12. Memahami koloid, suspensi, dan larutan sejati

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

:

:

:

:

:

:

:

SMK N 1 Wanayasa

KIMIA

XII / 6 (Enam)

1 dan 2

4 jp

Memahami koloid, suspensi, dan larutan sejati

Mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan

Indikator :  
1.    Pengelompokan campuran menjadi larutan, Koloid, dan suspensi dijelaskan dengan benar.

2.    Perbedaan larutan, Koloid, dan suspensi berdasarkan sifat campurannya,  fasanya dan ukuran partikelnya dideskripsikan dengan jelas.

3.    Pembuatan koloid dapat dengan cara kondensasi, desintegrasi, dan atau gabungan dari keduanya, dideskripsikan dengan jelas.

 

I. Tujuan Pembelajaran :  
1.    Siswa dapat menjelaskan dengan benar pengelompokan campuran menjadi larutan, Koloid, dan suspensi.

2.    Siswa dapat mendeskripsikan dengan jelas perbedaan larutan, Koloid, dan suspensi berdasarkan sifat campurannya,  fasanya dan ukuran partikelnya.

3.    Siswa dapat mendeskripsikan dengan jelas pembuatan koloid dapat dengan cara kondensasi, desintegrasi, dan atau gabungan dari keduanya,.

 

II. Materi Pembelajaran : Koloid

 

III. Metode Pembelajaran : 1.    Ceramah

2.    Praktikum

3.    Diskusi

4.    Presentasi

5.    Penugasan

 

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 1

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mmberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan koloid, suspensi, dan larutan sejati

3.  Persiapan percobaan (praktikum)

 

5 Menit

5 Menit

 

10 menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.  Melakukan percobaan untuk mengamati perbedaan campuran homogen dan heterogen

2.  Mengelompokkan campuran di atas menjadi larutan, koloid, suspensi

3.  Membuat laporan hasil percobaan.

 

35 menit

 

 

 

20 menit

 

1. Praktikum

2. Pelaporan

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang perbedaan campuran homogen dan heterogen

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2. Penugasan

 

     Pertemuan 2

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.  Diskusi dan informasi tentang cara pembuatan partikel koloid

2.  Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan

3.  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan

 

20 menit

 

20 menit

20 menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.                    Buku kimia untuk smk

2.                    Buku kimia untuk sma

3.                    Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian :           

1.                                                            Pengamatan

2.                                                            Tanya Jawab

3.                                                            Tes tertulis (soal test terlampir)

 

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

 

 

 

 

Instrumen Penilaian

 

Soal Test Tertulis

A.    Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.     Contoh berikut yang bukan merupakan sistem koloid yaitu…

a. darah d. tanah
b. susu e. kabut
c. margarin  

2.     Hal -hal berikut merupakan ciri sistem koloid, kecuali

a. terdiri dari 2 fase d. tidak dapat disaring
b. campurannya tidak jernih e. tidak memisah jika didiamkan
c. campurannya homogen  

3.     Cara pembuatan koloid dengan jalan mengubah partikel kasar menjadi partikel koloid disebut cara…

a. dispersi d. hidrolisis
b. kondensasi e. elektroforesis
c. agregasi  

4.     Pembuatan koloid di bawah ini yang tidak termasuk cara dispersi adalah…

a. penghalusan mekanik d. penurunan kelarutan
b. peptisasi e. penggerusan
c. cara busur bredig  

5.     Koloid di bawah ini yang tidak dapat dibuat dengan cara kondensasi adalah…

a. sol belerang d. sol aluminium
b. sol AgCl e. sol emas
c. Sol Fe(OH)3  

Jawaban: 1d, 2c, 3a, 4a, 5d

B.    Jawalah pertanyaan berikut dengan dengan benar!

1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan koloid

2.     Sebutkan contoh dari larutan,koloid dan campuran masing-masing !

3.     Jelaskan cara pembuatan koloid!

     Jawab

1.     Koloid adalah bentuk campuran yang keadaannya berada diantara larutan dan    campuran

2.     Contoh larutan sirup,contoh koloid busa,contoh campuran komposisi tanah

3.     Ada 2 cara umum pembuatan koloid, yaitu cara kondensasi (penggumpalan partikel kecilmenjadi partikel berukuran koloid) dan cara dispersi (penghalusan partikel besar menjadi partikel ukuran kolid)

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

:

:

:

:

:

:

:

SMK N 1 Wanayasa

KIMIA

XII/6 (Enam)

3, 4 dan 5

6 jp

Memahami koloid, suspensi, dan larutan sejati

Membedakan macam dan sifat koloid

Indikator :  
1.    Pengelompokan sifat khas koloid menjadi sifat optik dan elektrik dideskripsikan dengan jelas.

2.    Akibat hamburan cahaya terhadap sifat optik dari koloid dideskripsikan dengan jelas.

3.    Adanya efek Tyndal dan  gerak Brown diamati melalui percobaan.

4.    Sifat kinetik dari koloid ditunjukkan oleh sifat kinetik dari partikel yang selalu bergerak  berliku-liku akibat tumbukan partikel.

5.    Sifat elektrik dari koloid  terjadi dijelaskan sebagai akibat adanya muatan (ion-ion) yang bergerak dalam medan listrik

6.    Elektroforesis dideskripsikan dengan jelas.

7.    Elekroforesis, koagulasi, gerak Brown, dan kesetabilan koloid diamati dari hasil percobaan  sifat-sifat koloid

8.    Definisi zat terdispersi dan dan zat/ medium pendispersi dideskripsikan dengan jelas.

9.    Pengelompokan koloid berdasarkan wujud zat terdispersi dan pendispersinya  dideskripsikan dengan jelas.

10.  Pengelompokan koloid menjadi koloid liofil dan koloid liofob berdasarkan kekuatan ikatan  antara zat terdispersi dan medium pendispersinya dideskripsikan dengan jelas.

 

I. Tujuan Pembelajaran :  
1.    Pengelompokan sifat khas koloid menjadi sifat optik dan elektrik dideskripsikan dengan jelas.

2.    Akibat hamburan cahaya terhadap sifat optik dari koloid dideskripsikan dengan jelas.

3.    Adanya efek Tyndal dan  gerak Brown diamati melalui percobaan.

4.    Sifat kinetik dari koloid ditunjukkan oleh sifat kinetik dari partikel yang selalu bergerak  berliku-liku akibat tumbukan partikel.

5.    Sifat elektrik dari koloid  terjadi dijelaskan sebagai akibat adanya muatan (ion-ion) yang bergerak dalam medan listrik

6.    Elektroforesis dideskripsikan dengan jelas.

7.    Elekroforesis, koagulasi, gerak Brown, dan kesetabilan koloid diamati dari hasil percobaan  sifat-sifat koloid

8.    Definisi zat terdispersi dan dan zat/ medium pendispersi dideskripsikan dengan jelas.

9.    Pengelompokan koloid berdasarkan wujud zat terdispersi dan pendispersinya  dideskripsikan dengan jelas.

10.  Pengelompokan koloid menjadi koloid liofil dan koloid liofob berdasarkan kekuatan ikatan  antara zat terdispersi dan medium pendispersinya dideskripsikan dengan jelas.

 

II. Materi Pembelajaran : Macam dan Sifat – sifat Koloid
III. Metode Pembelajaran : 1.    Ceramah

2.    Praktikum

3.    Diskusi

4.    Presentasi

5.    Penugasan

 

IV. Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 3

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Persiapan percobaan (praktikum)

 

5 Menit

10 Menit

 

 

B. Kegiatan Inti

1.  Melakukan percobaan untuk mengamati sifat-sifat koloid

2.  Melakukan percobaan untuk mengamati sifat emulsi dan gel

3.  Membuat laporan praktikum

 

40 menit

 

 

 

20 menit

 

1. Praktikum

2.Pelaporan

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang sifat-sifat koloid

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

     Pertemuan 4

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

10 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.  Diskusi dan informasi tentang macam-macam koloid berdasarkan kekuatan ikatan zat terdispersi dan medium pendispersi

2.  Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan

3.  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan

 

20 menit

 

 

20 menit

20 menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

     Pertemuan 5

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

10 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.  Diskusi dan informasi tentang sifat-sifat koloid Liofil dan liofob melalui demonstrasi, dan mengelompokkan bahan-bahan di alam berdasarkan macam-macam koloid

2.  Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan

3.  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan

 

20 menit

 

 

 

20 menit

20 menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku kimia untuk sma

3.    Buku referensi yang relevan

 

VI. Penilaian :

1.                                                    Pengamatan

2.                                                    Laporan praktikum

3.                                                    Tanya Jawab

4.                                                    Tes tertulis (soal test terlampir)

 

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian

 

Soal Test Tertulis

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.     Penghamburan cahaya oleh partikel kolid dikenal sebagai…

a. refleksi kolid d. efek tyndal
b. gerak brown e. dialisis
c. elektroforesis  

2.     Gerak Brown disebabkan oleh…

a. gaya grafitasi terhadap kolid d. muatan partikel koloid
b. ringannya partikel koloid e. tabrakan partikel koloid
c. halusnya partikel koloid  

3.     Muatan partikel koloid ditentukan dengan cara…

a. dialisis d. koagulasi
b. elektrolisis e. adsorpsi
c. elektroforesis  

4.     Zat berikut yang tidak membentuk koloid liofil jika didispersikan ke dalam air adalah…

a. agar – agar d. gelatin
b. kasein e. susu
c. belerang  

5.     Salah satu langkah pada proses penjernihan air PAM adalah proses…

a. dispersi d. emulsi
b. kondensasi e. dialisis
c. koagulasi  

Jawab: 1a, 2e, 3c, 4c, 5c

 

B.    Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1.  Sebutkan dan jelaskan sifat – sifat dari koloid!

2.  Jelaskan medium pendispersi dan fase terdispersi dari busa

      Jawab

1.  a. Efek Tyndall : partikel koloid menghamburkan cahaya

b. Gerak Brown : gerak sembarang

c.  Elektroforesis : koloid dapat bermuatan

d.  adsorpsi : koloid memiliki kemampuan menyerap

e.  koagulasi : koloid memiliki sifat menggumpal

2.  busa : medium pendispersi gas, fasa terdispersi padat

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

:

:

:

:

:

:

:

SMK N 1 Wanayasa

KIMIA

XII/ 6 (Enam)

6, 7, 8, 9, 10 dan 11

12 jp

Memahami koloid, suspensi, dan larutan sejati

Menerapkan sistem koloid dalam kehidupan

Indikator : 1.    Penggunaan koloid dijelaskan berdasarkan proses pembentukannya

2.    Penggunaan Koloid ditelusuri melalui pengkajian pustaka

I. Tujuan Pembelajaran : 1.    Siswa dapat menjelaskan penggunaan koloid berdasarkan proses pembentukannya

2.    Siswa dapat menelusuri penggunaan Koloid melalui pengkajian pustaka

II. Materi Pembelajaran : Penggunaan Koloid
III. Metode Pembelajaran : 1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Presentasi

4.    Penugasan

 

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 6

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

10 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

6.  Diskusi dan informasi tentang penggunaan koloid dalam kehidupan sehari – hari

7.  Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan

8.  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan

 

20 menit

 

20 menit

20 menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

 

5 menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

      Pertemuan 7

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas hasil pekerjaan rumah

 

5 Menit

10 Menit

 

1. Ceramah

2. Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.  Siswa diberi tugas untuk membuat karya ilmiah melalui studi pustaka tentang penggunaan koloid

 

65 menit

 

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

C. Kegiatan Akhir

1. Menyimpulkan materi tentang mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan

 

10 Menit

 

 

1. Ceramah

2.Penugasan

 

      Pertemuan 8, 9, 10

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Persiapan presentasi karya ilmiah

 

5 Menit

10 Menit

 

 

B. Kegiatan Inti

1. Siswa melakukan presentasi dan diskusi karya ilmiah tentang penggunaan koloid dalam kehidupan sehari – hari

 

65 menit

 

 

1. Diskusi

2. Presentasi

C. Kegiatan Akhir

1. Menyimpulkan hasil diskusi siswa

 

10 Menit

 

1. Ceramah

 

      Pertemuan 11

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Persiapan ulangan harian (uji kompetensi)

 

5 Menit

5 Menit

 
B. Kegiatan Inti

1. siswa mengerjakan soal – soal Ujian kompetensi (Memahami koloid, suspensi dan larutan sejati)

 

75 Menit

 

Tes tertulis

C. Kegiatan Akhir

1. siswa mengumpulkan hasil pekerjaan

 

5 Menit

 

 

 

 

V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.                                                                                                    Buku kimia untuk smk

2.                                                                                                    Buku kimia untuk sma

3.                                                                                                    Buku referensi yang relevan

 

VI.  Penilaian :

1.                                                                                                    Pengamatan

2.                                                                                                    Laporan dan presentasi karya ilmiah

3.                                                                                                    Tanya Jawab

4.                                                                                                    Tes tertulis (soal test terlampir)

 

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian

 

Soal Test Tertulis

A.    Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.     Tawas dapat digunakan sebagai deodoran, sebab dapat…

a. mengkoagulasi molekul pembau d. bereaksi dengan molekul pembau
b. melarutkan molekul pembau e. mengadsorpsi
c. mensubstutusi molekul pembau  

2.     serbuk karbon (norit) dapat untk mengobati sakit perut, melalui proses…

a. efek tyndal d. elektroforesis
b. koagulasi e. adsorpsi
c. elekltrolisis  

3.     Untuk mengurangi zat pencemar udara yang dikeluarkan dari cerobong asap pabrik dapat menggunakan metode yang berkaitan dengan sifat koloid yaitu…

a. efek tyndal d. elektroforesis    
b. koagulasi e. adsorpsi    
c. elekltrolisis      

Jawab: 1a, 2e, 3d

 

B.    Jawablah dengan benar!

1.Sebutkan kegunaan dari koloid

    Jawab

1. Penjernihan air,cuci darah,pencucian dengan sabun

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s