//
03. Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : X / Gasal

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 9, 10, 11, 12, 13

Alokasi                              : 10  x 45 menit

Standar Kompetensi         : Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur

Kompetensi Dasar            : Mendeskripsikan perkembangan teori atom

Indikator                            :

1.    Perkembangan teori atom dari teori atom Dalton sampai ke teori atom Modern dideskripsikan dengan benar.

2.    Pengertian partikel penyusun atom berdasarkan hasil eksperimen sinar katoda dan sinar katoda berongga, serta keradioaktifan dideskripsikan dengan benar.

3.    Simbol atom sebagai lambang unsur yang dilengkapi dengan nomor atom dan nomor massa dituliskan dengan benar.

4.    Pengertian nomor atom  (jumlah proton) sebagai identitas atom suatu unsur dideskripsikan dengan benar.

5.    Pengertian nomor massa atom sebagai jumlah proton dan neutron dalam suatu inti  atom dideskripsikan dengan benar.

6.    Pengertian isotop berdasarkan perbedaan nomor massa dideskripsikan dengan benar.

7.    Konfigurasi elektron unsur berdasarkan tingkat energi atau kulit dan orbital dituliskan dengan benar.

 I.   Tujuan Pembelajaran   :

1.    Siswa dapat menjelaskan perkembangan teori atom dari teori atom Dalton sampai ke teori atom Modern dengan benar.

2.    Siswa dapat mendefinisikan partikel penyusun atom berdasarkan hasil eksperimen sinar katoda dan sinar katoda berongga, serta keradioaktifan dengan benar.

3.    Siswa dapat menuliskan simbol atom sebagai lambang unsur yang dilengkapi dengan nomor atom dan nomor massa dengan benar.

4.    Siswa dapat mendefinisikan nomor atom  (jumlah proton) sebagai identitas atom suatu unsur dengan benar.

5.    Siswa dapat mendefinisikan nomor massa atom sebagai jumlah proton dan neutron dalam suatu inti  atom dengan benar.

6.    Siswa dapat mendefinisikan isotop berdasarkan perbedaan nomor massa  dengan benar.

7.    Siswa dapat menuliskan konfigurasi elektron unsur berdasarkan tingkat energi atau kulit dan orbital dengan benar.

 II.   Materi Ajar                  : Struktur Atom

 III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Wawancara dan Penugasan

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 9

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan Struktur Atom

 

5 Menit

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang perkembangan teori atom dengan menggunakan gambar-gambar perkembangan model atom.

2.    Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

25 Menit

 

 

20 Menit

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang Struktur Atom

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

     Pertemuan 10

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi hasil eksperimen sinar katoda, sinar katoda berongga, serta keradioaktifan untuk memahami partikel penyusun atom.

2.    Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal

3.     Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

25 Menit

 

 

20 Menit

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang Partikel penyusun atom Atom

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

     Pertemuan 11

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi, informasi dan memberikan contoh  cara menuliskan simbol atom, isotop, dan konfigurasi elektron.

2.    Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal

3.     Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

25 Menit

 

 

20 Menit

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang cara menuliskan simbol atom, isotop, dan konfigurasi elektron

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

     Pertemuan 12

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi, informasi dan memberikan contoh  cara menuliskan simbol atom, isotop, dan konfigurasi elektron.

2.    Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal

3.     Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

25 Menit

 

 

20 Menit

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang cara menuliskan simbol atom, isotop, dan konfigurasi elektron

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

      Pertemuan 13

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Siswa diberikan latihan soal berkaitan dengan materi pelajaran Struktur Atom

2.     Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

50 Menit

 

25 Menit

 

1. Penugasan

 

C. Kegiatan Akhir

1.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

5 Menit

 

1.Penugasan

 V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Lembar Kerja Siswa

2.    Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi

3.    Buku referensi yang relevan

VI.  Penilaian   :    

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

 

Instrumen Penilaian

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.    Atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan di sekelilingnya beredar muatan negatif, pendapat tersebut dikemukakan pertama kali oleh…

a.  Aristoteles d. Neils Bohr
b.  John Dalton e.  JJ Thomson
c. Ernes Rutherford  

2.    Suatu unsur dilambangkan , banyaknya proton, neutron, dan elektron berturut – turut adalah…

a. 53, 127, 53 d. 74, 74, 53
b.  53, 53, 127 e.  53, 74, 74
c.  53, 74, 53  

3.    Suatu unsur dilambangkan   merupakan isotop dari…

a.                b.               c.                         d.            e.

4.    Konfigurasi elektron dari unsur  adalah…

a. 1s2, 2s2, 2p6, 3s2, 3p6, 4s3, 3d4 d. 1s2, 2s2, 2p6, 3s2, 3p6, 4s3, 3d5
b. 1s2, 2s2, 2p6, 3s2, 3p6, 4s1, 3d6 e. 1s2, 2s2, 2p6, 3s2, 3p6, 3d7
c. 1s2, 2s2, 2p6, 3s2, 3p6, 4s2, 3d3  

Jawaban : 1e, 2c, 3b, 4e

 

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Jelaskan  dengan singkat mengenai teori atom Dalton !

2.    Jelaskan dengan singkat mengenai partikel penyusun atom berdasarkan hasil eksperimen sinar katoda dan sinar katoda berongga !

3.    Tuliskan lambang dari unsur Na yang mempunyai nomor atom 11 dan nomor massa 23!

4.    Apa yang dimaksud dengan nomor atom ?

5.    Apa yang dimaksud dengan nomor massa ?

6.    Apa yang dimaksud dengan isotop ?

7.    Tuliskan konfigurasi elektron dari unsur-unsur  N,  K,  dan  As !

Kunci jawaban

1.    Teori atom Dalton :

a.    Atom merupakan partkel terkecil yang tidak apat ddipecah lagi

b.    Atom suatu unsur sama sgala sifatnya sedangkan atom unsur yag berbeda berlainan dalam massa dan sifatnya

c.    Senyawa terbentuk bila atom bergabung satu sama lain

d.    Reaksi kimia hanya melibatkan pendaurulangan atom-atom sehingga tidak ada atom yang berubah akibat reaksi kimia

2.    Partikel penyusun atom terdiri atas elektron dan inti atom. Penemuan elektron diawali dengan ditemukannya tabung katode yang memancarkan sinar katode, sedangkan partikel penyusun inti atom adalah proton dan netron. Pada proton terjadi radiasi dari anode yang menerobos lubang pada lempeng katode.

3.

4.    Nomor atom adalah suatu angka yang menunjukkan jumlah proton dalam inti.

5.    Nomor massa adalah suatu angka yang menunjukkan jumlah nukleon (proton dan netron) yang terdapat dalam inti atom.

6.    Isotop adalah atom-atom yang mempunyai nomor atom sama tetapi massa atomnya berbeda

7.    N   2  5

K   2  8  8  1

As   2  8  18  5

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : X / Gasal

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 1, 2, 3, 4, 5

Alokasi                              : 10  x 45 menit

Standar Kompetensi         : Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur

Kompetensi Dasar            : Menginterpretasikan data dalam table system periodik

Indikator                            :

  1. Perkembangan pengelompokan unsur mulai dari triad sampai sistem IUPAC terbaru dideskripsikan dengan benar.
  2. Letak unsur dalam sistem periodik yang didasarkan pada konfigurasi elektron dideskripsikan dengan benar.
  3. Pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar terhadap sifat keperiodikan dan sifat kemiripan unsur dideskripsikan dengan benar
  4. Pengertian energi ionisasi dan afinitas elektron dideskripsikan dengan                 benar.

I.   Tujuan Pembelajaran   :

  1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan pengelompokan unsur mulai dari triad sampai sistem IUPAC terbaru dengan benar.
  2. Siswa dapat menunjukkan letak unsur dalam sistem periodik yang didasarkan pada konfigurasi elektron dengan benar.
  3. Siswa dapat menjelaskan pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar terhadap sifat keperiodikan dan sifat kemiripan unsur dengan benar.
  4. Siswa dapat mendefinisikan energi ionisasi dan afinitas elektron dengan benar.

II.   Materi Ajar                  : Sistem Periodik

III. Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Penugasan

 IV. Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 1

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang perkembangan pengelompokan unsur.

2.    Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

25 Menit

 

20 Menit

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang perkembangan pengelompokan unsur.

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

  

     Pertemuan 2

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang cara menganalisis sistem periodik untuk menentukan letak unsur dalam sistem periodik melalui konfigurasi elektron perkembangan pengelompokan unsur.

2.    Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

25 Menit

 

 

 

20 Menit

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang cara menganalisis sistem periodik untuk menentukan letak unsur dalam sistem periodik melalui konfigurasi elektron perkembangan pengelompokan unsur.

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

 

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

       Pertemuan 3

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang pengertian ionisasi dan afinitas elektron.

2.    Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

25 Menit

 

20 Menit

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang pengertian ionisasi dan afinitas elektron.

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

      Pertemuan 4

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang kecenderungan kemiripan sifat keperiodikan unsur (energi ionisasi, afinitas elektron, dan jari-jari atom) dalam tabel periodik.

2.    Siswa diberi tugas latihan mengerjakan soal

3.    Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

25 Menit

 

 

20 Menit

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang kecenderungan kemiripan sifat keperiodikan unsur (energi ionisasi, afinitas elektron, dan jari-jari atom) dalam tabel periodik.

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

 

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

      Pertemuan 5

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Persiapan Ulangan Harian (Uji Kompetensi 3)

 

5 Menit

5 Menit

 

 

B. Kegiatan Inti

1.    Uji Kompertensi 3 (Mengidentifikasi struktur atom dan sifat – sifat periodik pada tabel periodik unsur)

 

75 Menit

 

 

1. Tes tertulis

C. Kegiatan Akhir

1.    Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya

 

5 Menit

 

 

V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

  1. Lembar Kerja Siswa
  2. Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
  3. Buku referensi yang relevan

 IV.      Penilaian            :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

 

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

 

Instrumen Penilaian

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.    Menurut sistem periodik modern unsur – unsur disusun atas dasar…

a. nomor massa d. jumlah neutron
b.  nomor atom e.  jumlah isotop
c.  jumlah proton  

2.    Unsur , dalam tabel sistem periodik modern terletak pada…

a. golongan I A, peiode 1 d. golongan II A, peiode 3
b.  golongan II A, peiode 1 e.  golongan III A, peiode 2
c.  golongan I A, peiode 2  

3.    Unsur , memiliki kemiripan sifat dengan unsur…

a.               b.           c.           d.            e.

4.    Diantar unsur – unsur berikut yang memiliki energi ionisasi terbesar adalah…

a. K                     b. Cs                c. Rb               d. Li                 e. Na

jawaban : 1b, 2d, 3c, 4b

 

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Jelaskan perkembangan unsur mulai dari triad sampai sistem IUPAC terbaru !

2.    Diketahui konfigarasi elektron beberapa unsur sebagai berikut :

a.    X  : 2  8  6

b.    Y  : 2  8  18  7

c.    Z  : 2  5

3.    Apa pengaruhnya elektron valensi terhadap sifat kimia ?

4.Apa yang di maksud dengan energi ionisasi dan afinitas elektron ?

Kunci jawaban

1.    Pada hukum triade pengelompokkan unsur-unsur dibagi menjadi tiga yaitu Li (massa atom 7), Na (massa atom 23), K (massa atom 39), kemudian pada hukum oktaf pengelompokkan didasarkan pada kenaikan massa atom. Pada sistem periodik unsur bentuk pendek pengelompokkan didasarkan pada pertamabahan massa atom. Dan akhirnya pada sistem periodik modern yang diresmikan oleh IUPAC penelompokkan didasrakan pada sifat-sifat unsur yang merupaakan fungsi periodik darui nomor atomnya.

2.    a. Unsur X berada pada periode 3 golongan VI

b. Unsur Y berada pada periode 4 golongan VII

c. Unsur Z berada pada periode 2 golongan V

3.   Unsur-unsur yang memiliki susunan elektron valensi sama akan memiliki sifat-sifat kimia yang sama atau mirip

4.   Energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan atom untuk melepaskan satu elektron yang terikat paling lemah dari suatu atom atau ion dalam wujud gas.

Afinitas elektron adalah besarnya nergi yang dihasilkan atau dilepaskan oleh atom netral dalam betuk gas untuk menangkap satu elektron sehingga membentk ion negatif

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ingat!!!

Author

Mari Berilmu Amaliah & Beramal Ilmiah!

%d blogger menyukai ini: