapan ulangan harian (uji kompetensi)

 

5 Menit

5 Menit

 
B. Kegiatan Inti

1. siswa mengerjakan soal – soal Ujian kompetensi (Melakukan pemisahan dan analisis)

 

75 Menit

 

Tes tertulis

C. Kegiatan Akhir

1. siswa mengumpulkan hasil pekerjaan

 

5 Menit

 

V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

Buku kimia untuk smk

Buku kimia untuk sma

Buku referensi yang relevan

 

VI. Penilaian :

Pengamatan

Tanya Jawab

Tes tertulis (soal tes terlampir)

 

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

 

 

Instrumen Penilaian

 

Soal Test Tertulis

Jawablah pertanyanyan berikut dengan benar!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gravimetri!

2. Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan volumetri!

 

Jawab

1. Gravimetri merupakan cara analisis kuantitatif yang didasarkan pada pengukuran

masa atau penimbangan

2. Volumetri merupakan cara analisis kuantitatif dengan cara membuat larutan

 

 

Diskusi

One thought on “13. Melakukan pemisahan dan analisis

  1. terima kasih atas semangat juang yang telah dilimiki anak bangsa ini. semoga tidak mudah putus asa …

    Posted by luluk hadibyono | 9 Januari 2012, 6:35 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ingat!!!

Author

Mari Berilmu Amaliah & Beramal Ilmiah!

%d blogger menyukai ini: