02. Memahami konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Nama Sekolah                    : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : X / Gasal

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 4

Alokasi                              : 2  x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami konsep penulisan lambang unsur dan persamaan  reaksi

Kompetensi Dasar            : Memahami lambang unsur

Indikator          :

  1. Penulisan lambang unsur dijelaskan dengan benar.
  2. Pengertian atom sebagai bagian terkecil dari suatu unsur dideskripsikan dengan benar.

 I.   Tujuan Pembelajaran   :

  1. Siswa dapat menuliskan lambang unsur dengan benar.
  2. Siswa dapat mendefinisikan atom sebagai bagian terkecil dari suatu unsur dengan benar.

II.   Materi Ajar                  : Unsur

III.   Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, dan Penugasan

IV. Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 4

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa

2.    Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan unsur

5 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

 

B. Kegiatan Inti1.    Diskusi dan informasi tentang cara-cara penulisan lambang unsur.

2.    Diskusi dan informasi tentang pengertian atom.

3.     Latihan menuliskan lambang unsur dengan mengerjakan LKS

4.    Membahas Hasil Latihan

70 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

C. Kegiatan Akhir1.    Menyimpulkan materi tentang unsur

2.    Pemberian Tugas Latihan di rumah

5 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Lembar Kerja Siswa

2.    Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi

3.    Buku referensi yang relevan

VI. Penilaian    :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

 INSTRUMEN PENILAIAN

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

  1. Istilah Atom berasal dari bahasa latin yaitu a dan thomos yang artinya…
a.   tidak dapat dibuat d. .  tidak bermuatan
b. .  tidak dapat dibagi e. .  tidak bermassa
c. .  tidak dapat dimusnahkan
  1. Lambang unsur yang sampai sekarang berlaku dibuat oleh seorang ilmuwan bernama…
a.  John J. Berzellius d. Lothar Meyer
b.  John Dalton e. Mendeleyv
c.  Aristoteles
  1. Lambang unsur perak, air raksa, dan besi, berturut – turut adalah…
a. P, Ar, B d. Hg, Ag, Fe
b. Ag, Ar, Fe e. Ag, Hg, Fe
c. Ag, Hg, F

Jawaban: 1b, 2a, 3e

 B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Tuliskan lambang unsur di bawah ini dengan benar !

a.    Tembaga

b.    Hidrogen

c.    Timbal

d.    Klorin

e.    Emas

2.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan atom !

 

Kunci jawaban

1. lambang unsur

a. Cu                     b. H

c. Pb                      d. Cl                             e. Au

2. Atom adalah bagian terkecil dari unsur yang sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : X / Gasal

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 5 dan 6

Alokasi                              : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami konsep penulisan lambang unsur dan persamaan  reaksi

Kompetensi Dasar            : Memahami rumus kimia

Indikator                            :

1.    Pengertian rumus kimia/senyawa  sebagai gabungan dari dua unsur atau lebih yang sama atau berbeda dengan komposisi tertentu dideskripsikan dengan benar.

2.    Rumus kimia berdasarkan lambang unsur dan jumlahnya dituliskan dengan benar.

3.    Pengertian molekul/ion sebagai bagian terkecil dari suatu senyawa dideskripsikan dengan benar.

4.    Pengelompokan senyawa berdasarkan jumlah atom unsur yang membentuk senyawa dideskripsikan dengan benar.

5.    Senyawa molekul, senyawa ion, dan senyawa unsur dikelompokkan dengan baik.

6.    Pengertian rumus molekul dan rumus empiris dideskripsikan dengan benar.

I.   Tujuan Pembelajaran   :

1.    Siswa dapat mendefinisikan rumus kimia/senyawa  sebagai gabungan dari dua unsur atau lebih yang sama atau berbeda dengan komposisi tertentu dengan benar.

2.    Siswa dapat menuliskan rumus kimia berdasarkan lambang unsur dan jumlahnya dengan benar.

3.    Siswa dapat mendefinisikan molekul/ion sebagai bagian terkecil dari suatu senyawa dengan benar.

4.    Siswa dapat mengelompokan senyawa berdasarkan jumlah atom unsur yang membentuk senyawa dengan benar.

5.    Siswa dapat mengelompokkan senyawa molekul, senyawa ion, dan senyawa unsur dengan baik.

6.    Siswa dapat mendefinisikan rumus molekul dan rumus empiris dengan benar.

II.   Materi Ajar                  : Rumus Kimia/Senyawa

III.   Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, dan Penugasan

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 5

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa dan mengingatkan materi yang lalu dengan cara tanya jawab

2.    Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan Rumus Kimia/Senyawa

5 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti1.    Menerangkan materi tentang Rumus Kimia/Senyawa

2.    Memberikan contoh soal tentang rumus kimia unsur/senyawa

3.    Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan dalam LKS

4.    Membahas soal latihhan yang telah diberikan

60 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

C. Kegiatan Akhir1.    Menyimpulkan materi tentang Rumus Kimia/Senyawa

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

15 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

     Pertemuan 6

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa

2.    Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit

15Menit

1. Ceramah

2.Tanyajawab

3. Presentasi

B. Kegiatan Inti1.    Siswa mengerjakan di papan tulis hasil pekerjaan rumah (guru melakukan penilaian)

2.    Membahas soal-soal pekerjaan rumah yang telah diberikan

30 Menit

25 Menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

C. Kegiatan Akhir1.    Menyimpulkan materi tentang Rumus Kimia/Senyawa 15 Menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

V.  Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Lembar Kerja Siswa

2.    Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi

3.    Buku referensi yang relevan

VI. Penilaian   :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal Test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2011

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

Instrumen Penilaian

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

a.    Dalam 3 molekul senyawa (NH4)3PO4, terdiri dari…

a.   1 atom N, 4 atom H, 1 atom P dan 4 atom O
b. . 4 atom N, 5 atom H, 1 atom P dan 4 atom O
c. .  3 atom N, 12 atom H, 3 atom P dan 12 atom O
d. .  9 atom N, 36 atom H, 3 atom P dan 12 atom O
e. .  9 atom N, 12 atom H, 3 atom P dan 12 atom O

b.    Molekul – molekul berikut mengandung unsur oksigen terbanyak yaitu…

a. 4H2SO4 d. 2Fe(OH)3
b. 3Mg3(PO4)2 e. 2P2O7
c. Fe2O3.7H2O

c.    Senyawa kimia berikut yang rumus empirisnya sama dengan rumus molekulnya yaitu…

a. C2H4 d. C4H8
b.  C3H6 e. C4H10
c.  C3H8

 

Jawaban. 1d, 2b, 3c

 

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Apa yang dimaksud dengan rumus kimia /senyawa

2.    Tentukan jumlah atom unsur-unsur penyusun senyawa berikut :

a. 2 CO2                                                    b. CO(NH2)2

3.    Apa yang dimaksud dengan molekul/ion ?

4.    Apa yang dimaksud dengan rumus molekul ? beri 2 contoh !

5.    Jelaskan perbedaan rumus molekul dan rumus empiris ! Beri contoh masing – masing 2 !

Kunci jawaban

1.    Rumus kimia/senyawa adalah suatu rumus yang menyatakan jenis dan jumlah relatif atom yang menyusun zat itu.

a. 2 molekul dioksida tersusun dari : 2 atom C dan 4 atom O

2.    b. 1 molekul urea tersusun dari : 1 atom C, 1 atom O, 2 atom N, dan 4 atom H

3.    Molekul/ion adalah sebagai bagian terkecil dari suatu senyawa

4.    Rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jenis dan jumlah atom-atom dari unsur yang menyusun molekul tersebut. Contoh : C6H12O6  dan CH3COOH

5.    Rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jenis dan jumlah atom-atom dari unsur yang menyusun molekul tersebut. Contoh : C6H12O6  dan CH3COOH

Rumus empiris adalah rumus yang menyatakan jenis dan perbandingan yang paing sederhanadari atom-atom menyusun molekul tersebut. Contoh : H2O dan NaCl

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                  : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Mata Pelajaran                  : Kimia

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Kelas / Semester              : X / Gasal

Pertemuan Ke                   : 7 dan 8

Alokasi                              : 4  x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami konsep penulisan lambang unsur dan persamaan  reaksi

Kompetensi Dasar            : Menyetarakan persamaan reaksi

Indikator                            :

  1. Pengertian Persamaan reaksi kimia sebagai proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat yang berbeda dideskripsikan dengan benar.
  2. Penggunaan simbol-simbol dalam reaksi kimia untuk menunjukkan perubahan yang terjadi selama reaksi berlangsung dideskripsikan dengan benar
  3. Penyetaraan persamaan reaksi berdasarkan prinsip jumlah unsur di ruas kiri dan kanan harus sama (sesuai Hukum Lavoisier) dilakukan dengan benar

I.   Tujuan Pembelajaran   :

  1. Siswa dapat mendefinisikan persamaan reaksi kimia sebagai proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat yang berbeda dengan benar.
  2. Siswa dapat menuliskan simbol-simbol dalam reaksi kimia untuk menunjukkan perubahan yang terjadi selama reaksi berlangsung dengan benar

3.    Siswa dapat menuliskan penyetaraan persamaan reaksi berdasarkan prinsip jumlah unsur di ruas kiri dan kanan harus sama (sesuai Hukum Lavoisier) dengan benar

II.   Materi Ajar                  : Persamaan Reaksi Kimia

III.   Metode Pembelajaran : Ceramah, Wawancara, Praktikum dan Penugasan

IV. Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 7

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal1.    Mengabsen siswa dan mengingatkan materi yang lalu dengan cara tanya jawab

2.    Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan persamaan reaksi kimia

5 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti1.    Diskusi dan informasi tentang cara penulisan persamaan reaksi.

2.    Diskusi dan informasi tentang cara-cara penyetaraan persamaan reaksi.

3.    Siswa diberi tugas latihan menuliskan dan menyetarakan persamaan reaksi.

4.    Membahas soal-soal yang telah diberikan

20 Menit

20 Menit

15 Menit

15 Menit

1. Ceramah

2. Penugasan

C. Kegiatan Akhir1.    Menyimpulkan materi tentang persamaan reaksi kimia

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

5 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Penugasan

     Pertemuan 8

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal1.  Mengabsen siswa dan mengingatkan materi yang lalu dengan cara tanya jawab

2.  Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan persamaan reaksi kimia

5 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti1.  Mengamati demonstrasi reaksi kimia yang menunjukkan terjadinya perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas.

2.  Menuliskan rumus kimia senyawa zat yang direaksikan (reaktan) berdasarkan demonstrasi tersebut dan hasil reaksi (produk) yang terjadi.

50 Menit

15 Menit

 

1. Praktikum
C. Kegiatan Akhir1.  Menyimpulkan materi tentang persamaan reaksi kimia

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

10 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Penugasan

V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Lembar Kerja Siswa

2.    Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi

3.    Buku referensi yang relevan

VI. Penilaian    :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli 2010

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

 

Lembar Kerja Siswa (LKS)

A. Praktikum Pembuktian hukum Kekekalan Massa

a..  Alat dan Bahan

- erlenmeyer 1 buah

- tabung reaksi kecil 1 buah

- karet penutup erlenmeyer 1 buah

- Benang 15 cm

- timbangan

- larutan KI

- larutan Pb(NO3)2

b. Prosedur

1.     Siapkan  erlenmeyer, dan tabung reaksi kecil.

2.     Masukkan 50 mL larutan KI ke dalam erlenmeyer.

3.     Masukkan larutan Pb(NO3)2 ke dalam tabung reaksi kecil hingga separo tinggi tabung reaksi.

4.     Beri tali pada tabung reaksi tersebut.

5.     Masukkan tabung reaksi tersebut ke dalam erlenmeyer.
HATI-HATI jangan sampai tumpah ke erlenmeyer.

6.   Tutup erlenmeyer.

7.   Timbang berat erlenmeyer beserta isinya.

8.   Miringkan  erlenmeyer  sehingga  isi  tabung  reaksi  tumpah  dan   bereaksi dengan isi erlenmeyer.

9.   Biarkan beberapa saat hingga reaksi berhenti.

10. Timbang kembali erlenmeyer beserta isinya.

11. Catat hasil pengamatanmu.

c.  Analisis

1.     Apakah terjadi reaksi antara cuka dan soda kue? apa ciri-cirinya?

2.     Apakan massa erlenmeyer beserta isinya   sebelum reaksi sama dengan setelah terjadi reaksi?

3.     Apa kesimpulan dari kegiatan ini?

 

Instrumen Penilaian

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.    Penulisan persamaan reaksi pembakaran gas metana menghasilkan gas karbondioksida dan uap air yang benar adalah…

a. d.
b. e.
c.

2.    Perhatikan reaksi berikut;

Untuk menyetarakan persamaan reaksi di atas maka harga a, b, c dan d berturut – turut adalah…

a.  1, 2, 1, 1 d. 1, 1, 1, 1
b.  2, 2, 1, 1 e. 1, 2, 1, 2
c.  1, 2, 2, 2

Jawaban : 1b, 2e

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Apa yang dimaksud dengan persamaan reaksi kimia ?

2.    Tuliskan persamaan reaksi yang setara untuk reaksi : Besi + asam klorida membentuk besi (II) klorida dan gas hidrogen !

3.    Setarakan persamaan reaksi berikut : Al  +  H2SO4                   Al2(SO4)3  +  H2

Kunci jawaban

1.    Persamaan reaksi kimia adalah persamaan yang menggambarkan reaksi kimia yang terdiri atas rumus kimia pereaksi dan hasil reaksi.

2.    Fe  +  2 HCl                   FeCl2  +  H2

3.     Al  +  H2SO4                   Al2(SO4)3  +  H2 (belum setara)

Misalnya koefisien adalah a, b, c, dan d maka :

a Al  +  b  H2SO4                   c Al2(SO4)3  + d H2

Jumlah atom kiri  =  jumlah atom kanan

Atom  Al  :  a   = 2c                       …..(1)

H   :  2b = 2d atau b = d      …..(2)

S   :  b   = 3c                       …..(3)

O  :  4b  = 12c                     …..(4)

Misal a = 2 , maka dari persamaan di atas diperoleh :

1.                                                    a  =  2c            (3)  b  =  3c                 (2)  b  =  d

a. =  2c                           b  =  3                          d  =  3

c   =  1

Selanjutnya a, b, c, dan d dimasukkan dalam persamaan reaksi :

2 Al  +  3 H2SO4                   Al2(SO4)3  +  3 H2  (setara)

2 Balasan ke 02. Memahami konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s