RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 1 Wanayasa
Bidang Studi Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / Gasal
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Pertemuan Ke : 1
Alokasi : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : Mengelompokkan sifat materi
Indikator
- Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa, memiliki ruang, dan dapat diraba didefinisikan dengan jelas.
- Pengelompokan materi berdasarkan sifatnya dilakukan dengan benar.
I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mendefinisikan materi sebagai sesuatu yang memiliki massa, memiliki ruang, dan dapat diraba dengan jelas.
- Siswa dapat mengelompokan materi berdasarkan sifatnya dilakukan dengan benar.
II. Materi Pembelajaran :
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Praktikum, dan Penugasan
IV. Langkah- langkah Pembelajaran Pertemuan 1
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan Awal1. Mengabsen siswa
2. Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan materi dan wujudnya |
5 Menit 5 Menit | 1.Tanya jawab |
B. Kegiatan Inti1. Menerangkan materi tentang materi dan wujudnya
2. Siswa mendata contoh-contoh materi yang ada di lingkungan, dengan mengisi LKS. 3. Membedakan materi berdasarkan wujud dan sifatnya. 4. Mengelompokkan materi yang ada di lingkungan berdasarkan wujud dan sifatnya. 5. Pembahasan Hasil pengamatan siswa dengan mengoreksi daftar isian LKS |
60 Menit | 1. Ceramah
2. Diskusi 3. Praktikum 4. Penugasan |
C. Kegiatan Akhir1. Menyimpulkan materi tentang materi dan wujudnya
2. Pemberian tugas latihan di rumah |
15 Menit
5 Menit |
1. Ceramah
2. Penugasan |
V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1. Lembar Kerja Siswa
2. Modul Kimia untuk SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
3. Buku referensi yang relevan
VI. Penilaian :1. Pengamatan 2. Tanya Jawab 3. Tes tertulis (soal tes terlampir)
Wanayasa, Juli 2011
Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1Wanayasa Drs, Keriyanto NIP. 19580909 198403 1 008 | Guru Mata Diklat KimiaM. Ngabdul Jalil, S.Si NIP 19790121 201001 1 014 |
Lembar Kerja Siswa (LKS)
A. Isilah Tabel Berikut Sesuai PetunjukDatalah materi yang ada di lingkunganmu dan kelompokan berdasarkan wujudnya dan sifat-sifatnya!
No |
Contoh Materi |
Wujud |
Sifat-sifat |
|||
Padat |
Cair |
Gas |
Sifat fisika |
Sifat kimia |
||
1 | Air minum |
V |
– Berupa zat cair- Titik didih 1000C – Dapat menghantarkan panas – Massa jenis 1 kg/L | Tidak beracun | ||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 |
B. Pilihlah jawaban yang paling benar!1.Sifat – sifat zat berikut merupakan sifat kimia yaitu…
a. Titik didih | d. beracun |
b. Indek bias | e. daya hantar listrik |
c. berat jenih |
2. Diketahui beberapa sifat materi berikut:
1) Massa jenis
2) Bereaksi dengan oksigen
3) Daya hantar panas
4) Mudah berkarat Yang merupakan sifat fisika adalah…
a. 1) dan 2) | d. 1) dan 3) |
b. 2) dan 3) | e. 2) dan 4) |
c. 3) dan 4) |
3.Sifat suatu zat yang dapat dikenali dengan indra kita merupakan …
a. sifat kimia | d. sifat ekstrinsik |
b. sifat fisika | e. sifat jenis bahan |
c. sifat intrinsik |
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar
1. Apa yang dimaksud dengan materi ?
2. Manakah dari sifat berikut yang merupakan sifat fisis dan manakah sifat kimia dari tembaga ?
a. Meleleh pada suhu 1.284°C
b. Massa jenisnya 8,96 g/cm3
c. Merupakan konduktor listrik dan panas yang baik
d. Berubah menjadi kehijauan jika dicampur dengan klorin
e. Dapat di tempa
jawaban
1. Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang
2. a. Sifat fisis b. Sifat fisis c. Sifat fisis d. Sifat kimia e.Sifat fisis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 1 Wanayasa
Bidang Studi Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / Gasal
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Pertemuan Ke : 2
Alokasi : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : Mengelompokkan perubahan materi Indikator :
- Pengertian perubahan materi dan pengelompokannya dideskripsikan dengan jelas.
- Perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat dan dapat diukur diamati dengan benar.
- Perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi (perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas) diamati dengan benar.
I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mendeskripsikan perubahan materi dan pengelompokannya dengan jelas.
- Siswa dapat mengamati perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat dan dapat diukur dengan benar.
- Siswa dapat mengamati perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi (perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas) dengan benar.
II. Materi Ajar :
III. Metode Pembelajaran :Ceramah, Diskusi, Penugasan dan Preaktikum
IV. Langkah- langkah Pembelajaran Pertemuan 2
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan awal1. Mengabsen siswa dan mengingatkan materi yang lalu dengan cara tanya jawab 2. Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan perubahan materi |
5 Menit
5 Menit
1.Tanya jawabB. Kegiatan Inti1. Menerangkan materi tentang perubahan materi
2. Melakukan percobaan untuk mengamati perubahan materi.
3. Mendata perubahan-perubahan materi yang ada di lingkungan dan diklasifikasikan ke dalam perubahan kimia atau fisika (mengisi table LKS)
4. Membuat laporan hasil percobaan.
65 Menit
1. Ceramah
2. Diskusi 3.PenugasanC. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi tentang materi dan wujudnya
2. Pemberian tugas latihan di rumah
10 Menit 5 Menit
1. Ceramah 2.Penugasan
V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1. Lembar Kerja Siswa
2. Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
3. Buku referensi yang relevan
4. Alat dan bahan praktik
VI. Penilaian :
1. Pengamatan
2. Tanya Jawab
3. Tes tertulis (soal test terlampir)
Wanayasa, Juli 2011
Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 |
Wanayasa Drs, Keriyanto NIP. 19580909 198403 1 008Guru Mata Diklat Kimia
M. Ngabdul Jalil, S.Si NIP 19790121 201001 1 014
Lembar Kerja Siswa (LKS)
A. Isilah tabel berikut sesuai petunjukAmatilah perubahan-perubahan zat/benda yang terjadi di sekelilingmu, kemudian isilah tabel berikut!
No |
Contoh Perubahan |
Hasil Pengamatan |
Termasuk perubahan |
|
Kimia |
Fisika |
|||
1 | Air membeku menjadi Es | – Perubahan wujud- Perubahan suhu |
V |
|
2 | Besi berkarat | – timbul zat baru yaitu karat besi (Fe2O3) hasil reaksi kimia |
V |
|
3 | ||||
4 | ||||
5 | ||||
6 | ||||
7 |
B. Pilihlah jawaban yang paling benar!1. Perubahan zat yang berlangsung tetap karena terjadi pembentukan zat baru disebut…
a. perubahan fisika | d. perubahan tetap |
b. perubahan kimia | e. perubahan permanen |
c. perubahan biologi |
2. Berikut merupakan contoh perubahan fisika yaitu…
a. gas LPG terbakar | d. belerang bereaksi dengan oksigen |
b. ketela pohon menjadi tape | e. alkohol menjadi cuka |
c. Belerang ditumbuk menjadi halus |
3. Berikut merupakan contoh perubahan kimia yaitu…
a. beras menjadi tepung | d. Minyak goreng menjadi tengik |
b. kayu menjadi kursi | e. air laut menjadi garam |
c. bensin menguap |
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar
1. Perubahan materi ada dua yaitu perubahan fisis dan perubahan kimia. Jelaskan beberapa perbedaan antara perubahan fisis dan perubahan kimia !
2. Setelah melakukan percobaan, manakah perubahan-perubahan materi di bawah ini yang termasuk perubahan fisis ?
a. Belerang melebur
c. Air membeku menjadi es
b. Nasi menjadi bubur
d. Kayu terbakar
e. Fotosintesis
3. Setelah melakukan percobaan, manakah perubahan-perubahan materi di bawah ini yang termasuk perubahan kimia ?
a. Sampah membusuk
c. Petasan meledak
b. Lilin meleleh
d. Bensin menguap
e. Iodin menyublim Kunci jawaban
1. – Perubahan fisis : tidak menghasilkan zat baru dan bersifat sementara – Perubahan kimia : menghasilkan zat baru dan bersifat permanen
2. a. Perubahan fisis b. Perubahan fisis c. Perubahan fisis d. Perubahan kimia e. Perubahan kimia
3. a. Perubahan kimia b. Perubahan kimia c. Perubahan fisis d. Perubahan fisis e. Perubahan fisis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 1 Wanayasa
Bidang Studi Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / Gasal
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Pertemuan Ke : 3
Alokasi : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : Mengklasifikasi materi
Indikator : –
1.Pengelompokan materi menjadi unsur, senyawa, dan campuran dideskripsikan dengan benar.
2.Pengertian campuran sebagai gabungan beberapa unsur atau senyawa dideskripsikan dengan benar.
3.Pengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen dilakukan dengan benar.
II. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mendeskripsikan pengelompokan materi menjadi unsur, senyawa, dan campuran dengan benar.
- Siswa dapat mendefinisikan pengertian campuran sebagai gabungan beberapa unsur atau senyawa dengan benar.
- Siswa dapat mengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen dengan benar.
III. Materi Ajar :
IIII. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Praktikum, dan Penugasan IV. Langkah- langkah Pembelajaran Pertemuan 3
URAIAN KEGIATAN |
WAKTU | METODE |
A. Kegiatan Awal1. Mengabsen siswa 2. Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan materi dan wujudnya | 5 Menit 5 Menit | 1.Tanya jawab |
B. Kegiatan Inti1. Diskusi dan informasi tentang klasifikasi materi. 2. Mendata contoh-contoh materi di lingkungan sekitar, dikelompokan dalam klasifikasi unsure, senyawa, campuran homogeny/heterogen. Data ditulis dalam table pengamatan pada LKS 3. Membahas dan mengoreksi hasil pekerjaan siswa . | 65 Menit | 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Praktikum |
C. Kegiatan Akhir1. Menyimpulkan materi tentang Klasifikasi Materi 2. Pemberian tugas latihan di rumah | 10 Menit 5 Menit | 1. Ceramah 2.Penugasan |
V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1. Lembar Kerja Siswa
2. Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
3. Buku referensi yang relevan
VI. Penilaian : 1. Pengamatan 2. Tanya Jawab 3. Tes tertulis (soal test terlampir)
Wanayasa, Juli 2011
Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 |
Wanayasa Drs, Keriyanto NIP. 19580909 198403 1 008Guru Mata Diklat Kimia
M. Ngabdul Jalil, S.Si NIP 19790121 201001 1 014
Lembar Kerja Siswa (LKS)
A. Isilah tabel berikut sesuai petunjukDatalah contoh materi yang kamu kenal, Kelompokan dalam klasifikasi unsur, senyawa atau campuran homogen/heterogen!, dan beri alasan mengapa kamu kelompokan pada klasifikasi tersebut!
No |
Contoh Materi |
Klasifikasi |
Keteranagn |
|||
Unsur |
Senyawa |
Campuran |
||||
Homogen |
heterogen |
|||||
1 | Air susu |
V |
Terdiri dari air dan susu yang tercampur merata | |||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 |
B. Pilihlah jawaban yang paling benar!1. zat cair berikut yang merupakan unsur yaitu…
a. air kelapa | d. air sungai |
b. air murni | e. air minum |
c. air raksa |
2. Karbohidrat, alkohol, dan asam sulfat termasuk materi dalam kelompok…
a. unsur | d. campuran heterogen |
b. senyawa | e. materi |
c. campuran homogen |
3. Bahan – bahan berikut merupakan campuran yaitu…
a. Alkohol | d. air kelapa |
b. asam klorida | e. gas karbondioksida |
c. air murni |
Jawaban: 1c, 2b, 3d
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar
1. Dari zat-zat berikut, manakah yang tergolong unsur, senyawa, dan campuran ?
a. Air laut b. Emas c. Baja d. Udara
e. Urea f. Gula
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan campuran !
3. Jelaskan perbedaan antara campuran homogen dan campuran heterogen !
Kunci jawaban
1. a. Campuarn b. Unsur c. Campuran d. Campuran
e. Senyawa f. Senyawa
2. Campuran adalah Gabungan beberapa zat tanpa melakukan reaksi kimia dan sifat-sifat komponen penyusunnya masih tampak
3. – Campuran homogen adalah campuran yang setiap bagiannya/kompasisinya serba sama. Contoh : larutan gula dalam air dan udara – Campuran heterogen adalah campuran yang setiap bagiannya/komposisinya tidak serba sama. Contoh : campuran gula dengan pasir dan tanah
Tinggalkan Balasan ke Johnf930 Batalkan balasan