06. Memahami perkembangan konsep reaksi kimia

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Nama sekolah                   : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Kea hlian       : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan

Agribisnis Ternak Ruminansia

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : XI / 3 (tiga)

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 1

Alokasi                              : 2 jam x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami perkembangan konsep reaksi kimia

Kompetensi Dasar            : Mendeskripsikan pengertian umum reaksi kimia

Indikator                            :

1.    Pengertian persamaan reaksi kimia sebagai proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat  berbeda ditinjau kembali dengan benar.

2.    Pengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi asam-basa dan reaksi reduksi-oksidasi dideskripsikan dengan benar.

3.    Ciri-ciri reaksi asam basa dicirikan sebagai proses perpindahan proton dideskripsikan dengan benar.

4.    Ciri-ciri reaksi reduksi-oksidasi sebagai perpindahan elektron dideskripsikan dengan benar.

I.   Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa dapat mendefinisikan persamaan reaksi kimia sebagai proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat  berbeda dengan benar.

2.    Siswa dapat mengelompokan reaksi kimia menjadi reaksi asam-basa dan reaksi reduksi-oksidasi dengan benar.

3.    Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri reaksi asam basa dicirikan sebagai proses perpindahan proton dengan benar.

4.    Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri reaksi reduksi-oksidasi sebagai perpindahan elektron  dengan benar.

II.   Materi Ajar                 : Reaksi Kimia

III.   Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, praktimu

IV.  Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 1

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan dengan reaksi kimia

 

5 Menit

5 Menit

 

1.Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.    Diskusi dan informasi tentang reaksi kimia, jenis-jenis reaksi dan mengelompokkan jenis reaksi asam-basa dan reaksi reduksi-oksidasi.

2.    Melakukan Uji asam basa pada beberapa larutan dengan menggunakan kertas lakmus merah/biru

3.    Membuat laporan praktikum

4.    Pembahasan hasil praktikum

 

30 Menit

 

 

35 menit

 

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Praktikum

3.Penugasan

 

 

C. Kegiatan Akhir

1.    Menyimpulkan materi tentang reaksi kimia

2.    Pemberian tugas latihan di rumah

 

10 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

1.    Lembar Kerja Siswa

2.    Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi

  1. Buku referensi yang relevan

VI.  Penilaian :

1.    Pengamatan

2.    Tanya Jawab

3.    Tes unjuk kerja / praktikum

4.    Tes tertulis (soal test terlampir)

Wanayasa,  Juli  2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

……………………………………………………………………………………………………………………..

LEMBAR KERJA SISWA

A.   Praktikum

Pengujian Asam Basa

 

               I.     Tujuan

1.    Mempelajari cara mengetahui suatu larutan asam/basa dengan menggunakan kertas lakmus merah/biru.

2.    Mengetahui dan menggolongkan suatu larutan ke dalam larutan asam/basa

              II.     Alat dan Bahan

 

1.    Pelat Tetes

2.    Pipet Tetes

3.    Kertas Lakmus merah dan biru

4.    Asam cuka

5.    Alcohol

6.    NaCl

7.    Akuades

8.    NaOH

9.    KOH

10.  Asam klorida

 

 

            III.     Langkah Kerja

1.    Ambil masing-masing larutan uji yang disediakan dengan pipet tetes dan teteskan pada pelat tetes

2.    Ambil 1 lembar lakmus merah dan biru,  celupkan pada pelat tetes yang sudah berisi larutan uji.

3.    Amati perubahan warna kertas lakmus, catat pada table pengamatan.

            IV.     Pengamatan.

No

Larutan Uji

Perubahan warna lakmus

Kesimpulan

Merah

Biru

1

…………………………..

………………

……………….

……………..

2

…………………………..

………………

……………….

……………..

3

…………………………..

………………

……………….

……………..

4

…………………………..

………………

……………….

……………..

5

…………………………..

………………

……………….

……………..

6

…………………………..

………………

……………….

……………..

7

…………………………..

………………

……………….

……………..

 

             V.     Analisis dan Kesimpulan

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 

 

 

B.   Tes Tertulis

A. Pilihlah Jawaban Yang Paling tepat!

1.    Pada reaksi:

a N2 + b H2c NH3

Koefisien a, b, dan c secara berurutan pada persamaan

reaksidiatas …

A. 1, 2, 3                B. 1, 3, 2          C. 3, 2, 1                     D. 2, 3, 1                     E. 3, 1, 2

2.    Berikut ini adalah contoh dari beberapa senyawa:

(1) H2C2O4                                 (4) SO3

(2) KOH                                     (5) Ca(OH)2

(3) Na2S04

Pasangan senyawa yang bersifat “Asam” adalah …

A. (1),                    B.  (4)              C. (2)                           D. (5)                           E.  (3)

3.    Perhatikan tabel berikut:

Larutan                    Kertas Lakmus Biru          Merah

     1.                              Merah                              Merah

     2.                              Biru                                  Biru

     3.                              Biru                                  Biru

     4.                              Merah                              Merah

     5.                              Biru                                  Merah

Pasangan larutan yang mengandung H+ adalah …

A. 1 –2                   B. 1 – 4            C. 2 – 3                      D. 2 – 4                       E. 3 – 4

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Apa yang dimaksud dengan persamaan reaksi kimia ?

2.    Diantara senyawa berikut kelompokan ke dalam asam atau basa !

a. HF                        b. NaOH                     c. HCN                        H2S

3.    Apa perbedaan reaksi asam dan reaksi basa ?

4.    Jelaskan perbedaan antara reaksi oksidasi dan reaksi reduksi berdasarkan  pelepasan dan penerimaan elektron !

Kunci jawaban

Soal A : 1B, 2A, 3B

Soal B :

1.    Persamaan reaksi kimia adalah suatu persamaan yang berfungsi sebagai proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat  berbeda

2.    a. Asam        b. Asam                       c. Basa                                    d. Asam

3.    Reaksi asam adalah suatu reaksi dimana zat kimia yang di dalam air dapat melepaskan ion H+

Reaksi basa adalah suatu reaksi dimana zat kimia yang di dalam air dapat menghaslkan ion OH

4.   Reaksi oksidasi  : mengalami pelepasan elektron

Reaksi reduksi  : mengalami penerimaan elektron

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Nama sekolah                   : SMKN 1 Wanayasa

Bidang Studi Keahlian       : Agribisnis dan Agroteknologi

Kompetensi Keahlian        : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan

Agribisnis Ternak Ruminansia

Mata Pelajaran                  : Kimia

Kelas / Semester              : XI / 3 (tiga)

Tahun Pelajaran                : 2011/2012

Pertemuan Ke                   : 2, 3, 4

Alokasi                              : 6 jam x 45 menit

Standar Kompetensi         : Memahami perkembangan konsep reaksi kimia

Kompetensi Dasar            : Membedakan konsep oksidasi, reduksi dan reaksi lainnya

Indikator                            :

  1. Pengertian bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  2. Pengertian konsep oksidasi dan reduksi sebagai penggabungan dan pelepasan oksigen, atau pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  3. Pengertian oksidator sebagai senyawa yang mengalami   penurunan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi dideskripsikan dengan benar.
  4. Pengertian reduktor sebagai senyawa yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi atau mengalami oksidasi dideskripsikan dengan benar.
  5. Penyetaraan reaksi reduksi-oksidasi dengan pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dilakukan dengan benar.

I.   Tujuan Pembelajaran      :

  1. Siswa dapat mendefinisikan bilangan oksidasi dengan benar.
  2. Siswa dapat mendefinisikan konsep oksidasi dan reduksi sebagai penggabungan dan pelepasan oksigen, atau pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dengan benar.
  3. Siswa dapat mendefinisikan oksidator sebagai senyawa yang mengalami   penurunan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi dengan benar.
  4. Siswa dapat mendefinisikan reduktor sebagai senyawa yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi atau mengalami oksidasi  dengan benar.
  5. Siswa dapat menyetarakan reaksi reduksi-oksidasi dengan pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dengan benar.

II.   Materi Ajar                      : Reaksi Reduksi-Oksidasi

III.   Metode Pembelajaran     : Ceramah, diskusi, dan Penugasan

V.    Langkah- langkah Pembelajaran

      Pertemuan 2

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Memberikan motivasi belajar tentang pelajaran yang berkenaan reaksi reduksi dan oksidasi

 

5 Menit

5 Menit

 

1.Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.  Diskusi dan informasi tentang reaksi reduksi oksidasi ditinjau dari terjadinya penggabungan dan pelepasan oksigen, atau pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.

2.  Diskusi dan informasi tentang pengertian bilangan oksidasi.

3.  Menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau senyawa ion.

4.  Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan

5.  Pembahasan hasil pekerjaan siswa

 

60 Menit

 

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

 

 

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang reaksi reduksi dan oksidasi

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

 

15 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

      Pertemuan 3

URAIAN KEGIATAN

WAKTU METODE
A. Kegiatan Awal

1.  Mengabsen siswa

2.  Mengingatkan materi yang lalu dengan membahas pekerjaan rumah

 

5 Menit

5 Menit

 

1.Tanya jawab

B. Kegiatan Inti

1.  Diskusi dan informasi tentang cara-cara menyetarakan persamaan reaksi reduksi-oksidasi dengan prinsip pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.

2.  Latihan menyetarakan persamaan reaksi reduksi-oksidasi dengan prinsip pelepasan dan penerimaan elekron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.

 

60 Menit

 

 

1. Ceramah

2. Diskusi

3.Penugasan

 

 

C. Kegiatan Akhir

1.  Menyimpulkan materi tentang reaksi reduksi dan oksidasi

2.  Pemberian tugas latihan di rumah

 

15 Menit

5 Menit

 

1. Ceramah

2.Penugasan

      Pertemuan 4

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

METODE

A. Kegiatan awal

1.    Mengabsen siswa

2.    Persiapan Praktikum

 

5 Menit

10 Menit

 

 

B. Kegiatan Inti

1.    Melakukan Praktikum reaksi redoks pada beberapa logam

2.    Melakukan pengamatan dan menyimpulkan hasil pengamatan

3.    Membahas hasil pengamatan dan menyimpulkan

 

65 Menit

 

 

1. Praktikum

C. Kegiatan Akhir

1.    Mengakhiri praktikum dengan membersihkan tempat

  10Menit  

 

VI.  Alat/ Bahan/ Sumber Belajar

  1. Lembar Kerja Siswa
  2. Modul Kimia SMK Agrobisnis dan Agroteknologi
  3. Buku referensi yang relevan

VI. Penilaian   :

  1. Persiapan Penyusunan perangkat praktek
  2. Unjuk Kerja
  3. Laporan Praktikum
  4. Tes tertulis

Wanayasa,  Juli  2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK N 1 Wanayasa

 

 

Drs, Keriyanto

NIP. 19580909 198403 1 008

 

Guru Mata Diklat Kimia

 

 

M. Ngabdul Jalil, S.Si

NIP 19790121 201001 1 014

……………………………………………………………………………………………………………………

Lembar Kerja Siswa

A.   Praktikum

MEMPELAJARI REAKSI REDOKS

Tujuan : Mengetahui reaksi redoks pada beberapa logam dengan larutan.

Alat dan Bahan :

  1. Gelas kimia 250 ml.
  2. Logam seng.
  3. Paku besi.
  4. Aluminium
  5. Tembaga
  6. Timbal
  7. Larutan CuSO4 1 M.

Cara Kerja :

  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Masukkan larutan CuSO4 sebanyak 100 ml ke dalam gelas kimia 250 ml.
  3. Siapkan sepotong logam seng berukuran ± 4×2 cm yang telah diamplas bersih. Kemudian masukkan ke dalam larutan CuSO4.
  4. Amati perubahan yang terjadi.
  5. Lakukan kembali percobaan seperti di atas dengan menggunakan logam besi, Aluminium, timbal dan Tembaga

Pengamatan :

No

Larutan

Logam

Pengamatan

1   Besi (Fe)  
2   Seng (Zn)  
3   Aluminium (Al)  
4   Tembaga (Cu)  
5   Timbal (Pb)  

Kesimpulan :………………………………………………………………………………………………………………………………………………

B.    Tes Tertulis

1.    Bilangan oksidasi unsur Mn terkecil terdapat pada senyawa…

A. KMnO4       B. KMnO2       C. MnO2                      D. MnO4                      E. K2MnO4

2.    Di antara reaksi berikut yang merupakan reaksi oksidasi adalah…

A.                     B.              C.

D.             E.

3.    Pada reaksi  berikut:

 

Zat yang berperan sebagai oksidator adalah…

A. CuO                        B. H2               C. Cu               D. H2O            E. CuO dan Cu

4.    Reaksi berikut ini yang termasuk reaksi redoks adalah…

A. AgCl → Ag+ + Cl

B. CaCO3 → CaO + CO2

C. O2 + O → O3

D.

E. NaOH + HCl → NaCl + H2O

C.   Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar

1.    Apa yang dimaksud dengan bilangan oksidasi ?

2.    Jelaskan perbedaan antara reaksi oksidasi dan reaksi reduksi berdasarkan penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penrimaan elektron, serta kenaikan dan penurunan bilangan oksigen !

3.    Apa yang dimaksud dengan oksidator ?

4.    Apa yang dimaksud dengan reduktor ?

5.    Pada reaksi berikut tunjukkan reaksi reduksi dan oksidasi !

Zn  +  2 HCl               ZnCl2  +  H2

Kunci jawaban

Soal A : 1B, 2D, 3A, 4D

Soal B :

1.    Bilangan oksidasi adalah muatan yang dimiliki suatu atom bila atom tersebut melepas atau menerima elektron

2.    Reaksi oksidasi  : mengalami penggabungan oksigen, pelepasan elektron, dan mengalami kenaikan bilangan oksidasi

Reaksi reduksi  : mengalami pelepasan oksigen, penerimaan elektron, dan mengalami penurunan  bilangan oksidasi

3.    Oksidator adalah zat yang mengalami reduksi

4.    Reduktor adalah zat yang mengalami oksidasi

5.   Zn  +  2 HCl              ZnCl2  +  H2

0                  +1                          +2                  0

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s