RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMKN 1 Wanayasa
Bidang Studi Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan
Agribisnis Ternak Ruminansia
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI / 4 (empat)
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Pertemuan Ke : 1
Alokasi : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep kesetimbangan reaksi
Kompetensi Dasar : Menguasai reaksi kesetimbangan
Indikator :
1. Pengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan dijelaskan dengan benar.
2. Kesetimbangan kimia sebagai kondisi yang dicapai suatu reaksi jika laju reaksi dalam dua arah yang berlawanan adalah sama, dan konsentrasi reaktan serta produk tetap dideskripsikan dengan benar.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan
2. Siswa dapat Menjelaskan Kesetimbangan kimia sebagai kondisi yang dicapai suatu reaksi jika laju reaksi dalam dua arah yang berlawanan adalah sama, dan konsentrasi reaktan serta produk tetap
II. Materi Ajar : Kesetimbangan reaksi
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Praktikum, Presentasi, Penugasan
IV. Langkah- langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan Awal1. Mengabsen siswa
2. Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan dengan kesetimbangan reaksi |
5 Menit
5 Menit |
1.Tanya jawab |
B. Kegiatan Inti1. Mengamati dan menyimpulkan reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan.
2. Mengelompokkan rekasi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan. 3. Membuat laporan hasil percobaan. 4. Review |
60 Menit
|
1. Ceramah
2. Diskusi 3.Penugasan
|
C. Kegiatan Akhir1. Menyimpulkan materi tentang kesetimbangan reaksi
2. Pemberian tugas latihan di rumah |
15 Menit
5 Menit |
1. Ceramah
2.Penugasan |
V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1. Buku kimia untuk smk
2. Buku referensi yang relevan
3. Alat dan bahan Praktek
VI. Penilaian :
1. Pengamatan
2. Tanya Jawab
3. Tes tertulis (soal test terlampir)
Wanayasa, Juli 2011
Mengetahui, |
Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa
Drs, Keriyanto
NIP. 19580909 198403 1 008
Guru Mata Diklat Kimia
M. Ngabdul Jalil, S.Si
NIP 19790121 201001 1 014
Instrumen Penilaian
1. Pada reaksi 2 SO2(g) + O2(g) ↔ 2SO2(g) disebut setimbang jika …
A. reaksi sudah berhenti
B. jumlah mol SO2 dan O2 sama dengan mol SO3
C. konsentrasi masing-masing sama
D. kecepatan pembentukan SO2 dan SO3 sama
E. kecepatan pembentukan dan penguraian SO3 sama
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar
1. Di bawah ini kelompokkan ke dalam reaksi kesetimbangan ataukah reaksi
Satu arah .
a. Kertas dibakar
b. Air menguap
c. Pembakaran tidak sempurna pada karbon monoksida
Jawab R X kesetimbangan b. Air menguap & c
2. Jelaskan apa yang dimaksud kesetimbangan kimia!
Jawab : jika laju membentuk produk = laju membentuk reaktan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMKN 1 Wanayasa
Bidang Studi Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan
Agribisnis Ternak Ruminansia
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI / 4 (empat)
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Pertemuan Ke : 2, 3
Alokasi : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep kesetimbangan reaksi
Kompetensi Dasar : Menguasai faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran
kesetimbangan
Indikator :
- Terjadinya perubahan atau pergeseran kesetimbangan sebagai akibat adanya aksi pada reaksi kesetimbangan (asas Le Chatelier) yang cenderung akan mengurangi aksi tersebut dideskripsikan dengan benar.
- Pengaruh berbagai faktor, di antaranya perubahan konsentrasi, volume, dan tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan dideskripsikan dengan benar.
3. Pengaruh perubahan temperatur terhadap nilai tetapan kesetimbangan dijelaskan dengan benar.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan Terjadinya perubahan atau pergeseran kesetimbangan sebagai akibat adanya aksi pada kesetimbangan (asas Le Chatelier) yang cenderung akan mengurangi aksi tersebut
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh beberapa faktor terhadap kesetimbangan
3. Siswa dapat menjelaskan Pengaruh perubahan temperatur terhadap nilai tetapan kesetimbangan
II. Materi Ajar : Faktor – faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi
III Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Praktikum, Penugasan
IV. Langkah- langkah Pembelajaran
Pertemuan 2
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan Awal |
1. Mengabsen siswa
2. Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah
5 Menit
5 Menit
1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti
1. Diskusi dan informasi tentang penjelaskan prinsip asas Le Chatelier melalui contoh-contoh
2. Berlatih menentukan pergeseran kesetimbangan setelah terjadinya reaksi.
3. Menghubungkan perubahan tetapan klesetimbangan dengan temperatur berdasarkan analisis datanya.
60 Menit
1. Ceramah
2. Diskusi
3.PenugasanC. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi tentang konsentrasi larutan
2. Pemberian tugas latihan di rumah
15 Menit
5 Menit
1. Ceramah
2.Penugasan
Pertemuan 3
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan Awal |
1. Mengabsen siswa
2. Persiapan praktikum
5 Menit
5 Menit
1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti
1. Mengamati reaksi kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
2. Membuat laporan hasil percobaan.
3. Review
60 Menit
1. Ceramah
2. Diskusi
3.Penugasan
C. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi tentang faktor – faktor yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi
2. Pemberian tugas latihan di rumah
15 Menit
5 Menit
1. Ceramah
2.Penugasan
V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1. Buku kimia untuk smk
2. Buku kimia untuk sma
3. Buku referensi yang relevan
4. Alat dan bahan Praktek
VI. Penilaian :
1. Pengamatan
2. Tanya Jawab
3. Tes tertulis (soal test terlampir)
Wanayasa, Juli 2011
Mengetahui, |
Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa
Drs, Keriyanto
NIP. 19580909 198403 1 008
Guru Mata Diklat Kimia
M. Ngabdul Jalil, S.Si
NIP 19790121 201001 1 014
Lembar Kerja Siswa
A. Tes Unjuk Kerja
Menyelidiki Faktor-faktor yang mempengaruhi Kesetimbangan reaksi
- I. Tujuan : Pengaruh penambahan konsentrasi terhadap pergeseran kesetimbangan
- II. Alat dan Bahan
a) Alat
- 1 gelas kimia
- 5 tabung reaksi (diameter sama)
- Pengaduk gelas
b) Bahan
- Larutan KSCN 1 M
- Larutan FeCl3 1 M
- Larutan NaOH
- aquades
- III. Cara Kerja
- Ke dalam 20 ml aquades ditambahkan larutan KSCN dan FeCl3 masing-masing 2 tetes, kemudian diaduk dan dibagi 4, masukkan masing-masing ke dalam 5 tabung reaksi
- Masukkan berturut-turut ke dalam tabung 1, 2, 3, 4 masing-masing 1 tets KSCN ke tabung 1, 1 tetes FeCl3 ke tabung 2, 1 tetes NaOH ke tabung 3 dan 4 ml aquades ke tabung 4, tabung 5 untuk pembanding.
- Bandingkan warna larutan pada tabung 1, 2, 3 dan 4 dengan tabung 5 (melihatnya dari atas ke bawah)
- IV. Pengamatan
Tabung Nomor |
Pengamatan |
Lebih tua/ muda/tetap |
1 |
Warna tabung 1 dibanding tabung 5 |
|
2 |
Warna tabung 2 dibanding tabung 5 |
|
3 |
Warna tabung 3 dibanding tabung 5 |
|
4 |
Warna tabung 4 dibanding tabung 5 |
- V. Pertanyaan
1). Reaksi kesetimbangan:
Fe3+(aq) + SCN–(aq) FeSCN2+(aq)
Kuning orange tak berwarna merah muda
2). Jelaskan bagaimana kesetimbangan bergeser pada:
- penambahan SCN– (tabung 1)
- penambahan Fe3+ (tabung 2)
- Penambahan OH– yang akan mengikat Fe3+ membentuk endapan Fe(OH)3 (tabung 3)
- Penambahan air (tabung 4)
B. Tes Tertulis
A. Pilihlah Jawaban yang paling tepat!
1. Pada reaksi: 2 HI(g) ↔ H2(g) + I2(g)
Jika tekanan diturunkan, maka kesetimbangan reaksi
bergeser kearah …
A. H2 dan I2 B. HI C. H2 D. I2 E. tetap
2. Penurunan suhu pada sistem kesetimbangan:
N2(g).+ 3H2(g) ↔ 2 NH3 ΔH = -92 kkal, adalah …
A. N2 dan H2 ditambah
B. N2, H2, dan NH3 tetap
C. N2, H2, dan NH3 bertambah
D. N2 dan H2 berkurang
E. N2, H2 dan NH3 berkurang
3. Pada reaksi kesetimbangan A + B ↔ C + D,
kesetimbangan akan cepat tercapai bila …
A. konsentrasi A diperbesar
B. tekanan sistem ditambah
C. menambah katalisator
D. volume sistem ditambah
E. suhu diturunkan
Jawab ; 1E, 2A, 3C
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar
1. Reaksi pembuatan belerang trioksida merupakan reaksi eksoterm :
2SO2(g) + O2(g) 2SO3(g)
Produksi belerang trioksida dapat meningkat dengan cara …
Jawab : Produksi SO3 meningkat reaksi harus bergeser ke kanan,
supaya bergeser ke kanan:
- Suhu diturunkan karena reaksi eksoterm (∆H = -)
- Tekanan diperbesar (volum diperkecil) bergeser ke ∑ koefisien kecil
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMKN 1 Wanayasa
Bidang Studi Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan
Agribisnis Ternak Ruminansia
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI / 4 (empat)
Tahun Pelajaran : 20110/2012
Pertemuan Ke : 4, 5, 6, 7, 8
Alokasi : 5 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep kesetimbangan reaksi
Kompetensi Dasar : Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil
reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan
Indikator :
1. Pengetian tetapan kesetimbangan (Kc) sebagai perbandingan konsentrasi reaktan dan produk suatu reaksi kesetimbangan yang memiliki harga tetap pada kondisi kesetimbangan dan temperatur tertentu (Hukum Aksi Massa) dideskripsikan dengan benar.
2. Konversi Kc menjadi Kp berdasarkan persamaan gas ideal dideskripsikan dengan benar.
3. Pengertian kesetimbangan homogen dan heterogen berdasarkan fasa seluruh spesi yang bereaksi (produk dan reaktan) dideskripsikan dengan benar.
4. Perhitungan konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangannya dilakukan dengan benar
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat Menjelaskan Pengertian tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi (Kc)
2. Siswa dapat mengkonversikan Kc menjadi Kp berdasarkan persamaan gas ideal
3. Siswa dapat menjelaskan Pengertian kesetimbangan homogen dan heterogen
4. Siswa dapat Menghitung konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangannya
II. Materi Ajar : Tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp)
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Presentasi, Penugasan
IV. Langkah- langkah Pembelajaran
Pertemuan 4
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan Awal |
1. Mengabsen siswa
2. Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah
5 Menit
5 Menit
1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti
1. Diskusi dan informasi tentang pengertian Kc dan Kp serta hubungannya.
2. Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan
3. Pembahasan hasil pekerjaan siswa
60 Menit
1. Ceramah
2. Diskusi
3.PenugasanC. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi tentang Hubunganh Kc dan Kp
2. Pemberian tugas latihan di rumah
15 Menit
5 Menit
1. Ceramah
2.Penugasan
Pertemuan 5
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan Awal |
1. Mengabsen siswa
2. Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah
5 Menit
5 Menit
1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti
1. Diskusi dan informasi tentang kesetimbangan homogen dan heterogen.
2. Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan
3. Pembahasan hasil pekerjaan siswa
60 Menit
1. Ceramah
2. Diskusi
3.PenugasanC. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi tentang kesetimbangan homogen dan heterogen
2. Pemberian tugas latihan di rumah
15 Menit
5 Menit
1. Ceramah
2.Penugasan
Pertemuan 6
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan Awal |
1. Mengabsen siswa
2. Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah
5 Menit
5 Menit
1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti
1. Menghubungkan konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi dengan tetapan kesetimbangan berdasarkan analisis data percobaan konsentrasi kesetimbangan
2. Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan
3. Pembahasan hasil pekerjaan siswa
60 Menit
1. Ceramah
2. Diskusi
3.PenugasanC. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi tentang konsentrasi larutan
2. Pemberian tugas latihan di rumah
15 Menit
5 Menit
1. Ceramah
2.Penugasan
Pertemuan 7
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan Awal |
1. Mengabsen siswa
2. Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah
5 Menit
5 Menit
1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti
1. Diskusi dan informasi tentang korelasi Kc dan Kp berdasarkan persamaan gas ideal.
2. Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan
3. Pembahasan hasil pekerjaan siswa
60 Menit
1. Ceramah
2. Diskusi
3.PenugasanC. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi tentang konsentrasi larutan
2. Pemberian tugas latihan di rumah
15 Menit
5 Menit
1. Ceramah
2.Penugasan
Pertemuan 8
URAIAN KEGIATAN | WAKTU | METODE |
A. Kegiatan awal |
1. Mengabsen siswa
2. Persiapan Ulangan Harian (Uji Kompetensi )
5 Menit
5 Menit
B. Kegiatan Inti
1. Uji Kompertensi (Memahami konsep kesetimbangan reaksi)
75 Menit
1. Tes tertulisC. Kegiatan Akhir
1. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
5 Menit
V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1. Buku kimia untuk smk
2. Buku kimia untuk sma
3. Buku referensi yang relevan
VI. Penilaian :
1. Pengamatan
2. Tanya Jawab
3. Tes tertulis (soal test terlampir)
Wanayasa, Juli 2011
Mengetahui, |
Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa
Drs, Keriyanto
NIP. 19580909 198403 1 008
Guru Mata Diklat Kimia
M. Ngabdul Jalil, S.Si
NIP 19790121 201001 1 014
Instrumen Penilaian
A. Pilihlah Jawaban yang paling tepat!
1. Dari reaksi kesetimbangan
mempunyai rumus Kc…….
A. B. C. D. E.
2. Pada reaksi kesetimbangan mula – mula terdapat M dan n nasing – masing 1 M dan pada keadaan setimbang terdapat P 0,6 M, maka harga Kc adalah…
A. 0,36 B. 0,50 C. 0,60 D. 1,25 E. 2,25
3. Pada reaksi mencapai kesetimbangan pada tekanan 2 atm. Jika pada kesetimbangan molA : molB : molC = 2 : 1 : 2, maka harga Kp adalah…
A. 6,25 B. 5 C. 4 D. 2,5 E. 2
Jawab : 1D, 2E, 3C
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.Reaksi pembuatan belerang trioksida merupakan reaksi eksoterm :
2SO2(g) + O2(g) 2SO3(g)
Termasuk reaksi apakah persamaan reaksi diatas
Jawab : termasuk reaksi homogen
2.Jelaskan apa perbedaan antara kc dengan kp
Jawab : kc adalah tetapan kesetimbangan yang berdasarkan konsentrasi,
Kp adalah tetapan kesetimbangan yang berdasarkan tekanan
3. Dalam ruang 5 liter direaksikan 0,5 mol N2 dengan 0,4 mol gas O2 menurut
reaksi :
N2(g) + O2(g) 2NO(g)
Setelah tercapai kesetimbangan terbentuk 0,2 mol gas NO. Harga Kc adalah
Jawab Kc = [NO] 2 = 0,042 = 16 x 10-4 = 1
[N2] [O2] 0,08 x 0,06 48 x 10-4 3
Tinggalkan komentar