//
09. Menentukan perubahan entalpi berdasarkan konsep termokimia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah                   : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan

Agribisnis Ternak Ruminansia

Mata Pelajaran                  : KIMIA

Kelas / Semester              : XI / 4 (empat)

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 9

Alokasi                              : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi         : Menentukan perubahan entalpi berdasarkan konsep

termokimia

Kompetensi Dasar            : Menjelaskan entalpi dan perubahan entalpi

Indikator                            :

1.    Pengetian sistem dan lngkungan didefinisikan dengan benar.

2.    Pengelompokan sistem ke dalam sistem tertutup, sistem terbuka dan sistem terisolasi dideskripsikan dengan benar.

3.    Pengelompokan reaksi kimia dikelompokkan menjadi reaksi eksoterm dan endoterm berdasarkan panas yang dihasilkannya dideskripsikan dengan benar.

4.    Pengertian entalpi (H) sebagai jumlah kalor yang masuk atau keluar dari sistem pada tekanan tetap dideskripsikan dengan benar.

5.    Pengertian perubahan entalpi (DH) dideskripsikan dengan benar

 

I. Tujuan Pembelajaran   :

1.    Siswa dapat Menjelaskan Pengetian sistem dan lngkungan

2.Siswa dapat Mengelompokan sistem ke dalam sistem  tertutup, sistem terbuka dan sistem terisolasi

3.Siswa dapat Megelompokan reaksi kimia dikelompokkan menjadi reaksi eksoterm dan endoterm berdasarkan panas yang dihasilkannya

4.Siswa dapat Menjelaskan pengertian entalpi (H) sebagai jumlah kalor yang masuk atau keluar dari sistem pada tekanan tetap

5.Siswa dapat Menjelaskan pengertian perubahan entalpi (DH)

 

II.    Materi Ajar                 :  Termokimia (Entalpi dan Perubahannya)

 

III. Metode Pembelajaran    : Ceramah, Diskusi, Presentasi, Penugasan

 

 

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 9

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan dengan kesetimbangan reaksi

 

5 Menit

5 Menit

 

1.Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang pengertian termokimia, sistem dan lingkungan melalui demonstrasi.

2.    Membedakan sistem tertutup, sistem terbuka, dan sistem terisolasi.

3.    Melakukan demonstrasi reaksi eksoterm dan endoterm.

4.    Diskusi dan informasi tentang entalpi dan perubahan entalpi.Mengelompokkan rekasi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan.

 

60 Menit

 

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

 

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang kesetimbangan  reaksi

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

15 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku referensi yang relevan

VI.  Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli  2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Siswa

 

A.   Tes Unjuk Kerja (Praktikum)

 

Reaksi eksoterm dan endoterm

Alat dan bahan

  1. Alat
  2. Tabung reaksi dan rak
  3. Gelas kimia 100 ml
  4. Spatula
  5. Pengaduk gelasa

 

  1. Bahan
  2. NaOH padat
  3. Urea
  4. Pita magnesium
  5. NH4Cl padat
  6. larutan HCl 3M
  7. Ba(OH)2.8H2O

 

Cara kerja:

  1. Masukkan kurang lebih 10 mL air ke dalam gelas kimia dan uji dengan kertas lakmus merah. Pegang gelas itu untuk merasakan suhunya.
  2. Tambahkan sebongkah CaO sebesar kelereng. Rasakan suhu dengan memegang gelas kimia. Uji larutan dengan kertas lakmus merah.
  3. Masukkan Ba(OH)2 . 8 H20 sebanyak 2 spatula ke dalam tabung reaksi. Lalu tambahkan NH4Cl sebanyak 2 spatula. Aduk Campuran itu kemudian tutuplah dengan gabus. Pegang tabung itu dan rasakan suhunya. Biarkan sebentar, buka tabung dan cium bau gas yang timbul.
  4. Campurkan serbuk belerang sebanyak 6 spatula dengan serbuk-serbuk besi sebanyak 2 spatula. Masukkan campuran itu ke dalam tabung reaksi. Panaskan tabung itu sampai campuran berpijar. Hentikan pemanasan, amati apa yang terjadi.
  5. Masukkan 3 spatula tembaga (II) karbonat ke dalam tabung reaksi.
  6. Panaskan tabung sampai mulai terjadi perubahan pada tembaga (II) karbonat. Hentikan pemanasan, amati apa yang terjadi dan catat pengamatan anda.

 

Hasil Pengamatan:

Buatlah tabel pengamatan anda pada setiap kali melakukan pengamatan

sesuai dengan cara kerja diatas.

 

Analisis data

  1. Gejala apakah yang menunjukkan bahwa reaksi kimia telah terjadi dari percobaan diatas?
  2. Bila hasil reaksi dibiarkan beberapa jam, apa yang anda harapkan terjadi dengan suhu campuran percobaan 1 dan 2.
  3. Bagaimanakah jumlah entalpi zat-zat hasil reaksi dibandingkan dengan jumlah energi zat pereaksi pada reaksi 1 sampai 4. jika diukur padasuhu dan tekanan yang sama?
  4. Gambar diagram energi untuk keempat reaksi diatas?

 

Menarik kesimpulan

Simpulkanlah pengertian reaksi eksoterm dan endoterm pada percobaan diatas.

 

 

 

B.   Tes Tertulis

A. Pilihlah Jawaban yang paling tepat!

1.    Dalam suatu tabung reaksi yang berisi air, dimasukan amonium nitrat (NH3NO3) padat, NH4NO3 melarut dan tabung reaksi terasa dingin di tangan. Dari pernyataan tersebut yang dimaksud dengan sistem adalah…

A. NH4NO3               saja                              B. Air saja                    C. NH4NO3 padat dan cair

D. Air dan tabung reaksi               E. Air, NH4NO3 dan tabung reaksi

2.    Suatu reaksi kimia disebut eksotermis, apabila terjadi perpindahan panas….

A.    dari sistem ke lingkungan

B.    dari lingkungan ke sistem

C.   dari lingkungan ke reaksi kimia

D.   dari reaksi kimia ke lingkungan

E.    tak dapat ditentukan, karena entalpi tak dapat diukur

Jawab : 1E, 2A

 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.  .Diketahui :

C6H12O6 + 6O2                   6CO2 + 6H2O   ∆H = -2820 kJ

C2H5OH + 3O2                 2CO2 + 3H2O     ∆H = -1380 Kj

Perubahan entalpi bagi reaksi fermentasi glukosa :

C6H12O6               2C2H5OH + 2CO2

adalah….

Jawab

Tetap        : C6H12O6 + 6O2                    6CO2 + 6H2O                    ∆H = -2820 kJ

Dibalik,x2: 4CO2 + 6H2O              2C2H5OH + 6O2          H = +2760 kJ +

C6H12O6                   2C2H5OH + 2CO2                               H = -60 kJ

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah                   : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan

Agribisnis Ternak Ruminansia

Mata Pelajaran                  : KIMIA

Kelas / Semester              : XI / 4 (empat)

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 10, 11,

Alokasi                              : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi         : Menentukan perubahan entalpi berdasarkan konsep termokimia

Kompetensi Dasar            : Menentukan perubahan entalpi reaksi

Indikator                            :

1.    Perubahan entalpi reaksi yang dihitung sebagai selisih entalpi produk dan reaktan dideskripsikan dengan benar.

2.    Besarnya perubahan entalpi reaksi melalui percobaan dilakukan dengan baik.

 I.  Tujuan Pembelajaran   :

1.    Siswa dapat Menjelaskan Perubahan entalpi reaksi yang  dihitung sebagai selisih entalpi produk dan reaktan

2.    Siswa dapat Menghitung besarnya perubahan entalpi reaksi

II.  Materi Ajar                   : Termokimia (Entalpi dan Perubahannya)

III.  Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Praktikum, Penugasan

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

Pertemuan 10

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Persiapan praktikum

 

5 Menit

5 Menit

 

1.Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Melakukan percobaan untuk menentukan entalpi reaksi netralisasi.

2.    Melakukan percobaan untuk menentukan kalor pembakaran bahan bakar.

3.    Membuat laporan.

4.    Review.

 

60 Menit

 

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang konsentrasi larutan

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

15 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

  

      Pertemuan 11

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1.Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang Perubahan entalpi reaksi yang  dihitung sebagai selisih entalpi produk dan reaktan

2.    Siswa diberi tugas Menghitung besarnya perubahan entalpi reaksi

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

60 Menit

 

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang Perubahan entalpi reaksi

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

15 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku referensi yang relevan

3.    Alat dan Bahan Praktek

 

VI.  Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

 

Wanayasa,  Juli  2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian

 

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.    Pada reaksi N2 + O2 → 2 NO      ∆H = +180,8 kJ/mol,

maka 0,5 mol gas NO mempunyai entalpi sebesar …

A. –90,4 kJ/mol                 B. +90,4 kJ/mol

C. –45,4 kJ/mol                D. +45,2 kJ/mol                      E. +45,4 kJ/mol

2.    Berapa kalor yang dilepaskan atau diserap oleh reaksi antara:

CuO(s) + H2(g) → Cu(s) + H2O{g),

jika ΔHf CuO(s) = -155,08 kJ dan ΔHf H2O = -241,6 kJ.

A. + 396,68 Id                   B. + 86,52 kJ

C. – 86,52 kJ                    D. – 396,68 kJ                                    E. – 397,4 kJ

 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1.Diketahui :

C6H12O6 + 6O2                      6CO2 + 6H2O ∆H = -2820 kJ

C2H5OH + 3O2                  2CO2 + 3H2O    ∆H = -1380 Kj

Perubahan entalpi bagi reaksi fermentasi glukosa :

C6H12O6                 2C2H5OH + 2CO2

adalah….

 

Jawab:

Soal A : 1A, 2C

Soal B :

Tetap        : C6H12O6 + 6O2                   6CO2 + 6H2O                    ∆H = -2820 kJ

Dibalik,x2: 4CO2 + 6H2O                2C2H5OH + 6O2       H = +2760 kJ +

  C6H12O6          2C2H5OH + 2CO2                     H = -60 k
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah                   : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan

Agribisnis Ternak Ruminansia

Mata Pelajaran                  : KIMIA

Kelas / Semester              : XI / 4 (empat)

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 12, 13

Alokasi                              :  4 x 45 menit

Standar Kompetensi         : Menentukan perubahan entalpi berdasarkan konsep

termokimia

Kompetensi Dasar            : Menentukan kalor pembakaran berbagai bahan bakar

IIndikator                           :

1.    Pengetian kalor pembakaran sebagai kalor yang dilepaskan jika 1 mol bahan bakar dibakar dideskripsikan dengan benar.

2.    Kalor pembakaran berbagai bahan bakar melalui percobaan dilakukan dengan benar.

I.Tujuan Pembelajaran   :

1.    Siswa dapat Menjelaskan Pengetian kalor pembakaran sebagai kalor yang dilepaskan jika 1 mol bahan bakar dibakar

2.    Siswa dapat Membuktikan kalor pembakaran berbagai bahan bakar melalui percobaan

II.   Materi Ajar                 : Pengertian kalor pembakaran

III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Presentasi, Penugasan

IV. Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 12

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1.Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang Pengetian kalor pembakaran

2.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

60 Menit

 

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang Pengetian kalor pembakaran

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

15 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

    Pertemuan 13

URAIAN KEGIATAN WAKTU METODE
A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Persiapan Ulangan Harian (Uji Kompetensi 3)

 

5 Menit

5 Menit

 

 

B. Kegiatan Inti

1.    Uji Kompertensi  (Memahami konsep larutan elektrolit dan elektrokimia)

 

75 Menit

 

 

1. Tes tertulis

C. Kegiatan Akhir

1.    Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya

 

5 Menit

 

 

 

V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku referensi yang relevan

VI. Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

 

Wanayasa,  Juli  2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian

 

A. Pilihlah Jawaban yang paling tepat!

1. Diketahui data:

Δ Hf° CS2 = + 88 kj/mol

Δ Hf° CO2 = – 394 kj/mol

Δ Hf° SO2 = – 297 kj/mol

Reaksi pembakaran

CS2 + 3O2 → CO2 + 2SO2

Maka kalor reaksi tersebut adalah …

A. – 1760 kj

B. – 1076 kj

C. – 691 kj

D. – 306 kj

E. – 209 kj

2. Perhatikan reaksi berikut:

+ X kJ

Maka besarnya entalpi pembakaran 1 mol gas Co adalah…

A. +X kJ                B. –X kJ                      c. -1/2 X kJ                 d. -2X kJ         E. +2X kJ

 

Jawab ; 1A, 2A

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan

1.    Satu zat x memiliki kalor pembakaran sebesar y kkal,sedangkan zat p memiliki kolor pembakaran sebesar 2y kkal,jika pada kondisi yang sama,dari kedua zat diatas manakah yang lebih mudah terbakar?

 

Jawab:

Zat yang lebih mudah terbakar adalah zat x,karena memiliki kalor pembakaran yang lebih sedikit

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ingat!!!

Author

Mari Berilmu Amaliah & Beramal Ilmiah!

%d blogger menyukai ini: