08. Memahami konsep kesetimbangan reaksi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                   : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan

Agribisnis Ternak Ruminansia

Mata Pelajaran                  : KIMIA

Kelas / Semester              : XI / 4 (empat)

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 1

Alokasi                              :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami konsep kesetimbangan reaksi

Kompetensi Dasar            : Menguasai reaksi kesetimbangan

Indikator                            :

1.    Pengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan dijelaskan dengan benar.

2.    Kesetimbangan kimia sebagai kondisi yang dicapai suatu reaksi jika laju reaksi dalam dua arah yang berlawanan adalah sama, dan konsentrasi reaktan serta produk tetap dideskripsikan dengan benar.

I.   Tujuan Pembelajaran      :

1.    Siswa dapat  mengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan

2.    Siswa dapat Menjelaskan Kesetimbangan kimia sebagai kondisi yang dicapai suatu reaksi jika laju reaksi dalam dua  arah yang berlawanan adalah sama, dan konsentrasi reaktan serta produk tetap

II.   Materi Ajar                 : Kesetimbangan reaksi

III.  Metode Pembelajaran  : Ceramah, Diskusi, Praktikum, Presentasi, Penugasan

 IV.   Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 1

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal1.  Mengabsen siswa

2.  Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan dengan kesetimbangan reaksi

5 Menit

5 Menit

1.Tanya jawab
B. Kegiatan Inti1.  Mengamati dan menyimpulkan reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan.

2.  Mengelompokkan rekasi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan.

3.  Membuat laporan hasil percobaan.

4.  Review

60 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

 

C. Kegiatan Akhir1.  Menyimpulkan materi tentang kesetimbangan  reaksi

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

15 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

 V.   Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku referensi yang relevan

3.    Alat dan bahan Praktek

VI.  Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli  2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian

 

1. Pada reaksi 2 SO2(g) + O2(g) ↔ 2SO2(g) disebut setimbang jika …

A. reaksi sudah berhenti

B. jumlah mol SO2 dan O2 sama dengan mol SO3

C. konsentrasi masing-masing sama

D. kecepatan pembentukan SO2 dan SO3 sama

E. kecepatan pembentukan dan penguraian SO3 sama

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

 

1.    Di bawah ini kelompokkan ke dalam reaksi kesetimbangan ataukah reaksi

Satu arah .

a.    Kertas dibakar

b.    Air menguap

c.    Pembakaran tidak sempurna pada karbon monoksida

Jawab R X kesetimbangan b. Air menguap & c

2.     Jelaskan apa yang dimaksud kesetimbangan kimia!

Jawab : jika laju membentuk produk = laju membentuk reaktan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                   : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan

Agribisnis Ternak Ruminansia

Mata Pelajaran                  : KIMIA

Kelas / Semester              : XI / 4 (empat)

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 2, 3

Alokasi                              : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami konsep kesetimbangan reaksi

Kompetensi Dasar            : Menguasai faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran

kesetimbangan

Indikator                            :

  1. Terjadinya perubahan atau pergeseran kesetimbangan sebagai akibat adanya aksi pada reaksi kesetimbangan (asas Le Chatelier) yang cenderung akan mengurangi aksi tersebut dideskripsikan dengan benar.
  2. Pengaruh berbagai faktor, di antaranya perubahan konsentrasi, volume, dan tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan dideskripsikan dengan benar.

3.    Pengaruh perubahan temperatur terhadap nilai tetapan kesetimbangan dijelaskan dengan benar.

 I.   Tujuan Pembelajaran  :

1.    Siswa dapat menjelaskan Terjadinya perubahan atau  pergeseran kesetimbangan sebagai akibat adanya aksi pada kesetimbangan (asas Le Chatelier) yang cenderung akan mengurangi aksi tersebut

  1. Siswa dapat menjelaskan pengaruh beberapa faktor terhadap kesetimbangan

3.    Siswa dapat menjelaskan Pengaruh perubahan temperatur terhadap nilai tetapan kesetimbangan

II.  Materi Ajar                     : Faktor – faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi

III    Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Praktikum, Penugasan

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 2

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit

5 Menit

1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.  Diskusi dan informasi tentang penjelaskan prinsip asas Le Chatelier melalui contoh-contoh

2.  Berlatih menentukan pergeseran kesetimbangan setelah terjadinya reaksi.

3.  Menghubungkan perubahan tetapan klesetimbangan dengan temperatur berdasarkan analisis datanya.

60 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3.PenugasanC. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang konsentrasi larutan

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

15 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

     Pertemuan 3

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Persiapan praktikum

5 Menit

5 Menit

1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.  Mengamati reaksi kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

2.  Membuat laporan hasil percobaan.

3.  Review

60 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang faktor – faktor yang mempengaruhi kesetimbangan  reaksi

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

15 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku kimia untuk sma

3.    Buku referensi yang relevan

4.    Alat dan bahan Praktek

VI.  Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli  2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

Lembar Kerja Siswa

A.   Tes Unjuk Kerja

Menyelidiki Faktor-faktor yang mempengaruhi Kesetimbangan reaksi

  1.     I.   Tujuan     : Pengaruh penambahan konsentrasi terhadap pergeseran kesetimbangan
  2.    II.   Alat dan Bahan

a)    Alat

  1. 1 gelas kimia
  2. 5 tabung reaksi (diameter sama)
  3. Pengaduk gelas

b)    Bahan

  1. Larutan KSCN 1 M
  2. Larutan FeCl3 1 M
  3. Larutan NaOH
  4. aquades
  1.     III.       Cara Kerja
  2. Ke dalam 20 ml aquades ditambahkan larutan KSCN dan FeCl3 masing-masing 2 tetes, kemudian diaduk dan dibagi 4, masukkan masing-masing ke dalam 5 tabung reaksi
  3. Masukkan berturut-turut ke dalam tabung 1, 2, 3, 4 masing-masing 1 tets KSCN ke tabung 1, 1 tetes FeCl3 ke tabung 2, 1 tetes NaOH ke tabung 3 dan 4 ml aquades ke tabung 4, tabung 5 untuk pembanding.
  4. Bandingkan warna larutan pada tabung 1, 2, 3 dan 4 dengan tabung 5 (melihatnya dari atas ke bawah)
  1.     IV.       Pengamatan

Tabung Nomor

Pengamatan

Lebih tua/ muda/tetap

1

Warna tabung 1 dibanding tabung 5

2

Warna tabung 2 dibanding tabung 5

3

Warna tabung 3 dibanding tabung 5

4

Warna tabung 4 dibanding tabung 5

  1.   V.   Pertanyaan

1). Reaksi kesetimbangan:

Fe3+(aq)          +          SCN(aq)           FeSCN2+(aq)

Kuning orange             tak berwarna               merah muda

2). Jelaskan bagaimana kesetimbangan bergeser pada:

  1. penambahan SCN (tabung 1)
  2. penambahan Fe3+ (tabung 2)
  3. Penambahan OH yang akan mengikat Fe3+ membentuk endapan Fe(OH)3 (tabung 3)
  4. Penambahan air (tabung 4)

B.   Tes Tertulis

A. Pilihlah Jawaban yang paling tepat!

1. Pada reaksi: 2 HI(g) ↔ H2(g) + I2(g)

Jika tekanan diturunkan, maka kesetimbangan reaksi

bergeser kearah …

A. H2 dan I2              B. HI                C. H2               D. I2                 E. tetap

2. Penurunan suhu pada sistem kesetimbangan:

N2(g).+ 3H2(g) ↔ 2 NH3        ΔH = -92 kkal, adalah …

A. N2 dan H2 ditambah

B. N2, H2, dan NH3 tetap

C. N2, H2, dan NH3 bertambah

D. N2 dan H2 berkurang

E. N2, H2 dan NH3 berkurang

3. Pada reaksi kesetimbangan A + B ↔ C + D,

kesetimbangan akan cepat tercapai bila …

A. konsentrasi A diperbesar

B. tekanan sistem ditambah

C. menambah katalisator

D. volume sistem ditambah

E. suhu diturunkan

Jawab ; 1E, 2A, 3C

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.   Reaksi pembuatan belerang trioksida merupakan reaksi eksoterm :

2SO2(g) + O2(g)                 2SO3(g)

Produksi belerang trioksida dapat meningkat dengan cara …

Jawab : Produksi SO3 meningkat             reaksi harus bergeser ke kanan,

supaya bergeser ke kanan:

  • Suhu diturunkan            karena reaksi eksoterm (∆H = -)
  • Tekanan diperbesar (volum diperkecil)                bergeser ke ∑ koefisien kecil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                   : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan

Agribisnis Ternak Ruminansia

Mata Pelajaran                  : KIMIA

Kelas / Semester              : XI / 4 (empat)

Tahun Pelajaran                : 20110/2012

Pertemuan Ke                   : 4, 5, 6, 7, 8

Alokasi                              : 5 x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami konsep kesetimbangan reaksi

Kompetensi Dasar            : Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil

reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan

Indikator                            :

1.    Pengetian tetapan kesetimbangan (Kc) sebagai perbandingan konsentrasi reaktan dan produk suatu reaksi kesetimbangan yang memiliki harga tetap pada kondisi kesetimbangan dan temperatur tertentu (Hukum Aksi Massa) dideskripsikan dengan benar.

2.    Konversi Kc menjadi Kp berdasarkan persamaan gas ideal dideskripsikan dengan benar.

3.    Pengertian kesetimbangan homogen dan heterogen berdasarkan fasa seluruh spesi yang bereaksi (produk dan reaktan) dideskripsikan dengan benar.

4.    Perhitungan konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangannya dilakukan dengan benar

I.   Tujuan Pembelajaran   :

1.    Siswa dapat Menjelaskan Pengertian tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi (Kc)

2.    Siswa dapat mengkonversikan Kc menjadi Kp berdasarkan persamaan gas ideal

3.    Siswa dapat menjelaskan Pengertian kesetimbangan homogen dan heterogen

4.    Siswa dapat Menghitung konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangannya

II.   Materi Ajar                                    :  Tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp)

III.   Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Presentasi, Penugasan

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 4

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit

5 Menit

1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang pengertian Kc dan Kp serta hubungannya.

2.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

60 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3.PenugasanC. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang Hubunganh Kc dan Kp

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

15 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

    

     Pertemuan 5

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit

5 Menit

1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang kesetimbangan homogen dan heterogen.

2.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

60 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3.PenugasanC. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang kesetimbangan homogen dan heterogen

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

15 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

    

      Pertemuan 6

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit

5 Menit

1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.    Menghubungkan konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi dengan tetapan kesetimbangan berdasarkan analisis data percobaan konsentrasi kesetimbangan

2.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

60 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3.PenugasanC. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang konsentrasi larutan

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

15 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

   

       Pertemuan 7

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit

5 Menit

1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang korelasi Kc dan Kp berdasarkan persamaan gas ideal.

2.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

60 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3.PenugasanC. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang konsentrasi larutan

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

15 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

    Pertemuan 8

URAIAN KEGIATAN WAKTU METODE
A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Persiapan Ulangan Harian (Uji Kompetensi )

5 Menit

5 Menit

B. Kegiatan Inti

1.    Uji Kompertensi  (Memahami konsep kesetimbangan reaksi)

75 Menit

1. Tes tertulisC. Kegiatan Akhir

1.    Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya

5 Menit

 

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku kimia untuk sma

3.    Buku referensi yang relevan

VI.   Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli  2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

Instrumen Penilaian

 

A. Pilihlah Jawaban yang paling tepat!

1.    Dari reaksi kesetimbangan

mempunyai rumus Kc…….

A.                      B.                 C.                              D.                    E.

2.    Pada reaksi kesetimbangan mula – mula terdapat M dan n nasing – masing 1 M dan pada keadaan setimbang terdapat P 0,6 M, maka harga Kc adalah…

A. 0,36                B. 0,50             C. 0,60                                    D. 1,25                        E. 2,25

3.    Pada reaksi mencapai kesetimbangan pada tekanan 2 atm. Jika pada kesetimbangan molA : molB : molC = 2 : 1 : 2, maka harga Kp adalah…

A. 6,25                B. 5                  C. 4                             D. 2,5              E. 2

Jawab : 1D, 2E, 3C

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1.Reaksi pembuatan belerang trioksida merupakan reaksi eksoterm :

2SO2(g) + O2(g)                  2SO3(g)

   Termasuk reaksi apakah persamaan reaksi diatas

   Jawab : termasuk reaksi homogen

2.Jelaskan apa perbedaan antara kc dengan kp

    Jawab : kc adalah tetapan kesetimbangan yang berdasarkan konsentrasi,

                Kp adalah tetapan kesetimbangan yang berdasarkan tekanan

3. Dalam ruang 5 liter direaksikan 0,5 mol N2 dengan 0,4 mol gas O2  menurut

reaksi :

N2(g) + O2(g)             2NO(g)

Setelah tercapai kesetimbangan terbentuk 0,2 mol gas NO. Harga Kc adalah

Jawab Kc =   [NO] 2   =      0,042               = 16 x 10-4     =  1

[N2] [O2]     0,08 x 0,06           48 x 10-4        3

 

 

 

Tinggalkan komentar

Search