10. Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan PendidikanMata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

: ::

:

:

:

:

SMK N 1 WanayasaKIMIA

XII / 5 (lima)

1 dan 2

4 jp

Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya

Mendeskripsikan kekhasan atom karbon yang membentuk senyawa hidrokarbon

Indikator :
1.    Kekhasan atom karbon yang ditunjukan oleh kemampuan atom karbon untuk membentuk ikatan karbon – karbon dengan berbagai jenis ikatan tunggal, rangkap) dideskripsikan dengan benar2.    Pengertian senyawa organic dan senyawa karbon dideskripsikan dengan benar

3.    Pengertian senyawa hidrokarbon sebagai senyawa yang terdiri atas unsure C dan H dideskripsikan dengan benar

 

I. Tujuan Pembelajaran :
1.    Siswa dapa mendeskripsikan Kekhasan atom karbon yang ditunjukan oleh kemampuan atom karbon untuk membentuk ikatan karbon – karbon dengan berbagai jenis ikatan tunggal, rangkap).2.    Siswa dapat mendeskripsikan Pengertian senyawa organic dan senyawa karbon.

3.    Siswa dapat mendeskripsikan Pengertian senyawa hidrokarbon sebagai senyawa yang terdiri atas unsure C dan H.

 

II. Materi Pembelajaran : Kekhasan Atom Karbon dan Senyawa Hidrokarbon 
III. Metode Pembelajaran : 1.    Ceramah2.    Demonstrasi

3.    Presentasi

4.    Penugasan

 

IV. Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan I

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal1.  Mengabsen siswa

2.  Memberikan motivasi belajar kekhasan atom karbon dan senyawa hidrokarbon

5 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Tanya    jawab

B. Kegiatan Inti1.  Menerangkan materi tentang kekhasan atom karbon dan senyawa hidrokarbon

2.  Guru mendemonstrasikan pembentukan senyawa hidrokarbon dengan menggunakan molimod.

3.  Siswa mencoba menyusun struktur molekul hidrokarbon dengan menggunakan molimod.

15 Menit

25 Menit

25 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Demonstrasi

 

C. Kegiatan Akhir1.  Menyimpulkan materi tentang senyawa organik,senyawa hidrokarbon

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

10 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Penugasan

     Pertemuan II

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan kembali materi tentang kehasan atom dengan membahas hasil pekerjaan rumah

5 Menit

15 Menit

 

1. Presentasi
B. Kegiatan Inti1.  Menerangkan materi lanjutan tentang pengertian senyawa hidrokarbon sebagai senyawa yang terdiri dari unsur C dan H

2.  Siswa diberi tugas mengerjakan soal – soal latihan

3.  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan

 

20 Menit

20 Menit

20 Menit

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

C. Kegiatan Akhir1.    Menyimpulkan materi tentang kekhasan atom karbon dan senyawa hidrokarbon 10 Menit 1. Ceramah

V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

  1. Buku kimia untuk smk
  2. Buku kimia untuk sma
  3. Buku referensi yang relevan
  4. Model molekul (Mollimod)

VI. Penilaian    :        

1.    Pengamatan

2.    Presentasi

3.    Tanya Jawab

4.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

 

Instrumen Penilaian

 

Soal tes tertulis

A.    Pilihlah Jawaban yang paling benar!

  1. Bentuk molekul CH4 dapat digambarkan sebagai…
    1. linear
    2. tetrahedron
    3. oktahedron
    4. segitiga datar
    5. segiempat datar
  2. Senyawa hidrokarbon yang mempunyai rantai C terbuka tak jenuh dan tak bercabang adalah…
    1. C-C-C=C-C
    2. C-C=C

C

    1. C-C-C
    2. C-C

C

    1. C-C

C-C

  1. Jumlah ikatan kovalen yang terdapat pada CH4 adalah…

a. 2                   b. 3                  c. 4                   d. 5                  e. 6

Jawab: 1b, 2c, 3c

B.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!.

  1. Terangkan keunikan dari atom karbon?
  2. Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan senyawa hidrokarbon?
  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan senyawa organik?

 

Jawaban

  1. Keunikan dari atom karbon adalah jumlah elektron valensinya 4,sehingga ia mampu berikatan 4 atom lain
  2. Senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang tersusun atas atom karbon dengan atom hidrogen
  3. Senyawa organik adalah senyawa yang terdiri dari atom –atom karbon,hidrogen dan golongan halagen

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar:

:

:

:

:

:

:SMK N 1 Wanayasa

KIMIA

XII / 5 (lima)

3, 4, 5 dan 6

8 jp

Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya

Menggolongkan senyawa hidrokarbon dan turunannyaIndikator: 1.    Pengelompokan senyawa hidrokarbon ke dalam kelas alifatik siklik, asiklik) dan aromatic dideskripsikan dengan benar

2.    Pengerian senyawa hidrokarbon alifatik sebagai senyawa hidrokarbon yang tidak mengandung cincin benzene dideskripsikan dengan benar

3.    Pengelompokan senyawa hidrokarbon alifatik menjadi alkana, alkena, dan alkuna dideskripsikan dengan benar

4.    Ciri-ciri dan rumus umum alkana, alkena dan alkuna dideskripsikan dengan benar

5.    Pengertian senyawa hidrokarbon aromatic sebagai senyawa hidrokarbon yang mengandung cincin benzene dideskripsikan dengan benar

I. Tujuan Pembelajaran: 1.    Siswa dapat mengelompokan senyawa hidrokarbon ke dalam kelas alifatik siklik, asiklik) dan aromatic.

2.    Siswa dapat mendeskripsikan Pengerian senyawa hidrokarbon alifatik sebagai senyawa hidrokarbon yang tidak mengandung cincin benzene.

3.    Siswa dapat mengelompokan senyawa hidrokarbon alifatik menjadi alkana, alkena, dan alkuna.

4.    Siswa dapat mendeskripsikan Ciri-ciri dan rumus umum alkana, alkena dan alkuna.

5.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian senyawa hidrokarbon aromatic sebagai senyawa hidrokarbon yang mengandung cincin benzene.

II. Materi Pembelajaran:Senyawa Hidrokarbon dan Turunannya

 III. Metode Pembelajaran:1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Demonstrasi

4.    Penugasan

IV. Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 3

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan senyawa hidrokarbon dan turunannya

5 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2. Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.  Menerangkan materi tentang hidrokarbon alifatik dan siklik,

2.  Mendemonstrasikan perbedaan senyawa hidrokarbon kelompok Alkana,alkuna dan alkena dengan menggunakan model molekul.

3.  Menjelaskan system tata nama pada alkana, alkena dan alkuna.

15 Menit

25 Menit

25 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3. PresentasiC. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang hidrokarbon dan turunannya

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

10 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

    

      Pertemuan 4

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit

15 Menit

1. Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.  Menerangkan materi tentang ciri-ciri dan rumus umum alkana, alkena, dan alkuna,

2.  Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal – soal yang meliputi ciri-ciri dan rumus umum Alkana,alkuna dan alkena

3.  Membahas jawaban soal, siswa mengerjakan di papan tulis.

15 Menit

25 Menit

25 Menit

1. Ceramah

2. Demonstrasi

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang ciri-ciri dan rumus umum alkana, alkena, dan alkuna

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

10 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

    

      Pertemuan 5

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan membahas pekerjaan rumah

5 Menit

15 Menit

1. Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1. Menerangkan materi tentang pengertian senyawa hidrokarbon aromatic sebagai senyawa hidrokarbon yang mengandung cincin benzene

2. Siswa diberi tugas untuk mencari beberapa contoh dan mengelompokan senyawa hidrokarbon alifatik dan aromatik melalui studi pustaka di perpustakaan atau internet

20 Menit

40 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3.PenugasanC. Kegiatan Akhir

1. Menyimpulkan materi tentang senyawa hidrokarbon aromatic

10 Menit

1. Ceramah

 

    

      Pertemuan 6

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan kembali materi hidrokarbon dan turunannya melalui tanya jawab

5 Menit

10 Menit

1. Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1. Siswa disuruh mempresentasikan hasil pekerjakan rumah melalui diskusi panel

65 Menit

1. Diskusi

2.PresentasiC. Kegiatan Akhir

1. Menyimpulkan materi diskusi

10 Menit

1. Ceramah

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku kimia untuk sma

3.    Buku referensi yang relevan

VI.  Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian

 

Soal tes tertulis

A.    Pilihan Ganda

  1. Rumus molekul pentana adalah…
a. C2H6       b. C5H6             c. C5H12 d. C5H10            e. C3H8
  1. Rumus umum senyawa alkuna adalah…
a. CnH2n       b. CnH2n + 2        c. CnH2n-1     d. C2nH2n-2            e. CnH2n+1
  1. Senyawa yang memiliki 6 atom C adalah…
a. 2,2-dimeil propana d. 2,3-dimetil pentana
b. 2-metil butana e. 3-metil butana
c. 3-metil butana
  1. Senyawa dengan rumus molekul sama, tetapi rumus bangun berbeda disebut…
a. polimer d. alifatik
b. isomer e. alisiklik
c. deret homolog
  1. Nama senyawa dengan rumus molekul C7H16 adalah…
a. n-heksana d. n-heptuna
b. n-heptana e. n-heptena
c. n-heksuna

Jawaban: 1.c, 2. d, 3. e, 4. b, 5. b

 

B.    Esai

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1. Nama senyawa dengan rumus di bawah ini menurut IUPAC adalah…

CH3

 

CH3     CH       CH2          CH       CH3

5CH2

6CH3

jawab : 2,4-dimetil heksana

2. Nama yang tepat untuk senyawa berikut adalah…

CH2        C       CH      CH2         CH3

CH3   CH3

jawab : 2,3-dimetil-1-pentena

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Pertemuan Ke

Alokasi Waktu

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar:

:

:

:

:

:

:SMK N 1 Wanayasa

KIMIA

XII/5 (lima)

7, 8, 9 dan 10

8 jp

Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya

Mendeskripsikan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan manusiaIndikator: 1.    Minyak bumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon yang berguna dalam kehidupan manusia dideskripsikan dengan jelas.

2.    Proses pembentukan minyak bumi sebagai hasil pembusukan berbagai makhluk hidup yang terjadi selama jutaan tahun dijelaskan dengan benar

3.    Kandungan utama minyak bumi sebagai campuran hidrokarbon yang terdiri atas campuran paraffin (alkana), olefin (alkena), nafta (sikloparafin), dan hidrokarbon aromatic dideskripsikan dengan  jelas.

4.    Demonstrasi pemisahan minyak bumi menjadi fraksi-fraksinya dengan cara destilasi diamati dengan benar.

5.    Sifat – sifat fraksi minyak bumi diamati secara langsung melalui percobaan.

6.    Kegunaan minyak bumi ditelusuri melalui pengkajian pustaka

I. Tujuan Pembelajaran: 1.    Siswa dapat mendeskripsikan minyak bumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon yang berguna dalam kehidupan manusia

2.    Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan minyak bumi sebagai hasil pembusukan berbagai makhluk hidup yang terjadi selama jutaan tahun

3.    Siswa dapat mendeskripsikan kandungan utama minyak bumi sebagai campuran hidrokarbon yang terdiri atas campuran paraffin (alkana), olefin (alkena), nafta (sikloparafin), dan hidrokarbon aromatic

4.    Siswa dapat mendemonstrasikan pemisahan minyak bumi menjadi fraksi-fraksinya dengan cara destilasi

5.    Siswa dapat mengamati sifat – sifat fraksi minyak bumi secara langsung melalui percobaan.

6.    Siswa dapat menelusuri kegunaan minyak bumi melalui pengkajian pustaka

II. Materi Pembelajaran:Minyak bumi dan kegunaannyaIII. Metode Pembelajaran:1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Presentasi

4.    Penugasan

               IV. Langkah- langkah Pembelajaran

     Pertemuan 7

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan minyak bumi

5 Menit

10Menit

1. Ceramah

B. Kegiatan Inti

1.  Diskusi dan informasi tentang minyakbumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon dan proses pembentukannya.

2.  Diskusi dan informasi tentang kandungan utama minyakbumi.

30 Menit

30 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi diskusi dan informasi

2.  Pemberian tugas membuat karya ilmiah dengan mencari pustaka tentang penggunaan minyak bumi

10 Menit

5 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

      Pertemuan 8

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan kembali materi pelajaran dengan tanya jawab

5 Menit

5 Menit

1. Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.  Diskusi dan informasi mengenai jenis-jenis fraksi minyakbumi yang berguna dalam kehidupan manusia.

2.  Mengamati demonstrasi pemisahkan campuran minyak bumi menjadi fraksi-fraksinya.

3.  Melakukan percobaan untuk mengamati sifat-sifat fraksi minyakbumi (bensin,solar, minyaktanah).

20 Menit

25 Menit

25 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

C. Kegiatan Akhir

1. Menyimpulkan materi tentang pemisahan minyak bumi menjadi fraksi-fraksinya dan sifat – sifatnya.

10 Menit

1. Ceramah

2.Penugasan

      Pertemuan 9

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Mengingatkan kembali materi pelajaran melalui tanya jawab

5 Menit

10 Menit

1. Tanya jawabB. Kegiatan Inti

1.  Siswa mempresentasikan tugas karya ilmiah hasil studi pustaka (tugas pertemuan 7).

2.  Diskusi mengenai karya ilmiah yang dipresentasikan

30 Menit

30 Menit

1. Ceramah

2. Diskusi

3.PresentasiC. Kegiatan Akhir

1. Menyimpulkan materi tentang sifat – sifat fraksi minyak bumi

2. Pemberian tugas soal – soal latihan untuk dikerjakan di rumah

10 Menit

5 Menit

Ceramah

Penugasan

      Pertemuan 10

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1. Mengabsen siswa

2. Persiapan ulangan harian (uji kompetensi)

5 Menit

5 Menit B. Kegiatan Inti

1. siswa mengerjakan soal – soal Ujian kompetensi (mengkomunikasikan senyawa hidrokarbon dan kegunaannya)

75 Menit

Tes tertulisC. Kegiatan Akhir

1. siswa mengumpulkan hasil pekerjaan

5 Menit

V.  Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Buku kimia untuk smk

2.    Buku kimia untuk sma

3.    Buku referensi yang relevan

VI.  Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,   Juli 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

Guru Mata Diklat Kimia

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP. 19790121 201001 1 014

Instrumen Penilaian

Soal tes tertulis

A.    Pilihan Ganda

1.    Senyawa berikut yang bukan termasuk golongan minyak bumi adalah…

a. Minyak nabati d. Butana
b. Bensin e. Metana
c. Minyak tanah

2.    Fraksionasi minyak mentah pada suhu 1800 – 2500C adalah…

a. Petroleum eter d. Minyak tanah
b. Nafta e. minyak diesel
c. Bensin

3.    Komponen utama bensin adalah..

a. butana dan oktana d. oktana dan pentana
b. heksana dan heptana e. heptana dan oktana
c. heksana dan oktana

4.    Kualitas bensin ditentukan oleh…

a. bilangan butan d. bilangan pentan
b. bilangan oktan e. bilangan heksan
c. bilangan heptan

5.    Gas yang sangat berbahaya akibat pembakaran tidak sempurna dari minyak bumi adalah…

a. SO2 d. CO
b. CO2 e. NO2
d. H2O

Jawaban: 1. a, 2. d, 3. e, 4. b, 5. d

 

B.    Esai

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1. Jelaskan proses terbentuknya minyak bumi.

2.  Sebutkan kandungan utama pada minyak bumi

3.  Jelaskan apa yang dimaksud bensin dengan nilai oktan 80

 

Jawaban

1.  Minyak bumi terbentuk dari planton yang terpendam ratusan tahun yang lalu,karen

mendapat tekanan yang berat sehingga terbentuklah fuel/minyak

2.  Kandungan utama pada minyak bumi adalah alkana

3.  Bensin yang terdiri dari 80% isooktana dan 20% n-heptanta

 

Satu Balasan ke 10. Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya

  1. chae berkata:

    terimakasihh yaaa :)

    sangat membantu …
    Semangad!!!

    -chae-

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s